Skip to main content

Cara Menghemat Baterai iPhone 5s: Tips dan Trik

Cara Menghemat Baterai iPhone 5s: Tips dan Trik
Cara Menghemat Baterai iPhone 5s: Tips dan Trik

Cara Menghemat Baterai iPhone 5s: Tips dan Trik

Sebagai salah satu ponsel seri keluaran lama, iPhone 5s belum dibekali dengan kapasitas baterai yang besar. Wajar jika banyak pengguna mengeluhkan baterai yang kurang tahan lama. Jika Anda termasuk salah satunya, mungkin Anda perlu mempelajari cara menghemat baterai iPhone 5s.

Beruntung, Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap berikut ini akan membahas mengenai tips dan trik agar baterai iPhone 5s tidak cepat terkuras habis. Terutama jika Anda sangat aktif dalam menggunakan smartphone, jangan sampai kelewatan pembahasan di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

8 Cara Mudah Menghemat Baterai iPhone 5s

Selain kapasitas baterai kecil, masih ada banyak faktor lain yang membuat ponsel cepat kehabisan daya. Misalnya perangkat digunakan untuk streaming, gaming, dan aktivitas lain yang menguras tenaga. Pengaturan tingkat kecerahan juga berpengaruh pada daya tahan baterai.

Back to Content ↑

Lakukan hal-hal berikut ini agar baterai iPhone 5s Anda lebih awet dan tahan lama.

1. Atur Kecerahan Layar

Salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi konsumsi daya pada iPhone adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar. Semakin cerah layar smartphone, semakin besar daya yang digunakan. Begitu juga sebaliknya.

Untuk mengurangi tingkat kecerahan layar, gunakan slider yang terdapat di Control Center. Atur tingkat kecerahan sesuai dengan kebutuhan. Jika berada di dalam ruangan, layar yang redup pun tetap akan terlihat. Dengan begitu, baterai iPhone 5s Anda akan lebih tahan lama.

Back to Content ↑

2. Hindari Menutup Aplikasi

Secara logika, menutup aplikasi seharusnya bisa mengurangi beban kerja ponsel sehingga daya yang dikonsumsi juga semakin sedikit. Namun ternyata menutup aplikasi kemudian membukanya kembali justru akan menguras baterai.

Pasalnya, RAM dipaksa bekerja lebih keras untuk membuka aplikasi dari awal. Lain halnya jika Anda tidak menutup aplikasi, RAM hanya perlu bekerja sedikit untuk menampilkan kembali aplikasi tersebut. Pastinya aktivitas ini lebih ramah terhadap baterai iPhone Anda.

Back to Content ↑

3. Copot Aplikasi Boros Baterai

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah dengan mencopot aplikasi yang membutuhkan daya besar. Cek konsumsi daya yang dibutuhkan oleh setiap aplikasi melalui opsi Battery di menu Settings.

Pilih aplikasi yang tidak terlalu penting namun mengkonsumsi daya yang cukup besar. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengganti aplikasi boros baterai tersebut dengan aplikasi yang lebih ringan.

Back to Content ↑

4. Aktifkan Low Power Mode

Low Power Mode berfungsi untuk memperpanjang daya tahan baterai selama beberapa saat. Meskipun tidak memberikan dampak signifikan, fitur ini sangat berguna jika baterai ponsel lemah tapi Anda belum bisa mengisi daya. Hal ini bisa saja terjadi ketika Anda sedang bepergian atau lampu padam.

Namun ada yang perlu diperhatikan ketika Anda menggunakan Low Power Mode. Agar ponsel tidak mengonsumsi banyak daya, fitur ini akan membatasi kinerja beberapa fitur lain. Misalnya saja aplikasi background tidak bisa refresh secara otomatis.

Back to Content ↑

5. Nonaktifkan Notifikasi

Menonaktifkan notifikasi adalah salah satu cara menghemat baterai iPhone 5s yang layak dicoba. Dengan cara ini, aplikasi akan berhenti mengirimkan notifikasi sehingga layar iPhone tidak menyala berulang kali. Dengan begitu daya tahan baterai menjadi lebih lama.

Anda tidak perlu menonaktifkan notifikasi untuk seluruh aplikasi. Pastikan notifikasi pada aplikasi penting seperti messaging atau email tetap aktif sehingga Anda tidak ketinggalan informasi. Untuk mematikan notifikasi, lakukan melalui menu Settings.

Back to Content ↑

6. Nonaktifkan Update Otomatis

Biasanya aplikasi akan melakukan pembaruan otomatis jika update terbaru telah tersedia. Tanpa disadari hal ini dapat menguras baterai sehingga membuatnya tidak tahan lama. Oleh karena itu, mematikan update otomatis bisa jadi salah satu cara untuk menghemat baterai.

Kendati demikian, pastikan Anda tetap melakukan update secara manual agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik dari setiap aplikasi. Atau, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang dapat melakukan update secara otomatis sehingga Anda tidak akan ketinggalan fitur terbaru.

Back to Content ↑

7. Perhatikan Kondisi Baterai

Baterai yang berada dalam kondisi baik pasti akan memberikan kinerja yang optimal. Agar baterai lebih awet dan tahan lama, selalu cek kondisi baterai secara rutin. Cukup kunjungi menu Settings, lalu pilih opsi Battery Health. Di situ Anda akan melihat informasi detail seputar kondisi baterai.

Jika berada dalam kondisi baik, status baterai akan menampilkan keterangan Maximum Capacity. Tapi apabila Anda menemukan baterai dalam kondisi kurang baik, kalibrasi mungkin diperlukan. Caranya adalah mengosongkan baterai kemudian mengisinya sampai penuh dalam kondisi nonaktif.

Back to Content ↑

8. Nonaktifkan Aplikasi Background

Menutup aplikasi dan membukanya kembali memang dapat menguras daya baterai. Tapi jika aplikasi tetap berjalan di background meskipun jarang dibuka, tentunya hal ini juga akan mempengaruhi konsumsi baterai.

Tutup aplikasi background yang jarang digunakan. Untuk melakukannya, kunjungi Settings kemudian pilih Background App Refresh dari menu General.

Back to Content ↑

Sebenarnya cara menghemat baterai iPhone 5s cukup mudah dan sederhana. Lakukan tips dan trik di atas agar baterai ponsel Anda bisa lebih awet dan bertahan lama. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!