Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

5 Cara Cek Resi Akulaku

5 Cara Cek Resi Akulaku
Akulaku

5 Cara Cek Resi Akulaku

Apakah Anda baru saja membeli barang dari aplikasi Akulaku? Kira-kira barang tersebut sudah sampai mana ya? Apakah sudah dekat atau jangan-jangan malah belum dikirim? Tak perlu cemas seperti ini ya, karena Anda bisa dengan mudah mengetahui posisi barang dengan cara cek resi Akulaku seperti berikut.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Cara Daftar Akulaku dan Pengajuan Limit: Mudah dan Cepat!

5 Cara Cek Resi Akulaku

Belanja dari aplikasi Akulaku sebenarnya tidak jauh berbeda dengan belanja dari sejumlah e-commerce lain seperti Shopee atau Tokopedia, yaitu selalu ada nomor resi yang bisa digunakan untuk mengecek lokasi barang yang Anda beli.

Nomor resi sendiri adalah sederet kode yang terdiri dari kombinasi angka yang seolah terlihat acak yang dikeluarkan oleh jasa pengiriman saat Anda menggunakan jasa tersebut ketika membeli barang secara online atau mengirim barang secara offline ke tujuan tertentu.

Tergantung pada jasa pengiriman yang Anda pilih, nomor resi bisa langsung diberikan dalam beberapa detik atau beberapa menit setelah paket Anda diinput ke server kantor pengiriman tersebut. Singkatnya, nomor resi ini adalah identitas dari paket Anda.

Jadi nantinya, keberadaan paket bisa dicek secara online atau jika ada masalah dengan paket tersebut, misalnya hilang atau rusak, Anda bisa dengan mudah mengajukan komplain dengan memberikan identitas paket. Cara cek resi Akulaku sendiri sangat mudah, yaitu melalui sejumlah situs web seperti berikut:

Back to Content ↑

1. Gunakan Situs Cekresi.com

Akulaku telah bekerja sama dengan banyak jasa pengiriman Indonesia yang selanjutnya jasa pengiriman tersebut bekerja sama dengan situs web cekresi.com untuk melacak pesanan pelanggan.

Situs cekresi.com ini termasuk salah satu yang paling akurat untuk tracking barang secara online. Tiga langkah sederhana untuk mengecek resi di situs ini adalah:

  • Buka browser yang biasa Anda gunakan dari perangkat smartphone atau laptop, lalu ketik https://cekresi.com/.
  • Sekarang perhatikan bagian paling atas dari halaman situs web ini, Anda akan melihat 3 menu utama, yaitu "cek resi", "cek ongkir", dan "tanya paket". Pilih opsi "Cek Resi" dengan klik “Tanda panah ke bawah”, lalu pilih salah satu jasa pengiriman yang mengangkut paket Anda. (Contohnya klik "JNE Express").
  • Anda akan langsung melihat kolom resi JNE di bagian atas halaman. Masukkan nomor resi Anda ke kolom ini, lalu klik tombol "Cek Resi". Beberapa detik setelahnya, informasi tentang lokasi terkini beserta history lokasi dari paket Anda akan langsung ditampilkan di layar.

Back to Content ↑

2. Cek dari Situs aCommerce

Tak jauh beda dengan JNE Express, aCommerce juga merupakan salah satu jasa ekspedisi Indonesia yang sebenarnya cukup murah tapi namanya jarang terdengar.

Tapi jangan salah, aCommerce ini ternyata adalah sebuah perusahaan besar tak hanya ada di Indonesia melainkan juga ada di sejumlah negara lain seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan bahkan Thailand.

Diketahui bahwa saat ini total karyawan aCommerce di berbagai negara sudah lebih dari 1.100 orang. Sedangkan kantor aCommerce yang ada di dalam negeri berada di gedung Sahid Sudirman Center lantai 17A, yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman, No 86, Jakarta Pusat.

Nama lengkap dari perusahaan aCommerce Indonesia ini adalah PT aCommerce Solusi Lestari, yang hingga kini sudah menjalin kerjasama dengan banyak sekali brand dan marketplace ternama lainnya termasuk Akulaku, Cara cek resi Akulaku dari situs aCommerce adalah:

  • Setelah mendapatkan dan mencatat nomor resi paket, silahkan buka situs https://tracking.acommerce.asia/ dari browser laptop atau hape Anda.
  • Kemudian masukkan nomor resi ke kolom yang sudah disediakan dan klik tulisan “Track Order” yang ada di sebelah kolom tadi.
  • Setelah loading beberapa detik, situs akan segera menampilkan informasi lengkap mengenai paket Anda mulai dari lokasi saat ini, hingga history lokasi, hingga detail waktu (tanggal dan jam) ketika paket tiba di sejumlah lokasi tersebut.

