Skip to main content

Cara Backup Data iPhone: Mudah dan Praktis!

Cara Backup Data iPhone: Mudah dan Praktis!

Cara Backup Data iPhone: Mudah dan Praktis!

Seberapa sering Anda membackup data pada perangkat iPhone? Melakukan backup secara rutin sangat penting untuk menjaga agar data tidak hilang ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti ponsel hilang atau rusak. Lantas, bagaimana cara backup data iPhone dengan benar?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencadangkan data. Metode pencadangan yang paling sering digunakan adalah menggunakan iCloud, iTunes, atau Google Drive. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini!

1. Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Backup Data iPhone

Mengingat bahwa backup data adalah kegiatan memindahkan data dari perangkat iPhone ke media penyimpanan lain, pastikan data yang dipindahkan benar-benar penting. Jangan sampai Anda membuang waktu dan memori untuk menyimpan data yang seharusnya dihapus.

Oleh karena itu, lakukan beberapa hal berikut sebelum backup data pada perangkat iPhone:

  • 1.1. Hapus Aplikasi yang Menghabiskan Memori

    Pastikan untuk memilih dan memilah aplikasi yang ingin dicadangkan. Hapus aplikasi yang tidak terlalu penting tapi menguras banyak memori. Sisakan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan di masa yang akan datang.

    Menghapus aplikasi yang memakan memori besar sangat membantu proses backup. Dengan memori yang lega, proses pencadangan bisa berjalan lebih cepat dan lancar.

  • 1.2. Pastikan Kapasitas Penyimpanan

    Sebelum backup data iPhone, ada baiknya untuk mengecek kapasitas penyimpanan pada ponsel. Hal ini bertujuan untuk mencegah kapasitas yang berlebih. Cek kapasitas penyimpanan melalui menu Pengaturan dan kemudian pilih Penyimpanan iPhone.

  • 1.3. Pilih Metode Backup yang Sesuai

    Tentukan metode backup yang diinginkan, apakah dengan iCloud, Google Drive, atau secara manual menggunakan komputer. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan beberapa pertimbangan lain, seperti kecepatan jaringan dan faktor keamanan.

2. Cara Backup iPhone dengan iCloud

iCloud adalah media penyimpanan berbasis cloud yang bisa digunakan untuk backup data seperti foto, dokumen, musik, dan lain sebagainya. Untuk bisa melakukan backup data ke iCloud, ponsel harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencadangkan data ke iCloud:

  • Pastikan ponsel terhubung ke jaringan Wi-Fi.
  • Buka Pengaturan atau Settings, lalu pilih Nama kamu.
  • Selanjutnya pilih iCloud, kemudian ketuk menu iCloud Backup.
  • Ketuk Cadangan iCloud untuk mengaktifkan pencadangan.
  • Langkah selanjutnya, pilih Cadangkan Sekarang.
  • Tunggu hingga proses backup selesai.

Bagaimana cara mengetahui pencadangan berhasil? Saat proses backup selesai, informasi berupa waktu dan tanggal pencadangan akan tertera di bawah pilihan Cadangkan Sekarang. Jika waktu yang tertera sesuai dengan waktu pencadangan terakhir, berarti proses backup telah berhasil.

Ketika status Cadangan iCloud adalah ON, berarti perangkat akan melakukan backup otomatis secara berkala. Jika Anda tidak menginginkan pencadangan berkala, nonaktifkan kembali Cadangan iCloud.

3. Cara Backup iPhone dengan iTunes

Metode selanjutnya untuk backup data iPhone adalah melalui iTunes. Lain halnya dengan iCloud, cara yang satu ini terbilang lebih fleksibel. Melalui iTunes, data ponsel dapat dicadangkan ke iCloud ataupun komputer.

Cara backup data iPhone melalui iTunes sangat mudah. Simak langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan perangkat iPhone ke PC, maka iTunes akan terbuka secara otomatis.
  • Klik icon iPhone kecil.
  • Setelah masuk Summary, temukan opsi Backup.
  • Pilih lokasi backup yang diinginkan. Tersedia dua pilihan, yaitu iCloud dan komputer. Jika memilih komputer, pastikan untuk mencentang Encrypt iPhone backup untuk alasan keamanan.
  • Setelah itu, klik Backup Now.
  • Tunggu hingga proses backup selesai. Jika berhasil, waktu pencadangan terakhir akan tertera di bawah tulisan Latest Backup.

