Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Snapchat Kenalkan Spotlight Mirip TikTok, Sudah Coba?

Snapchat Kenalkan Spotlight Mirip TikTok, Sudah Coba?
Snapchat

Snapchat Kenalkan Spotlight Mirip TikTok, Sudah Coba?

Beberapa platform media sosial seperti Instagram, Pinterest, LinkID, Twitter dan Facebook menjiplak fitur Snapchat yaitu menambahkan adanya fitur stories, postingan yang menghilang dalam waktu 24 jam. Fitur tersebut ternyata dibuat Snapchat pada 2013. Kini saatnya Snapchat perkenalkan Spotlight yang fiturnya mirip TikTok agar menarik perhatian pengguna medsos saat ini.

Ternyata filter yang kini sangat populer di media sosial Facebook dan Instagram berupa Augmented Reality awalnya dimiliki oleh Snapchat yang digunakan pengguna melapisi wajah dengan mahkota, bunga, dan efek lainnya yang terkesan menarik.

Facebook dan Instagram juga mengikuti Snapchat dalam memperkenalkan filter Augmented Reality yang menggabungkan dunia nyata dan virtual. Fitur ini pertama kali diperkenalkan Snapchat yang memungkinkan pengguna melapisi wajah mereka dengan mahkota digital, telinga binatang, dan modifikasi menyenangkan lainnya.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Mengenal Fitur Terbaru Instagram Reels yang Siap Saingi TikTok

Fitur Terbaru Snapchat Munculkan Spotlight

Yuk ketahui fitur terbaru Snapchat yang disebut Spotlight sebagai pesaing TikTok dengan tampilan video pendek yang populer, berikut penjelasannya.

Back to Content ↑

1. Fitur Video Pendek, Mirip TikTok

Bagi Anda pecinta video TikTok tentunya tidak asing dengan berapa unggahan video berdurasi pendek yang populer dengan berbagai tema. Platform Snapchat mendeskripsikan bahwa Spotlight memunculkannya sebagai fitur hiburan baru untuk konten buatan pengguna dalam Snapchat.

Back to Content ↑

2. Tampilan “For You Page”

Berikutnya, tampilan Spotlight pada platform Snapchat hampir mirip seperti menu page di TikTok yang menyediakan tab khusus. Di menu tersebut tersedia video-video pendek dengan durasi maksimal 60 detik. Fitur ini mempunyai kegunaan untuk mengatur konten sesuai minat penggunanya.

Hampir sama dengan TikTok, melalui menu Spotlight Snapchat, para pengguna juga bisa melihat konten-konten dari influencer meskipun hanya memiliki sedikit pengikut saja.

Back to Content ↑

3. Fitur Mirip TikTok

Hampir sama dengan TikTok, Spotlight Snapchat juga memberikan fitur kepada penggunanya untuk membuat lalu mengunggah video. Selain itu, terdapat juga fitur untuk menambahkan teks, menambahkan efek khusus, dan menambahkan musik atau suara asli.

Meski, dikenal sebagai tiruan platform TikTok tetapi ternyata Snapchat bukan satu-satunya aplikasinya yang mengambil inspirasi dari TikTok loh. Dikenal sebagai platform yang popularitasnya meledak tahun ini, media sosial Instagram dan YouTube juga sudah mencoba menambahkan fitur video pendek baru.

Meski fitur tersebut terlihat baru di Snapchat, tetapi ternyata kita sudah sering menjumpainya di media sosial lain seperti Instagram dan YouTube yang dikenal sangat populer oleh pengguna medsos jaman sekarang.

Back to Content ↑

4. Fitur Memperhitungkan Waktu

Ketahuilah pengguna Snapchat tidak perlu membuat akun baru untuk menggunakan fitur Spotlight. Platform satu ini tentunya melakukan moderasi setiap Snap menjadi Spotlight dengan beberapa sistem otomatisnya.

Salah satu fitur otomatis yang menjadi andalannya yaitu adanya algoritma Spotlight yang memperhitungkan jumlah waktu yang dihabiskan untuk menonton video pendek tersebut.

Back to Content ↑

5. Fitur Suka

Selanjutnya, pada fitur terbaru Spotlight juga terdapat fitur menu disukai dan dibagikan kepada teman. Selain itu, terdapat pula faktor negatif seseorang yang melewatkan video Anda sesuai dengan etos Snapchat sehingga tidak menampilkan adanya komentar publik yang bisa diketahui orang lain pada menu Spotlight Snaps.

