Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

9 Fitur Baru yang Berguna di WhatsApp

9 Fitur Baru yang Berguna di WhatsApp
Whatsapp

9 Fitur Baru yang Berguna di WhatsApp

Sebagai aplikasi penyedia layanan pesan instan terpopuler di dunia sekarang ini terdapat 5 fitur baru yang berguna di WhatsApp sebagai bentuk pembaharuan agar lebih memberikan kenyamanan saat digunakan dengan beberapa fungsi menarik yang ditambahkan.

Beberapa fitur dengan fungsi menariknya ditambahkan dengan rangkaian yang memudahkan penggunanya melakukan chatting, call dan video call. Selain itu, salah satu rangkaian fitur terbarunya yaitu adanya fungsi menarik yang mengatur pesan bisa menghilang sendiri dengan manajemen storage, sehingga dapat menghemat pemakaian memori ponsel.

Kelima fitur terbarunya dapat dinikmati oleh seluruh pengguna WhatsApp di Indonesia, Anda tinggal melakukan pembaruan pada menu Play Store. Tentunya, semua fitur barunya berguna digunakan oleh semua penggunanya.

TOC / Daftar Isi

9 Fitur Terbaru yang Berguna di WhatsApp

Apa saja fitur baru yang berguna digunakan di WhatsApp? Yuk, kenali beberapa fiturnya dalam ulasan di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Always Mute

Kini WhatsApp memiliki fitur terbaru Always Mute yang recomended digunakan oleh Anda yang sering terganggu dengan adanya notifikasi dari orang lain atau grup yang ramai. Nah, fitur tersebut tentunya sangat membantu bukan? Sesuai namanya fitur ini mempunyai fungsi untuk membungkam (mute) notifikasi percakapan grup atau pribadi selamanya.

Sebelumnya, fitur ini memang sudah ada tetapi pengguna WhatsApp hanya bisa mematikan notifikasi grup atau percakapan pribadi paling lama hanya dalam waktu satu tahun saja. Sekarang ini, pengguna bisa mematikan pemberitahuan dalam waktu selama-lamanya sehingga tidak akan merasa terganggu lagi.

Cara menggunakan fitur Always Mute yaitu pertama-tama Anda buka menu WhatsApp lalu tekan tombol Hold percakapan grup atau chat pribadi yang ingin dimatikan notifikasinya sampai muncul tanda centang lalu klik icon yang menyerupai speaker di bagian kanan atas kemudian pilih opsi “Always”, Setelah itu klik OK.

Back to Content ↑

2. Advanced Search

Sekarang WhatsApp juga memiliki fitur terbaru berupa Advanced Search, tentu saja aplikasi ini sebelumnya juga sudah memiliki fitur search. Perbedaan dengan fitur sebelumnya, yaitu Advanced Search dapat memudahkan kita mencari pesan di WhatsApp secara spesifik berdasarkan jenisnya.

Fitur pencarian ini dikenal lebih canggih dari fitur search sebelumnya yang dimaksudkan untuk mempermudah pengguna yang ingin mencari file berupa video, audio, foto, link, stiker GIF, dan dokumen yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp, sehingga kita tidak perlu mencarinya melalui file manager.

Nah, cara menggunakan fitur search advance yaitu pengguna mengklik icon Search di sebelah kanan atas tampilan utama menu WhatsApp yang berbentuk seperti kaca pembesar. Setelah itu, WhatsApp akan menampilkan kategori file yang akan dicari misalnya foto, video, tautan, dokumen, dan GIF, Ketikan kata kunci yang berkaitan untuk mempermudah pencarian.

Back to Content ↑

3. Storage Management

Terdapat pula Storage Management sebagai fitur terbaru unggulan WhatsApp yang membantu pengguna menghemat penyimpanan. Berbagai kiriman file seperti foto dan video dapat membuat ukuran kapasitas aplikasi WA menjadi membengkak sehingga menyita memori ponsel Android.

Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membebaskan ruang dengan menghapus beberapa file yang berukuran besar. Nah, hal tersebut biasanya dilakukan secara manual lewat file manager di ponsel. Dengan adanya fitur Storage Management dapat membantu menghapus file besar dengan mudah melalui cari sortir file secara otomatis.

Dengan begitu, pengguna dapat melihat file mana saja yang ukurannya paling besar dan bisa menghapusnya sekaligus, apabila sudah tidak terpakai sehingga pemakaiannya jadi lebih hemat.

