Skip to main content

Cara Daftar Shopee Paylater

Cara Daftar Shopee Paylater
Cara Daftar Shopee Paylater

Cara Daftar Shopee Paylater

Shopee adalah salah satu ecommerce yang memiliki paling banyak pengguna, khususnya di Indonesia sendiri. Shopee banyak digunakan karena hampir semua barang dapat Anda temukan dengan mudah disana dan berbagai fitur yang diberikannya, salah satunya Shopee Paylater. Untuk cara daftar Shopee Paylater pun cukup mudah dan cepat.

Dengan menggunakan Shopee Paylater, Anda bisa berbelanja dengan menggunakan limit yang telah disediakan dan melakukan pembayaran di kemudian hari. Tentunya dengan adanya fitur ini cukup membantu Anda agar lebih mudah dalam melakukan berbagai kegiatan. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mendaftar di Shopee Paylater.

TOC / Daftar Isi

Pengertian Shopee Paylater

Shopee Paylater sendiri adalah sebuah layanan pembayaran dari Shopee yang dapat digunakan oleh Anda sebagai pengguna untuk membayar sebuah bayar dengan metode cicilan sesuai dengan limit transaksi yang tersedia.

Shopee Paylater menawarkan program pembayaran cicilan dengan bunga yang cukup rendah setiap bulannya. Untuk besaran limit yang diberikan bagi setiap pengguna berbeda-beda, bahkan limit paylater Anda bisa bertambah sesuai dengan konsumsi dan pembayaran paylater tersebut.

Tentunya metode pembayaran paylater dari Shopee ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, jadi Anda tidak perlu khawatir. Untuk cara daftar Shopee Paylater, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Back to Content ↑

Persyaratan Mendaftar Shopee Paylater

Tidak semua pengguna Shopee bisa mendaftar layanan Paylater ini karena terdapat beberapa persyaratan yang harus terpenuhi oleh calon pendaftar nantinya. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus terpenuhi jika ingin mendaftar Shopee Paylater.

  1. Memiliki kartu identitas seperti KTP atau SIM.
  2. Calon pengguna Shopee Paylater harus WNI dan minimal berumur 17 tahun.
  3. Telah menggunakan akun Shopee minimal 3 bulan.
  4. Sudah mengaktifkan dan melakukan verifikasi Shopee Pay.
  5. Melakukan transaksi secara rutin menggunakan Shopee
  6. Aplikasi Shopee yang digunakan harus versi terbaru agar layanan Shopee Paylater telah tersedia.

Back to Content ↑

Cara Mendaftar Shopee Paylater

Setelah memastikan bahwa persyaratan yang ditentukan sudah terpenuhi, maka Anda bisa mendaftar Shopee Payltater. Untuk mendaftar Shopee Paylater cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama karena Anda bisa melakukannya langsung di aplikasi Shopee.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mendaftar Shopee Paylater.

  1. Langkah pertama yaitu dengan membuka aplikasi Shopee di smartphone Anda.
  2. Setelah itu Anda bisa pergi ke Menu Saya yang berada di bagian pojok kanan bawah aplikasi.
  3. Kemudian pilih opsi ShopeePaylater yang terdapat keterangan “Aktifkan Sekarang”.
  4. Nantinya Anda akan masuk ke halaman Shopee Paylater. Di halaman tersebut tap tombol “Aktifkan Sekarang” untuk mendapatkan limit pertama sebesar Rp750.000.
  5. Langkah selanjutnya adalah dengan mengirimkan kode verifikasi menggunakan SMS ke nomor yang telah terdaftar di Shopee. Jika sudah mendapatkan kode verifikasi, Anda dapat memasukkannya ke kolom yang telah tersedia lalu tap opsi “Lanjut”.
  6. Kemudian Anda bisa melakukan verifikasi KTP dengan mengunggah KTP dengan mengikuti frame yang telah tersedia. Tap tombol Konfirmasi jika sudah mengunggah foto KTP.
  7. Langkah selanjutnya Anda dapat mengisi beberapa informasi tambahan seperti nama Ibu kandung, penghasilan, dan lain sebagainya. Tap tombol Konfirmasi jika sudah mengisi semua informasi.
  8. Pada tahap selanjutnya Anda harus melakukan verifikasi wajah dengan mengupload foto selfie dengan menggunakan KTP. Pastikan bahwa wajah dan nomor KTP yang difoto terlihat cukup jelas agar mempermudah proses verifikasi.
  9. Kemudian Anda dapat menunggu proses verifikasi pengajuan Shopee Paylater. Untuk durasi verifikasi berbeda-beda setiap pengguna, maksimal 2 hari kerja.
  10. Jika proses verifikasi berhasil, maka Anda akan mendapatkan notifikasi jika Shopee Paylater sudah berhasil diaktifkan.
  11. Setelah Shopee Paylater aktif maka Anda dapat menggunakan limit yang diberikan untuk melakukan transaksi.