Back to Content ↑

6. Hadiah Akhir Tahun

Platform Snapchat memberikan motivasi kepada pembuat konten atau setiap penggunanya yang mengirimkan konten Snap mereka. Ada sejumlah uang yang ditawarkan USD $ 1 juta yang berkisar antara Rp 14,2 miliar.

Dibagikan kepada penggunanya yang membuat konten video populer setiap harinya. Pihak platform memberikan hadiah akan tersedia setidaknya hingga akhir tahun 2020 untuk pengguna yang sudah berusia 16 tahun dan memenuhi syarat.

Tujuannya penghargaan tersebut membuat pengguna semangat mengasah kreativitas menciptakan video unik dan menarik yang di post di platform Snapchat saja, bukan media lainnya.

Back to Content ↑

7. Tersedia di 11 Negara

Fitur Snapchat yang memiliki menu terbaru Spotlight sudah tersedia di 11 negara yaitu AS, Australia, Kanada, Inggris, dan akan meluas ke berbagai tempat lainnya. Spotlight Snapchat juga mengandalkan algoritma dengan tujuan konten-konten ditampilkan sesuai dengan hobi, aktivitas, dan minat pengguna.

Perbedaannya konten yang diunggah ke Spotlight tidak bisa diberi komentar seperti video pendek yang diupload di TikTok. Meskipun terkesan seperti kekurangan yang dimilikinya tetapi tentu fitur unggulan dari filter dan efek yang dimilikinya tetap disukai sebagian penggunanya.

Meski tidak bisa dikomentari, tetapi Anda bisa membuat video pendek sebagus mungkin agar dapat dibagikan kepada pengguna lainnya.

Back to Content ↑

8. Menu Forward Konten

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa platform Snapchat memiliki fitur menu Forward konten sehingga bisa mengirim atau membagikan video yang dianggap menarik kepada pengguna lain.

Semakin banyak pengguna yang melakukan share atau forward maka video yang Anda buat akan dinilai semakin bagus sehingga bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah akhir tahun.

Tetapi, sebaiknya saat membuat video utamakan untuk hiburan saja agar tidak terlalu membebani.

Back to Content ↑

Cara Menggunakan Fitur Spotlight, Snapchat

Ingin menggunakan fitur terbaru Snapchat berupa video pendek di menu Spotlight? Yuk, ketahui langkah-langkahnya di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Buka Aplikasi Snapchat

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan fitur Spotlight di platform Snapchat yaitu download aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Adapun cara menggunakannya, pengguna bisa langsung membuka aplikasi Snapchat lalu klik rekam video, tahan tombolnya untuk membuat snap seperti biasanya.

Back to Content ↑

2. Tambahkan Efek

Agar video yang dibuat terlihat makin menarik dan unik dilihat oleh pengguna lain maka pastikan video Anda berdurasi pendek tersebut kalian bisa langsung edit dengan menambahkan efek, stiker, dan musik.

Disini hal pertama yang harus ditekankan agar Anda dapat membuat video yang sebagus mungkin dari sentuhan efek dan musik sesuai dengan pilihanmu.

Back to Content ↑

2.3. Klik Tombol Send

Selanjutnya, langkah yang dapat dilakukan untuk membuat video pendek di Spotlight yaitu klik tombol Send kemudian pilih menu Spotlight. Setelah itu, video pendek dapat diunggah ke fitur Spotlight yang bisa diakses pada tab baru.

Posisi tab baru ada di menu sebelah kanan discover lalu videonya diunggah ke fitur Spotlight yang dapat digunakan oleh seluruh pengguna Snapchat.

Back to Content ↑

4. Gunakan Tab Stories

Apabila Anda hanya ingin memamerkan video ke kalangan terbatas atau orang tertentu maka bisa menggunakan tab stories secara private lalu share ke teman-teman terbatas. Tetapi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fitur terbaru Snapchat ini belum ada di Indonesia sehingga penggunanya hanya dari negara tertentu.

Hanya sejumlah negara di Eropa seperti Amerika Serikat, Australia, New Zealand, dan Kanada yang bisa menggunakannya.

Program reward yang digunakan itu berlangsung sampai akhir tahun 2020 yang kemungkinan masih akan terus berlanjut. Hal itu dilakukan Snapchat untuk membuat pengguna makin rajin upload video pendek yang menarik lewat fitur Spotlight sehingga semakin banyak orang yang mengenali fitur tersebut.

Back to Content ↑

Itulah seputar ulasan beberapa fitur dan cara menggunakan Spotlight pada aplikasi Snapchat yang kini sudah cukup banyak penggunanya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!