Skip to main content

Cara Daftar Akulaku dan Pengajuan Limit: Mudah dan Cepat!

Cara Daftar Akulaku dan Pengajuan Limit: Mudah dan Cepat!
Cara Daftar Akulaku

Cara Daftar Akulaku dan Pengajuan Limit: Mudah dan Cepat!

Ingin menggunakan kartu kredit tapi proses pembuatannya terlalu rumit? Maka Anda bisa menggunakan Akulaku sebagai alternatif. Bagi Anda yang baru pertama mendengar tentang Akulaku, berikut adalah penjelasan lengkap tentang apa itu Akulaku dan bagaimana cara daftar Akulaku yang benar.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Akulaku?

Akulaku adalah sebuah platform kredit digital yang berada di bawah naungan PT Akulaku Silvrr Indonesia. Pendiri sekaligus CEO dari Akulaku adalah orang berkebangsaan China bernama William Li, yang dibantu rekannya bernama Gordon Hu.

Platform ini sudah ada sejak 2016 dan masih sangat hits sampai sekarang sebagai jasa penyedia pinjaman online tanpa jaminan, yang juga bisa digunakan untuk berbelanja dengan sistem cicil di aplikasi Akulaku sendiri atau di e-commerce lainnya seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan banyak lagi.

Sejauh ini, Akulaku memang berfokus pada menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan e-commerce lokal. Hal ini karena kebiasan belanja online yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Tapi selain itu, Akulaku juga berencana untuk mengeksplorasi lebih banyak konsumsi online seperti pembayaran mikro di toko swalayan dan pinjaman untuk UMKM berkualitas tinggi.

Menurut sejumlah sumber, Akulaku termasuk salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, yang wilayahnya mencakup Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Platform populer ini terus berkembang pesat dengan omset per bulannya lebih dari US $80 juta.

Back to Content ↑

Apakah Akulaku Aman?

Salah satu kelebihan Akulaku yang tidak dimiliki oleh banyak platform kredit online lain di Indonesia adalah adanya lisensi resmi.

Akulaku telah memperoleh izin Multi Finance yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK), yang memungkinkannya untuk memberikan pinjaman kepada orang atau pemilik bisnis sesuai dengan Undang-Undang yang ada.

Artinya, Akulaku adalah platform yang sangat aman alias bukan abal-abal, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

Back to Content ↑

Bagaimana Cara Daftar Akulaku?

Tertarik untuk menggunakan Akulaku? Maka Anda bisa langsung download aplikasinya dari Google Play Store untuk pengguna Android dan download dari App Store untuk pengguna iOS. Jika aplikasi sudah terinstall di perangkat, selanjutnya Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi dan klik "Terima" saat ada pop-up notifikasi tentang permintaan izin untuk mengakses kontak, data pribadi, rekening bank, GPS, dan lainnya. (Jika tidak klik tombol "Terima", Anda tidak bisa lanjut ke langkah selanjutnya).
  2. Setelah aplikasi terbuka, klik menu "Personal" dan pilih "Daftar".
  3. Selanjutnya klik tulisan "Membuat Akun", lalu input nomor hape Anda yang aktif dengan benar dan klik tombol "Kirim".
  4. Setelah beberapa detik, aplikasi akan mengirimkan kode OTP ke nomor Anda lewat SMS. Silahkan cek SMS dan masukkan 5 digit angka verifikasi ke kolom yang sudah disediakan di dalam aplikasi, kemudian klik "Selanjutnya".
  5. Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk membuat password akun Akulaku, yang bisa terdiri dari barisan angka, barisan huruf, atau bahkan campuran keduanya. Tidak ada aturan khusus mengenai hal ini.
  6. Sekarang masukkan lagi password ke kolom kedua, lalu klik tombol "Selanjutnya", dan selesai. Sekarang Anda sudah memiliki akun Akulaku dan bisa langsung mengajukan limit kredit.

Back to Content ↑

Cara Mengajukan Limit Kredit

Pengertian dari limit kredit adalah total saldo maksimal yang bisa Anda gunakan untuk membeli satu atau lebih barang dengan sistem cicilan dan secara online melalui aplikasi Akulaku.

Agar bisa memperoleh limit kredit ini, Anda harus mengajukan permohonan permintaan limit terlebih dahulu, untuk selanjutnya diverifikasi oleh pihak Akulaku, dan hasilnya sendiri bisa lolos atau pun ditolak.