Jika misalnya status pengiriman Anda di situs aCommerce tidak juga berubah setelah beberapa hari, maka tidak perlu khawatir atau panik ya. Hal ini biasanya disebabkan oleh pihak aCommerce yang mengoper paket Anda ke jasa ekspedisi lain yang bekerja sama dengannya.

Alasan dari pengoperan ini sendiri adalah kantor cabang aCommerce di Indonesia belum sebanyak kantor ekspedisi lainnya, misalnya JNE atau SiCepat. Karena belum ada banyak kantor cabang, ada beberapa kota di Indonesia yang belum bisa dijangkau oleh kurir aCommerce.

Jadi, jika misalnya Anda memilih jasa pengiriman aCommerce saat berbelanja di Akulaku tapi kurir yang membawa paket Anda ke rumah berseragam JNE atau SiCepat misal, Anda tidak perlu kebingungan atau heran ya

Ketika paket tersebut di oper, pihak aCommerce tidak mengetahui posisi terkini dari paket tersebut, sehingga status lokasi di situsnya menjadi tidak berubah.

Back to Content ↑

3. Cek dari Situs JNE

Selain aCommerce, Akulaku juga bekerja sama dengan jasa pengiriman JNE yang sudah sangat terkenal dan kantor cabangnya ada di berbagai kota / kabupaten Indonesia. Hal ini membuat pihak JNE tidak perlu mengoper paket seperti yang dilakukan oleh aCommerce.

Jika kebetulan Anda membeli barang dari Akulaku dengan memilih jasa pengiriman JNE Express, maka Anda bisa cek resinya langsung dari situs JNE dengan cara berikut:

  • Pertama buka dulu aplikasi Akulaku Anda dan catat nomor resi dari paket Anda dengan benar.
  • Kemudian buka browser dan masuklah ke situs web ini: https://www.jne.co.id/id/tracking/trace.
  • Pada kolom yang sudah disediakan, input nomor resi Anda dengan benar dan input kode captcha yang muncul di layar.
  • Lalu klik tombol "Search". Informasi detail mengenai paket Anda termasuk status pengiriman, alamat yang dituju dan history lokasi akan langsung muncul di layar.

Selain dari situs JNE, Anda juga bisa cek resi dari aplikasi JNE yang bisa Anda download gratis dari Play Store dan App Store. Cara mengeceknya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah di atas ya.

Back to Content ↑

4. Cek dari Aplikasi Akulaku

Selain menggunakan situs web pihak ketiga seperti penjelasan di atas, sebenarnya Anda juga bisa kok cek resi langsung dari aplikasi Akulaku sendiri, caranya adalah:

  • Buka aplikasi Akulaku dan pilih menu "Personal".
  • Pilih sub menu "Pesananku" dan klik barang yang baru saja Anda beli. Kemudian klik "Lacak".
  • Setelahnya, informasi mengenai status barang pesanan Anda akan langsung muncul di layar, apakah barang tersebut sedang di packing, baru saja masuk ke jasa pengiriman, mungkin sudah berada di kota tertentu, atau sudah dibawa oleh kurir dan akan segera diantarkan ke rumah Anda.

Back to Content ↑

5. Hubungi CS Akulaku

Jika cara cek resi Akulaku dengan aplikasi atau situs web pihak ketiga terlalu membingungkan untuk Anda misalnya, atau mungkin perangkat Anda sedang tidak bisa konek ke jaringan internet, maka Anda bisa langsung menghubungi customer support Akulaku di nomor 0811-1019-999.

Nomor ini menyediakan layanan bahasa Inggris dan Indonesia, dan jam kerjanya adalah pukul 9 pagi sampai 6 sore di hari Senin-Jum'at.

Back to Content ↑

Ada banyak cara cek resi Akulaku yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kondisi atau keinginan. Semuanya termasuk sangat mudah dan dengan proses yang kurang dari 3 menit jika koneksi internet Anda cukup stabil. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!