Skip to main content

Xiaomi vs iPhone: Siapa Lebih Unggul?

Xiaomi vs iPhone: Siapa Lebih Unggul?

Xiaomi vs iPhone: Siapa Lebih Unggul?

Persaingan para raksasa smartphone semakin tidak terelakkan. Jika sebelumnya pasaran ponsel pintar dikuasai oleh iPhone dan Samsung, kini muncul pemain baru yang tak kalah tangguh yaitu Xiaomi. Seperti apa pertarungan Xiaomi vs iPhone? Akankah muncul raksasa baru di pasar tanah air?

Xiaomi sendiri merupakan brand asal China yang telah sukses menggaet perhatian konsumen. Bagaimana tidak? Xiaomi mampu meluncurkan produk smartphone terjangkau dengan kualitas jempolan. Untuk lebih jelasnya, simak tutorial iOS iPhone lengkap berikut.

1. Alasan Di Balik Popularitas Xiaomi

Sebagai pemain baru di pasaran ponsel pintar, Xiaomi terbukti berhasil menempatkan diri di posisi yang cukup bagus. Pabrikan asal negeri Tiongkok ini dengan cepat menjadi buah bibir di berbagai lapisan masyarakat berkat rasio harga dan kualitas yang dinilai sangat bagus.

Berbagai produk yang diluncurkan oleh Xiaomi mampu menarik perhatian masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah yang menginginkan smartphone dengan kualitas baik tanpa menguras kantong. Tidak mengherankan jika setiap produk baru keluaran Xiaomi selalu menjadi incaran.

Selain rasio harga – produk yang baik, sistem operasi yang digunakan juga menjadi daya tarik tersendiri. Sistem operasi Android memang dirasa lebih merakyat, familiar, dan mudah digunakan ketimbang iOS.

Tidak sedikit pula calon konsumen yang tergoda dengan tampilan yang dihadirkan oleh setiap produk Xiaomi. Meskipun mendapatkan kritik karena ada kemiripan dengan produk Apple di sana-sini, hal ini justru membuat masyarakat semakin tertarik untuk membeli produk Xiaomi.

2. Perbandingan Xiaomi vs iPhone

Setelah mengetahui alasan mengapa setiap produk Xiaomi begitu diminati oleh masyarakat, kini saatnya untuk mengungkap siapakah yang lebih unggul antara Xiaomi dan iPhone. Berikut ini perbandingan Xiaomi dan iPhone berdasarkan sejumlah aspek penilaian.

2.1. Sistem Operasi

Sistem operasi memegang peranan penting dalam menyuguhkan fungsionalitas dan kemudahan pengguna. Seluruh produk Xiaomi bekerja dengan sistem operasi Android. Dengan ini, fungsi Xiaomi cukup mudah digunakan dan dapat dikustomisasi sesuai keinginan pengguna.

Lain halnya dengan iPhone, ponsel keluaran Apple ini bekerja dengan iOS. Berbeda dengan Android, sistem operasi yang satu ini menawarkan keanggunan dan kesan berkelas. Wajar jika iPhone sering dijadikan simbol prestise bagi penggunanya.

Selain itu, sistem operasi iOS juga dikenal lebih aman dibandingkan Android. Secara default, seluruh data pengguna disimpan di akun iCloud sehingga data dapat dipindahkan ke perangkat lain. Sistem ini tidak bisa ditemukan di Android.

2.2. Performa

Penilaian terhadap performa sangat bergantung pada spesifikasi yang dihadirkan oleh smartphone, terutama processor. Baik Xiaomi maupun iPhone mempunyai berbagai jenis produk yang menawarkan spesifikasi berbeda, sehingga tentu saja menghasilkan penilaian berbeda.

Meskipun demikian, pada dasarnya performa Xiaomi dan iPhone hampir sama. Adapun rumor yang menyebutkan bahwa semua produk iPhone lebih unggul dalam hal performa tidaklah tepat. Pasalnya ada beberapa produk Xiaomi yang mampu mengungguli performa iPhone.

Sebagai contoh, ketika iPhone X disandingkan dengan Xiaomi Mi 8 terbukti bahwa produk Xiaomi lebih unggul dalam hal performa berkat kinerja processor yang lebih cepat hingga 1.7 kali. Dalam hal ini, pertarungan Xiaomi vs iPhone dimenangkan oleh Xiaomi.