Jika memilih backup ke iCloud, pastikan komputer terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, pastikan hanya mencadangkan data yang penting agar tidak melebihi kapasitas penyimpanan di iCloud.

4. Cara Backup iPhone dengan Google Drive

Anda juga bisa mencadangkan data iPhone ke Google Drive. Seperti halnya iCloud, Google Drive merupakan media penyimpanan berbasis cloud sehingga lebih fleksibel untuk diakses dari berbagai perangkat.

Sebelum melakukan backup, pastikan ponsel terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Setelah semua siap, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Google Drive pada iPhone.
  • Pada pojok kiri atas, ketuk Menu dengan icon tiga garis horizontal.
  • Pada bagian atas, pilih Setelan lalu ketuk Cadangan.
  • Pilih Mulai Cadangan.
  • Google Drive akan memulai pencadangan data.

Setelah proses backup selesai, Anda bisa melihat konten yang dicadangkan. Untuk melihat foto, gunakan aplikasi Google Foto. Sedangkan kontak akan disinkronisasi dengan Google Kontak.

Perlu diingat bahwa untuk pencadangan beberapa kali, hanya data terbaru yang akan dicadangkan. Dengan kata lain, data lama akan ditimpa oleh data baru.

Bagaimana jika pencadangan tidak selesai? Jika menemukan notifikasi pencadangan tidak selesai, ini berarti sebagian atau seluruh konten belum dicadangkan. Pastikan untuk mengecek konten pada aplikasi Google Drive.

5. Cara Backup Data ke Perangkat iPhone

Selain mencadangkan data ke penyimpanan cloud dan komputer, Anda juga bisa backup data ke perangkat iPhone lain. Hal ini bisa dilakukan jika Anda membeli iPhone baru namun tidak ingin kehilangan seluruh data di iPhone lama.

Untuk mencadangkan data ke iPhone baru, Anda harus melakukan backup data ke iCloud. Setelah tersimpan di iCloud, data tersebut dapat ditransfer ke perangkat iPhone baru.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cadangkan data iPhone ke iCloud.
  • Hidupkan perangkat baru. Anda akan melihat tulisan “Hello”, kemudian ikuti pengaturan awal hingga menentukan jaringan Wi-Fi.
  • Ketika sampai pada bagian Apps & Data, ketuk pilihan Restore krom iCloud Backup.
  • Masuk ke akun iCloud dengan Apple ID dan password.
  • Pilih versi backup data yang diinginkan untuk ditransfer ke perangkat baru.
  • Pastikan iPhone terhubung jaringan internet dan dalam kondisi mengisi daya.

Setelah melakukan backup, seluruh konten yang diinginkan berupa foto, video, atau aplikasi akan diunduh ke perangkat iPhone yang baru. Tunggu hingga proses transfer benar-benar selesai sebelum memutuskan sambungan.

Karena menggunakan jaringan internet, kecepatan jaringan sangat menentukan kecepatan transfer. Pastikan koneksi internet stabil sehingga backup data ke iPhone baru bisa berlangsung dengan lancar.

6. Cara Backup Data iPhone yang Mati Total

Tidak perlu khawatir jika iPhone Anda mati total. Data yang tersimpan masih bisa terselamatkan karena. secara default, iPhone akan backup data secara otomatis ke penyimpanan iCloud. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kembali data pada iPhone yang mati total.

  • Login ke akun iCloud menggunakan Apple ID dan password.
  • Setelah masuk ke iCloud, pilih konten yang ingin diambil kembali.
  • Klik icon Download pada bagian kanan atas.
  • File yang diinginkan akan di unduh ke perangkat baru.

Selain menggunakan iCloud, backup data pada iPhone yang mati total juga bisa dilakukan melalui iTunes. Namun pastikan Anda tidak mematikan fitur Cadangan iCloud atau iCloud Backup sebelumnya.

Ada berbagai cara backup data iPhone yang bisa dilakukan, mulai dari menggunakan media penyimpanan berbasis cloud seperti iCloud dan Google Drive hingga penyimpanan di komputer. Pilih metode backup yang dirasa paling mudah untuk kenyamanan dan keamanan data Anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!