Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Mengenal Fitur Terbaru Instagram Reels yang Siap Saingi TikTok

Mengenal Fitur Terbaru Instagram Reels yang Siap Saingi TikTok
Mengenal Fitur Terbaru Instagram Reels yang Siap Saingi TikTok

Mengenal Fitur Terbaru Instagram Reels yang Siap Saingi TikTok

Melakukan pengamatan, meniru lalu memodifikasi pada dasarnya memang bisa diterapkan dimana saja. Termasuk juga pada berbagai macam bisnis. Jadi yang pertama mungkin sama belum tentu jadi terbaik, sehingga metode yang dirasa jauh lebih efektif dan inovatif akan jauh lebih dipilih.

Misalnya saja teknologi wireless charging, serta kemunculan aplikasi media sosial Snapchat. Keduanya kini makin meredup karena banyak pengguna yang beralih ke Instagram Stories. Berkaca dari hal ini pihak Facebook selaku pemilik aplikasi dari media sosial Instagram tidak mau berdiam diri. Melihat kesuksesan dari aplikasi Tiktok kini Instagram mulai menghadirkan Instagram Reels.

Fitur tersebut merupakan fitur terbaru di dalam platform Instagram yang mana tampilan serta cara kerjanya mirip dengan aplikasi populer saat ini yaitu TikTok. Meskipun terlihat sama jika dilihat secara keseluruhan, namun keduanya tetap ada perbedaannya ya. Lalu seperti apa fitur baru dan cara menggunakannya? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Sejarah Singkat Aplikasi TikTok dan Kelebihannya

Apa Itu Reels pada Instagram

Seperti penjelasan di atas Reels merupakan fitur video paling baru yang berasal dari aplikasi Instagram dan sudah hadir pada 50 negara. Tahun lalu Reels mulai diujicobakan pada negara Brazil dan untuk saat ini sudah secara resmi ‘dibuka’ di beberapa negara. Secara otomatis lama-kelamaan hampir semua negara yang ada di dunia akan merasakan fitur ini.

Sama halnya dengan aplikasi TikTok, di mana para pengguna Instagram dapat merekam sekaligus mengedit video dengan durasi 15 detik. Anda pun tentunya dapat menambahkan lagu, memberikan efek, serta membagikan video tersebut di Story, laman explore, serta tab Reels baru pada profil pengguna.

Salah satu informasi penting adalah Instagram Reels memiliki versi sendiri yang memiliki nama For You Page: Feed Explore Reels. Anda pun dapat menemukan beberapa feed khusus Reels pada halaman explore. Nantinya Anda akan dengan mudah melihat video reels yang saat ini sedang populer dan trending.

Back to Content ↑

Fitur-Fitur dan Apa yang Ada di Dalamnya

Anda sebagai pengguna nantinya bisa menilai sendiri apakah cara kerja dari Instagram Reels sama atau tidak dengan TikTok melalui fitur yang tersedia. Fitur satu ini tentunya akan ada secara langsung pada aplikasi sosial media Instagram. Tidak sama dengan IG TV yang dibuat terpisah.

Sebagai gambaran sederhana, cara kerja untuk memulai fitur terbaru ini yakni seperti halnya sedang akan membuat Stories di Instagram. Anda hanya perlu menggeser pada menu kamera, lalu pilih opsi Reels. Tunggu beberapa waktu maka akan muncul pada bagian slider bawah. Bukan hanya itu saja, ada beberapa efek maupun fitur tambahan yang bisa Anda pakai, berikut beberapa di antaranya:

Back to Content ↑

1. Audio

Efek audio dapat digunakan untuk menambahkan lagu yang terdapat di daftar library musik sosial media Instagram. Sama halnya dengan aplikasi TikTok, apabila Anda akan mengunggah suara sendiri, maka audio tersebut nantinya bakal dilisensikan sesuai pengunggah. Dengan begitu nantinya bisa digunakan orang lain.

Back to Content ↑

2. AR Effects

Hampir sama dengan efek yang bisa ditemukan pada aplikasi Instagram Stories. Baik itu berasal dari Instagram atau efek kreatif para kreator, fitur AR Effects bisa dimanfaatkan Anda saat membuat klip-klip menarik.

