Skip to main content

Cara Menghapus Aplikasi di iPhone dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi di iPhone dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi di iPhone dengan Mudah

Ketika performa iPhone mulai melambat, kapasitas penyimpanan internal mungkin hampir penuh. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Kabar baiknya, cara menghapus aplikasi di iPhone ternyata cukup mudah.

Menghapus aplikasi di iPhone relatif sama dengan menghapus aplikasi di Android. Terdapat berbagai pilihan yang bisa diambil, seperti menghapus dari antarmuka layar atau menggunakan iTunes. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Tiga Cara Menghapus Aplikasi di Ponsel iPhone

iPhone menyediakan berbagai cara untuk menghapus aplikasi dari perangkat. Namun, tidak semua aplikasi bisa dihapus dengan cara yang sama. Berikut ini beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi demi mengoptimalkan penyimpanan internal pada iPhone.

1.1. Melalui Antarmuka Layar

Pertama, aplikasi dapat dihapus melalui antarmuka layar. Ini merupakan cara paling mudah karena Anda hanya perlu menekan icon aplikasi kemudian menghapusnya secara langsung. Cara ini juga dapat dilakukan pada ponsel berbasis Android.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus aplikasi iPhone melalui antarmuka layar:

  • Buka kunci layar monitor iPhone.
  • Ketika muncul icon aplikasi, tentukan aplikasi yang ingin dihapus.
  • Ketuk pada icon aplikasi tersebut dan tahan beberapa saat. Akan muncul tanda silang pada sudut kiri aplikasi.
  • Ketuk tanda silang tersebut, lalu akan muncul notifikasi jika data pada aplikasi akan ikut terhapus. Tujuannya adalah agar Anda bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan proses penghapusan.
  • Pilih Hapus jika ingin melanjutkan untuk menghapus aplikasi.

Setelah memilih opsi Hapus, aplikasi beserta data di dalamnya akan terhapus. Proses ini tidak dapat dibatalkan, jadi Anda harus menginstal ulang jika kembali menginginkan aplikasi tersebut.

Meskipun terlihat mudah, cara ini juga memiliki kelemahan. Apabila Anda tidak sengaja menyentuh dan menekan aplikasi, tidak menutup kemungkinan aplikasi akan terhapus secara tidak sengaja. Untuk mencegah hal ini, pastikan layar monitor terkunci.

1.2. Melalui Menu Pengaturan

Selain melalui antarmuka layar, aplikasi juga dapat dihapus melalui menu pengaturan. Dengan cara ini, Anda sekaligus bisa melihat kapasitas penyimpanan yang tersisa di iPhone. Terlihat pula kapasitas masing-masing aplikasi sehingga Anda bisa lebih mudah menentukan aplikasi yang ingin dihapus.

Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus aplikasi melalui menu pengaturan:

  • Masuk ke menu Settings, kemudian pilih General.
  • Ketuk opsi iPhone Storage, lalu akan muncul daftar aplikasi yang ada di iPhone beserta kapasitas yang digunakan.
  • Geser ke bawah untuk mencari aplikasi yang ingin dihapus. Setelah menentukan aplikasi, pilih Delete App.

Cara ini sangat mudah dan praktis untuk mengurangi kapasitas penyimpanan pada memori internal. Jika kapasitas mencukupi, Anda juga bisa mempelajari cara mengambil video di Instagram iPhone untuk hiburan di mana saja dan kapan saja.

1.3. Melalui iTunes

Selain berguna untuk transfer data seperti foto, musik, video, dan dokumen, iTunes juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi. Untuk melakukan fungsi ini, iPhone harus dihubungkan dengan komputer terlebih dahulu. Pastikan juga iTunes telah terpasang di komputer.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sambungkan iPhone dengan komputer menggunakan kabel USB.
  • Setelah terhubung, buka iTunes pada komputer lalu pilih perangkat.
  • Klik tab Apps pada sidebar.
  • Pada halaman aplikasi, klik tanda silang kemudian pilih Apply untuk lanjut menghapus aplikasi.

Cara menghapus aplikasi di iPhone melalui iTunes memang tidak semudah menghapus melalui antarmuka layar dan menu pengaturan. Meskipun demikian, cara ini layak dicoba terutama jika ingin mengeksplorasi fitur-fitur yang dimiliki oleh iTunes.

Jika selama ini Anda menggunakan iTunes sebagai salah satu cara memindahkan foto ke iPhone, ini bisa jadi cara baru untuk menggunakan aplikasi iTunes. Pastikan memilih aplikasi yang tepat karena proses ini tidak dapat dibatalkan.

2. Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone

Selain menghapus aplikasi secara langsung, Anda juga bisa terlebih dahulu menghapus data pada aplikasi tersebut. Tujuannya adalah untuk memastikan data aplikasi benar-benar hilang sehingga tidak memenuhi kapasitas penyimpanan.

Beberapa aplikasi masih meninggalkan data pada iPhone meskipun sudah terhapus. Dengan cara ini, Anda bisa memastikan tidak ada data yang tertinggal.

Berikut ini langkah mudah untuk menghapus data aplikasi pada iPhone:

  • Masuk ke menu Settings, kemudian pilih General.
  • Ketuk iPhone Storage untuk melihat semua aplikasi yang terpasang di perangkat iPhone. Lihat aplikasi yang paling banyak menggunakan ruang penyimpanan internal.
  • Setelah memilih salah satu aplikasi, lihat kapasitas pada bagian Documents & Data. Jika kapasitas melebihi 500MB, pilih clear cache.
  • Selanjutnya Anda bisa menghapus aplikasi.

Apabila aplikasi tersebut tergolong penting dan sering digunakan, download dan instal kembali aplikasi. Dengan cara ini, aplikasi tidak lagi akan memakan banyak kapasitas memori penyimpanan.

Setelah mengetahui cara menghapus aplikasi di iPhone, Anda tidak perlu khawatir dengan performa iPhone yang lambat akibat memori internal terlalu sesak. Pilih aplikasi dengan kapasitas besar untuk melonggarkan memori penyimpanan untuk performa iPhone yang lebih mulus. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!