2.3. Kamera

Di era sosial media seperti saat ini, kamera menjadi salah satu fitur esensial untuk tetap eksis di dunia maya. Wajar jika pabrikan smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan kamera berkualitas dengan resolusi yang tinggi. Begitu pula dengan Xiaomi dan iPhone.

Meskipun menyasar segmen menengah ke bawah, kualitas kamera yang disuguhkan oleh Xiaomi tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan beberapa produk Xiaomi mampu mengalahkan iPhone dari segi kamera, sebut aja Xiaomi Mi 9.

Kualitas kamera Mi 9 diketahui lebih baik dari semua ponsel iPhone milik Apple. Xiaomi Mi 9 menjadi salah satu dari tiga ponsel dengan kamera terbaik selain Google Pixel 3 dan Samsung Galaxy Note 9.

Kendati demikian, bukan berarti kamera iPhone tidak lebih baik dari Xiaomi. Ada beberapa produk iPhone yang memiliki kamera dengan kualitas jempolan, seperti iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Selain menghadirkan resolusi besar, gambar yang dihasilkan juga tidak kalah dengan kamera DSLR.

2.4. Baterai

Spesifikasi canggih dan performa tinggi tidak berarti tanpa kehadiran baterai yang tangguh. Oleh karena itu, baterai menjadi salah satu aspek penting ketika membandingkan produk smartphone. Lantas, seperti apa perbandingan baterai antara Xiaomi dan iPhone?

Banyak pengguna iPhone mengeluhkan daya tahan baterai yang kurang lama. Banyaknya utilitas yang berjalan dalam sistem operasi membuat baterai iPhone kurang bisa diandalkan untuk penggunaan dalam jangka waktu lama.

Xiaomi terbukti lebih unggul dalam hal baterai. Berdasarkan pada sejumlah data, usia baterai Xiaomi lebih efisien daripada iPhone, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen.

Namun kedua brand tersebut memiliki kesamaan, yaitu menghadirkan sistem pengisian cepat atau fast charging. Dengan fitur tersebut, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama hingga baterai terisi penuh.

2.5. Harga

Harga menjadi salah satu aspek penting dalam menilai sebuah produk smartphone. Xiaomi menawarkan harga yang jauh lebih bervariasi mulai dari di bawah 1 jutaan hingga puluhan juta rupiah. Rentang harga yang cukup lebar memudahkan konsumen untuk memilih produk sesuai budget.

Dibandingkan dengan merek lain seperti Samsung dan iPhone, harga Xiaomi tergolong lebih murah. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik terbesar bagi calon konsumen. Dengan kualitas yang hampir sama, produk bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Berbeda dengan iPhone, setiap produk yang diluncurkan selalu identik dengan harga yang cukup mahal. Bahkan harga yang ditawarkan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Faktor inilah yang membuat iPhone relatif sulit dijangkau oleh beberapa lapisan masyarakat.

Singkatnya, iPhone harus mengakui keunggulan Xiaomi dari segi harga. Tapi mengingat target pasar iPhone adalah masyarakat kelas menengah ke atas, cukup wajar jika produk keluaran Apple ini dibanderol dengan harga tinggi.

3. Kesimpulan

Baik Xiaomi maupun iPhone merupakan dua raksasa pabrikan smartphone yang sudah tidak diragukan lagi. Keduanya mempunyai target pasar yang berbeda. Jika Xiaomi menarget pasar menengah ke bawah, iPhone dengan beragam produknya menyasar kelas menengah ke atas.

Selain itu, Xiaomi dan iPhone tidak ada yang mutlak unggul dalam semua hal. Masing-masing smartphone mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Xiaomi misalnya, mampu mengalahkan iPhone dari segi harga, efisiensi baterai, serta sistem operasi yang lebih permisif dengan Android.

Disisi lain, Xiaomi harus mengakui keunggulan iPhone karena menghadirkan sistem operasi yang lebih anggun dan berkelas. Sebagian besar produk keluaran Apple juga mempunyai performa mumpuni serta kualitas kamera yang menakjubkan, meskipun beberapa produk terbukti dikalahkan oleh Xiaomi.

Dari perbandingan Xiaomi vs iPhone di atas, cukup jelas bahwa kedua produsen besar ini masih dan akan terus bersaing secara sengit. Keduanya mampu menunjukkan kekuatannya yang cukup besar dalam menggaet perhatian konsumen di tanah air. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!