Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

10 Aplikasi Perekam Suara

10 Aplikasi Perekam Suara
Easy Voice Recorder

10 Aplikasi Perekam Suara

Aplikasi perekam suara sangat dibutuhkan saat ini. Tidak hanya untuk Anda yang bekerja sebagai seorang wartawan saja, aplikasi ini juga dibutuhkan untuk mereka yang ingin membuat konten. Misal membuat konten berupa obrolan atau podcast.

Aplikasi perekam suara juga berguna untuk Anda yang ingin melakukan dubbing atau memberikan narasi pada video. Bisa Anda gunakan juga untuk membuat konten Youtube yang berisi informasi-informasi tertentu yang membutuhkan narasi yang baik agar mudah dipahami oleh banyak orang.

TOC / Daftar Isi

Easy Voice Recorder

Aplikasi dengan nama Easy Voice Recorder ini dapat membantu Anda untuk merekam suara dengan instan. Anda hanya perlu membuka aplikasi ini lalu menekan tombol rekam untuk mulai melakukan proses penyimpanan suara.

Kelebihan dari aplikasi Easy voice recorder ini adalah mampu menyimpan file suara dengan format AAC. Jadi, secara kualitas cukup baik untuk digunakan sebagai bahan untuk podcast atau dikirim sebagai pesan suara melalui media sosial atau melalui email.

Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mudah melalui Play Store. Namun, jika Anda membutuhkan fitur yang lebih lengkap aplikasi ini menyediakan versi berbayarnya.

Pada versi berbayar, ada fitur tambahan seperti rekaman yang bisa diubah menjadi stereo, dukungan microphone bluetooth, dan bisa menyesuaikan kualitas audio.

Back to Content ↑

Audio Recorder

Aplikasi dengan nama audio recorder ini awalnya dibuat khusus untuk mereka yang menggunakan ponsel Sony saja. namun, seiring dengan berjalannya waktu aplikasi ini dibuat untuk ponsel Android lain agar mampu merekam suara dengan kualitas yang sempurna.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur transkrip yang bisa Anda lakukan melalui aplikasi ponsel. Selain itu, Anda juga bisa mengintegrasikannya menggunakan platform serupa melalui PC sehingga data rekaman bisa diedit sesuai dengan kebutuhan.

Berapa pengguna aplikasi ini memanfaatkan fitur rekamannya sebagai alat pembuat podcast. Selanjutnya, data rekaman yang sudah dibuat bisa diunggah langsung ke SoundCloud agar bisa didengarkan banyak orang di seluruh dunia

Back to Content ↑

RecForge II

Anda yang menyukai podcast bisa menggunakan aplikasi ini untuk menciptakan konten yang berkualitas. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda hanya perlu merekam suara dengan menekan tombol yang sudah disediakan.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengeditan langsung menggunakan aplikasi ini. Misal, Anda ingin membuang beberapa bagian yang tidak perlu. Selanjutnya, Anda bisa langsung melakukan penyimpanan dengan memilih beberapa codec atau format dari audio.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis melalui Play Store. Untuk Anda yang ingin fitur yang lebih canggih bisa membeli lisensi dengan harga sekitar 4 dolar.

Back to Content ↑

Evernote

Aplikasi Evernote diciptakan untuk mencatat apapun dengan mudah. Anda bisa mencatat berbagai data yang muncul dari website tertentu atau menyimpan potongan screenshot yang sudah diambil dari manapun.

Seluruh data yang tersimpan di dalam Evernote akan tersambung ke cloud. Anda bisa mengaksesnya dari mana saja entah itu dari ponsel atau menggunakan versi desktop. Semua data akan terintegrasi dengan baik sehingga edit yang dilakukan dari dua sisi akan otomatis melakukan sinkronisasi.

Selain melakukan pencatatan secara langsung, Anda juga bisa melakukan rekaman suara lalu disimpan menggunakan aplikasi. Jadi semua jenis catatan bisa disimpan dengan baik apapun jenisnya.

Back to Content ↑

Tape-a-Talk Voice Recorder

Aplikasi ini cocok sekali untuk Anda yang suka mengelola rekaman. Misal ingin membuat pengantar video secara terpisah sebelum digabungkan. Anda bisa membaca script yang sudah dibuat lalu menyimpannya menjadi format WAV.

Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa melakukan pengeditan dari file audio yang dirasa kurang tepat. Selain melakukan perekaman dan penyimpanan, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membagikan rekaman langsung ke media sosial.

Back to Content ↑

Titanium Voice Recorder

Bosan dengan aplikasi gratis yang di dalamnya terdapat banyak iklan yang mengganggu? Anda bisa menggunakan titanium voice recorder. Aplikasi gratis ini tidak memunculkan iklan sama sekali meski memiliki kualitas yang baik dari segi rekaman dan juga hasilnya.

Menggunakan titanium voice recorder, Anda bisa merekam suara dengan kualitas HD dan memiliki konfigurasi 16 bit atau 8 bit. Dengan kualitas ini, Anda bisa membagikan file ke SoundCloud atau menjadikannya sebagai narasi pada video yang akan dibagikan ke YouTube.

Back to Content ↑

Samsung Voice Recorder

Meski aplikasi ponsel ini awalnya diciptakan untuk HP Samsung saja. pada prakteknya, Anda juga bisa menggunakannya meski menggunakan ponsel Android lain. Bisa menggunakan ponsel Xiaomi atau Nokia.

Kemampuan dari aplikasi ini yang sangat diunggulkan adalah mudahnya melakukan perekaman untuk kebutuhan wawancara atau untuk voice note. Semua file audio yang sudah direkam bisa langsung dibagikan ke email, media sosial atau aplikasi chatting seperti WhatsApp.

Back to Content ↑

Smart Voice Recorder

Antarmuka aplikasi bernama smart voice recorder ini terkesan jadul atau old school. Meski demikian, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup canggih untuk menyimpan semua data audio yang masuk melalui microphone.

Saat melakukan perekaman, Anda bisa melakukan konversi suara menjadi format WAV. Selanjutnya data ini bisa langsung dikirim melalui email atau media pengiriman lain dalam bentuk file media.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Play Store. memiliki memori internal kecil atau RAM pas-pasan.

Back to Content ↑

Voice Recorder Pro

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, voice recorder pro memiliki antarmuka yang sedikit rumit. Itulah kenapa, pemula tidak disarankan aplikasi ini karena risiko melakukan kesalahannya akan besar.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda mampu menyimpan file audio ke berbagai format yang didukung. Setidaknya ada tiga buah codec yang digunakan untuk melakukan konversi.

Meski memiliki fitur yang cukup premium dan mampu menghasilkan file audio dengan kualitas yang mumpuni. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Play Store.

Back to Content ↑

Hi-Q MP3 Voice Recorder

Aplikasi perekam suara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten Hi-Q MP3 Voice Recorder. Semua rekaman suara yang sudah Anda buat akan disimpan dengan format MP3. Jadi, Anda bisa menggunakan data itu untuk berbagai keperluan tanpa harus melakukan konversi ulang.

Semua file yang sudah dibuat dengan menggunakan aplikasi ini bisa disimpan langsung ke memori internal atau eksternal. Selain itu, Anda juga bisa menyimpannya ke dalam cloud seperti Dropbox atau Google Drive.

Lakukan proses integrasi ke akun cloud yang Anda miliki. Setelah melakukan integrasi, begitu ponsel atau aplikasi tersambung ke jaringan Wi-Fi proses unggah data ke cloud akan berjalan secara otomatis.

Back to Content ↑

Sebagian aplikasi perekam suara yang sudah ditulis diatas bisa digunakan secara gratis. Meski tidak membutuhkan biaya apapun, hasil rekaman yang Anda buat tetap maksimal dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Apapun jenis aplikasi perekam suara yang Anda gunakan, ada baiknya menggunakan mikrofon yang berkualitas. Apabila Anda menggunakan mikrofon yang kualitasnya buruk, suara yang dihasilkan juga tidak akan sempurna.

Melakukan perekaman di dalam ruangan yang kedap suara. Jika tidak bisa memiliki ruangan seperti itu, Anda bisa melakukan saat malam hari atau ketika suasana di rumah sedang sepi sehingga tidak ada suara lain yang bocor dan ikut terekam. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!