Cara daftar Akulaku di atas memang sangat cepat dan mudah karena tidak membutuhkan ID card dan data pribadi lainnya, jadi hanya seperti membuat akun media sosial biasa.

Tapi untuk mengajukan limit kredit, Anda harus memberikan informasi data diri lengkap dalam proses yang lebih panjang dengan langkah-langkah seperti berikut:

  1. Buka aplikasi Akulaku dengan akun yang sudah dibuat tadi. Pada halaman utama aplikasi, Anda akan melihat tulisan "Dapatkan limit kredit hingga ...." Tepat di sebelah kanan tulisan ini, ada tulisan "Ajukan Sekarang", klik tulisan ini dan ikuti langkah berikutnya.
  2. Sekarang Anda akan diminta untuk mengisi form pendaftaran yang terdiri dari nama lengkap Anda sesuai dengan yang tertera di e-KTP, nama orang tua Anda, kontak darurat (bisa nomor orang tua, saudara kandung, pasangan, atau teman), dan alamat tempat tinggal sesuai e-KTP.
  3. Selanjutnya akan muncul form bidang pekerjaan yang terdiri dari jenis pekerjaan, perusahaan tempat Anda bekerja, nominal gaji setiap bulan, dan lama waktu bekerja. Setelah mengisi form dengan lengkap dan benar, klik "Selanjutnya".
  4. Sekarang aplikasi akan meminta Anda untuk mengupload foto e-KTP serta foto selfie sambil memegang e-KTP. Caranya dengan klik ikon kamera lalu ambil foto. Setelah itu klik "Selanjutnya".
  5. Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat sederet angka acak yang harus Anda baca untuk memverifikasi suara. Klik tombol rekam dan bacalah angka-angka yang dimaksud, lalu klik "Submit". Jika tidak sengaja salah membaca angka, Anda bisa klik tombol "Rekam Ulang".
  6. Terakhir, Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi selesai, yang biasanya memakan 5-30 menit, tapi juga bisa lebih lama yaitu sekitar 2 hari kerja. Pihak Akulaku akan mengirimkan informasi kepada Anda via SMS tentang apakah pengajuan Anda disetujui atau tidak.

Jika pengajuan diterima, Anda bisa langsung menggunakan limit kredit yang ada untuk berbelanja barang apapun lewat aplikasi Akulaku. Cara berbelanjanya sendiri tidak jauh beda seperti saat Anda belanja online dengan Tokopedia atau Shopee, yaitu:

  1. Buka aplikasi dan tuliskan nama barang yang dicari di dalam kolom pencarian bagian atas halaman, lalu klik ikon “Kaca pembesar”.
  2. Jika sudah menemukan barang yang dimaksud, bisa langsung masukan barang ke dalam keranjang belanja dan lakukan proses pembayaran.

Back to Content ↑

Informasi Lainnya

  1. Sampai hari ini, limit kredit terbesar yang disediakan oleh Akulaku adalah Rp 25.000.000. Tapi untuk pengguna baru, limit yang akan Anda dapat tidak sebanyak ini ya. Biasanya limit akan bertambah secara bertahap jika Anda bisa melakukan pembayaran kredit tepat waktu (tidak ada tunggakan).
  2. Sedangkan untuk jangka waktu kreditnya adalah 3-12 bulan, dengan suku bunga 2,5% per bulan dan suku bunga tahunan maksimum 55,35%. Adapun tanggal pembayaran (jatuh tempo) adalah setiap tanggal 25.
  3. Jika Anda masih memiliki sisa limit kredit tapi tidak bisa dipakai, biasanya penyebab utamanya adalah adanya angsuran yang belum Anda bayar pada bulan tersebut.
  4. Jika Anda telat membayar hingga lebih dari 90 hari, maka menurut aturan OJK proses penagihan akan hangus, alias Anda tidak akan ditagih lagi. Tapi resikonya adalah, nama Anda akan di blacklist oleh Akulaku, jadi Anda tidak akan bisa lagi membeli barang atau meminjam uang dari Akulaku.

Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi ya jika ingin membeli barang mahal tapi tidak memiliki kartu kredit, karena Anda bisa langsung download dan gunakan Akulaku. Cara daftar Akulaku sangat mudah, bukan? Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah di atas secara berurutan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat untuk kita semua!