Back to Content ↑

Suku Bunga Shopee Paylater

Setelah melakukan transaksi menggunakan Shopee Paylater, pada pembayaran selanjutnya Anda akan dikenakan suku bunga sebesar 2.95% dari nominal transaksi yang dilakukan. Untuk jangka waktu cicilan Anda dapat memilih 2, 3, hingga 6 bulan.

Tidak hanya cicilan saja, suku bunga tersebut pun juga berlaku untuk metode “Beli Sekarang Bayar Nanti” yang akan dibayar lunas pada bulan berikutnya. Jika nantinya terjadi keterlambatan pembayaran dari jadwal jatuh tempo yang telah ditentukan, maka Anda akan dikenakan denda sebesar 5%.

Back to Content ↑

Kelebihan dan Kekurangan Shopee Paylater

1. Kelebihan Shopee Paylater

  • 1.1. Tidak Perlu Menggunakan Kartu Kredit

    Dengan menggunakan Shopee Paylater, Anda dapat melakukan transaksi dengan metode cicilan tanpa perlu memiliki kartu kredit.

    Tentunya dengan adanya Shopee Paylater ini, akan memberikan kemudahan bagi mereka yang tidak memiliki urusan yang cukup penting dan memiliki keterbatasan dana.

    Hampir semua kalangan juga dapat menggunakan fasilitas Shopee Paylater ini, berbeda dengan kartu kredit yang hanya dapat digunakan untuk golongan tertentu saja.

  • Back to Content ↑

  • 1.2. Proses Peminjaman yang Cukup Mudah

    Dapat dikatakan cukup mudah karena Shopee Paylater tidak meminta jaminan ketika Anda melakukan transaksi. Berbeda halnya dengan kartu kredit yang perlu memakan waktu yang lama dan harus ada jaminan terlebih dahulu.

    Untuk proses verifikasinya pun cukup cepat, hanya membutuhkan maksimal 2 hari kerja saja. Pengajuan Shopee Paylater pun tanpa perlu antrian, jadi cukup efektif digunakan bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang yang banyak.

  • Back to Content ↑

  • 1.3. Dapat Memilih Waktu pembayaran

    Kenyamanan lainnya yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Shopee Paylater adalah dapat memilih tanggal waktu pembayaran. Dari pihak Shopee sendiri memberikan 2 pilihan tanggal jatuh tempo, yaitu setiap tanggal 5 dan tanggal 11.

  • Back to Content ↑

2. Kekurangan Shopee Paylater

  • 2.1. Tidak Dapat Dicairkan

    Berbeda dengan beberapa layanan pinjaman online lainnya yang dapat dicairkan, pada Shopee Paylater Anda hanya dapat menggunakannya untuk transaksi di Shopee saja. tentunya cukup disayangkan terlebih jika limit yang diberikan oleh Shopee cukup besar.

    Tentunya Anda juga tidak dapat menggunakan Shopee Paylater untuk kebutuhan lain diluar transaksi melalui Shopee. Oleh karena itu, layanan ini tidak cocok untuk Anda yang sedang memerlukan uang tunai.

  • Back to Content ↑

  • 2.2. Terbatas Hanya di Shopee Saja

    Karena memang adalah layanan dari Shopee, oleh karena itu Shopee Paylater hanya dapat digunakan untuk transaksi melalui Shopee saja.

    Tentunya hal ini menyebabkan Anda tidak bisa menggunakan fasilitas Shopee Paylater jika ingin membeli di e-commerce lainnya. Berbeda halnya dengan kartu kredit yang dapat digunakan hampir di semua layanan ecommerce.

  • Back to Content ↑

  • 2.3. Denda Keterlambatan yang Cukup Tinggi

    Walaupun bunga Shopee Paylater hanya 1% saja, namun untuk bunga denda keterlambatan pembayarannya cukup besar, yaitu 5%. Hal ini tentunya cukup memberatkan terlebih bagi beberapa kalangan.

    Memang hampir semua penyedia kredit menetapkan bunga yang cukup tinggi untuk denda keterlambatan yang bertujuan supaya penggunanya melakukan pembayaran tepat waktu.

  • Back to Content ↑

Cara daftar Shopee Paylater sangatlah mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Waktu verifikasinya pun cukup cepat, maksimal 2 hari kerja. Shopee Paylater tentunya sangat berguna bagi Anda terlebih jika terdapat keperluan mendesak dan sedang memiliki keterbatasan dana. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!