Skip to main content

Cek Garansi iPhone Termudah

Cek Garansi iPhone Termudah

Cek Garansi iPhone Termudah

Setiap produk resmi iPhone pasti memiliki garansi resmi yang dapat diklaim apabila terjadi kerusakan perangkat di luar kesalahan pengguna. Garansi ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk memastikan keaslian sebuah produk iPhone. Beruntung, cara cek garansi iPhone sangatlah mudah.

Tutorial iOS iPhone lengkap berikut ini akan mengulas lebih dalam mengenai jenis-jenis garansi pada iPhone serta cara mudah untuk mengeceknya. Jika Anda termasuk pengguna iPhone atau berencana untuk membeli ponsel keluaran Apple ini, pastikan untuk menyimak ulasan lengkap berikut.

1. Jenis-Jenis Garansi pada Ponsel iPhone

Ketika membeli sebuah ponsel baru, terkadang penjual memberitahukan bahwa perangkat tersebut mempunyai garansi toko, garansi resmi, atau garansi distributor. Lantas, apa yang membedakan jenis-jenis garansi tersebut?

1.1. Garansi Resmi

Garansi resmi merupakan garansi yang secara sah dan resmi diberikan kepada perusahaan distributor iPhone. Garansi tersebut berasal dari Apple sehingga produk dengan jenis garansi ini telah terjamin keasliannya.

Setelah mendapatkan garansi dari Apple, perusahaan distributor akan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu pada setiap produk yang dimiliki. Garansi resmi biasanya didapatkan ketika Anda membeli di gerai resmi Apple yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Cara Cek Garansi IPhone dan Jenis-Jenis Garansi iPhone di Indonesia

1.2. Garansi Distributor

Garansi distributor tidaklah sama dengan garansi resmi. Jenis garansi ini biasanya berlaku untuk iPhone yang masuk ke Indonesia secara tidak resmi. Ketika mendapatkan garansi ini, Anda hanya dapat melakukan klaim ke pihak distributor dan bukan ke gerai resmi Apple.

Ponsel dengan garansi distributor biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih rendah. Namun Anda harus berhati-hati karena iPhone bergaransi distributor terkadang merupakan ponsel rekondisi atau refurbish. Itulah mengapa Anda perlu cek garansi iPhone sebelum membeli.

1.3. Garansi Toko

Anda perlu berhati-hati ketika membeli produk iPhone dengan garansi toko. Tidak jarang produk yang ditawarkan merupakan iPhone supercopy, palsu, produk ilegal, maupun refurbish. Pastinya Anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk barang yang tidak resmi.

Jenis garansi ini biasanya hanya didasarkan pada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Jangka waktu yang diberikan juga relatif singkat, yaitu sekitar 1 hingga 3 bulan saja. Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan karena bisa jadi ponsel tersebut bermasalah.

2. Cara Cek Garansi iPhone

Mengecek garansi iPhone bukanlah perkara sulit. Hanya melalui menu Settings, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai garansi ponsel. Sebagai tambahan, mengecek garansi juga bisa menjadi salah satu cara cek aktivasi iPhone untuk memastikan lama pemakaiannya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek garansi:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan pada iPhone.
  • Ketuk menu General, kemudian pilih About.
  • Layar ponsel akan menampilkan serial number.
  • Buka browser dari iPhone, kemudian kunjungi situs resmi Apple di https://checkcoverage.apple.com.id.in/.
  • Masukkan nomor seri yang tertera pada layar di kolom yang telah disediakan. Masukkan kode captcha, lalu ketuk tombol Lanjutkan.
  • Masukkan negara, lanjutkan dengan memilih See your service and support coverage pada opsi Service and Repair.
  • Anda akan melihat informasi detail mengenai garansi iPhone.

Informasi tersebut meliput tanggal aktivasi serta tanggal berakhirnya garansi. Setelah mengetahui detail informasi, Anda bisa memastikan apakah ponsel Anda masih berada dalam masa garansi atau tidak. Jika tidak muncul, ada indikasi ponsel tersebut merupakan produk ilegal atau refurbish.

Sangat penting untuk cek garansi iPhone, mengingat banyaknya iPhone yang beredar di pasaran. Demi alasan keamanan, pastikan untuk membeli ponsel di gerai resmi Apple sehingga Anda mendapatkan garansi resmi. Dengan kata lain, Anda tidak perlu takut mendapatkan barang palsu. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!