Cara menggunakan fitur Storage Management yaitu buka menu setting WhatsApp klik menu “Storage and data” dan Manage Store, klik "Forwarded many times", dan terakhir "Larger than 5 MB".

Back to Content ↑

4. Disappearing Messages

Terdapat pula fitur terbaru WhatsApp yang bisa digunakan untuk menghapus pesan lama dengan otomatis setelah jangka waktu tujuh hari, terhitung dari saat pesan tersebut dikirim. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa buka kontak lawan pengguna yang sering chatting lalu buka info pribadi kontak tersebut kemudian scroll ke bawah.

Di menu bawah terdapat fitur “pesan sementara yang ditandai dengan icon serupa jam yang letaknya diantara fitur enkripsi dan pesan berbintang. Setelah itu, klik "Disappearing message", pilih opsi "On".

Apabila fitur tersebut sudah ON maka akan muncul pemberitahuan yang menginformasikan bahwa fitur tersebut sudah aktif yang akan menghapus pesan setelah tujuh hari secara otomatis.

Back to Content ↑

5. Search the Web

Fitur terbaru WhatsApp selanjutnya yaitu Search the Web yang akan memudahkan pengguna untuk memeriksa kebenaran pesan yang telah diteruskan berkali-kali dari mesin pencarian Google. Ketahuilah fitur ini diluncurkan untuk membantu memerangi penyebaran konten hoaks di platform WhatsApp.

Fitur ini akan muncul di bagian pesan yang telah di-forward berkali-kali, sehingga pesan sudah ditandai dengan informasi "forwarded" yang disertai dengan "dua tanda panah". Jika, Anda menemukan pesan tersebut maka pengguna akan menjumpai sebuah icon berbentuk kaca pembesar, di bagian pojok kanan chat bubble pesan yang berkali-kali diteruskan.

Apabila icon tersebut di klik, pengguna akan langsung menuju laman situs pencarian web yang secara otomatis mencari kebenaran informasi sesuai dengan kata kunci yang terdapat dalam pesan forward tersebut.

Back to Content ↑

6. Mode Gelap

Mode gelap juga menjadi fitur baru yang berguna di WhatsApp yang paling banyak diminta oleh penggunanya. Nah, fitur ini telah dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di saat mata mengalami cahaya yang sangat cerah. Oleh karena itu, ubahlah ke mode gelap agar lebih membuat mata Anda nyaman saat membuka aplikasi chatting WhatsApp.

Fitur ini dapat dirasakan oleh pengguna Android 10 dan iOS 13 dapat menggunakan mode gelap dengan mengaktifkannya di pengaturan sistem. Cara menggunakannya yaitu klik Setelan WhatsApp pilih Chat klik Tema lalu pilih "Gelap".

Back to Content ↑

7. Panggilan Video Grup dan Suara Hingga 8 Peserta

WhatsApp merilis fitur terbaru yang memungkinkan panggilan video grup dan suara hingga 8 peserta, sebelumnya kita hanya bisa melakukan panggilan dengan jumlah 5 orang saja.

Nah, untuk dapat mengakses batas peserta yang lebih tinggi di panggilan WhatsApp, semua peserta dalam panggilan harus memperbarui ke WhatsApp versi terbaru yang tersedia pada App Store iPhone atau Play Store Android.

Back to Content ↑

8. Fitur Pembayaran WhatsApp

WhatsApp juga sudah merilis fitur pembayaran digital yang memungkinkan pengguna dapat mengirim uang dengan aman saat melakukan pembelian dari bisnis lokal tanpa perlu keluar dari chat akun bisnis tersebut.

Tetapi, ketahuilah fitur yang diperkenalkan tersebut belum tersedia di Indonesia, baru tersedia bagi pengguna Brasil. Aplikasi WhatsApp mengatakan fitur pembayaran digital akan dilepas secara bertahap ke beberapa pengguna di berbagai negara.

Back to Content ↑

9. Pesan Sementara

Sejak 5 November 2020, fitur pesan sementara memungkinkan pesan baru yang dikirim ke chat akan bisa menghilang dalam jangka waktu tertentu. Fitur tersebut cukup membantu para pengguna untuk membuat percakapan terasa lebih bersifat pribadi.

Setiap pengguna dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara, sedangkan dalam grup, hanya Admin yang dapat menyalakan dan mematikan fitur pesan sementara.

Back to Content ↑

Itulah fitur baru yang berguna di WhatsApp di tahun 2020, semua fiturnya memudahkan para pengguna melakukan komunikasi dengan mudah. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!