Back to Content ↑

3. Timer and Countdown

Efek Timer and Countdown pada Instagram Reels akan mempermudah Anda dalam pembuatan klip ketika merekam video. Nantinya akan ada jeda waktu selama tiga detik sebelum perekaman serta durasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Back to Content ↑

Cara Menggunakannya

Instagram Reels akan membantu Anda dan user lainnya membuat sekaligus mengunggah video pendek. Sebelum video pendek di unggah Anda pun bisa melakukan editing menambah suara. Instagram kini juga menawarkan set sebagai peralatan edit yang sudah dijelaskan sebelumnya. Cara menggunakan reels bisa dibilang cukup mudah, berikut penjelasannya:

  • Buka kamera pada Instagram
  • Pilih Reels yang ada di bawah scroll bar
  • Pilih berbagai macam peralatan edit pada sebelah kiri bagian layar
  • Gunakan tombol perekam ketika hendak membuat klip. Anda pun bisa melihat video tersebut sudah berlangsung berapa lama, kok
  • Edit atau juga tekan opsi tombol panah jika ingin langsung mengunggahnya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk menggunakan Instagram reels. Namun ada hal yang jadi catatan yakni kamu perlu menulis sebuah caption, lalu dukung juga dengan cover serta hastag.

Back to Content ↑

Reels Bisa Digunakan untuk Mendongkrak Bisnis

Selain bisa digunakan untuk keperluan pribadi, Reels pada Instagram juga bisa Anda manfaatkan untuk bisnis. Anda pun bisa menggunakan semua fitur yang ada di Instagram dengan maksimal dalam marketing sosial media.

Sama halnya dengan tiktok Reels juga bisa jadi cara terbaru dalam menumbuhkan komunitas serta menambah reach audiens pada Instagram. Meskipun masih sangat baru, Instagram menyediakan banyak fitur terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh kreator konten dalam mengembangkan bisnis.

Bahkan, beberapa kreator konten yang ada di negara lain yang mana sudah bisa memakai fitur Instagram Reels menyebutkan bahwa engagement dari akunnya meningkat sejak itu.

Sembari Anda menunggu Reels hadir pads Indonesia, ya, maka tidak ada salahnya juga untuk menyiapkan berbagai macam konten dulu. Coba rancang dulu bentuk konten yang pas di target penonton Anda. Jika sudah buatlah konten informatif serta edukatif. Pamerkan pula barang jualan Anda, sebab orang zaman sekarang semakin sering belanja online. Jika sudah siap dari sekarang, Anda pun akan lebih bisa mendahului para pesaing! Selangkah akan lebih maju.

Back to Content ↑

Alasan Instagram Ciptakan Reels

Instagram Reels seperti akan jadi jawaban dari popularitas TikTok merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh di kuartal 1 2020. Demografi TikTok saat ini bukan hanya digemari oleh Gen Z saja, namun juga merambah pada usia lainnya. Sebab ada banyak perusahaan juga yang membuat akun TikTok untuk beriklan.

Jadi rasanya sudah tidak kaget lagi apabila Instagram memang ingin mereplika fitur paling populer pada tiktok. Terlebih lagi Instagram memiliki pengguna yang jauh lebih banyak. Hal ini juga bukan kali pertama Perusahaan induk dari Instagram yakni Facebook membuat fitur alternatif mirip tiktok.

Dulunya ada Lasso, yakni replika TikTok dan pada akhirnya gagal. Reels mempunyai potensi yang jauh lebih besar. Pasalnya Reels ada di dalam Instagram jadi nanti para pengguna tidak perlu lagi menambah aplikasi.

Ditambah lagi dengan kehadiran IGTV yang mana sudah tersedia sebagai fitur video lebih panjang pada Instagram. Saat ini Reels benar-benar bisa jadi alternatif dari video pendek yang mana nantinya tidak akan hilang di waktu 24 jam. Dengan begitu, Instagram bisa dikatakan memiliki semuanya. Paket lengkap ya!

Back to Content ↑

Di atas tadi adalah beberapa penjelasan mengenai Instagram Reels yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten seperti tiktok. Selain untuk keperluan pribadi fitur satu ini juga bisa digunakan sebagai sarana promosi dalam bisnis. Sekian, Terima Kasih dan Semoga bermanfaat.