Skip to main content

Cara Membuat Profil Bisnis, Konten, dan Iklan Instagram Shopping dengan Mudah

Cara Membuat Profil Bisnis, Konten, dan Iklan Instagram Shopping  dengan Mudah
Cara Membuat Profil Bisnis, Konten, dan Iklan Instagram Shopping dengan Mudah

Cara Membuat Profil Bisnis, Konten, dan Iklan Instagram Shopping dengan Mudah

Sekarang ini sebagian besar orang lebih tertarik untuk melakukan belanja online melalui platform e-commerce seperti Instagram. Tak perlu khawatir, cara membuat profil bisnis, konten, dan iklan Instagram Shopping yang mudah dan menarik sebagai salah satu langkah untuk menembus cara promosi yang baik. Dengan demikian para pengguna dapat memasarkan produknya dengan jangkauan lebih luas.

Media sosial yang sudah populer ini sudah menyediakan fitur shopping, sehingga memudahkan para penggunanya yang ingin menunjukan produk bisnis melalui fitur terbaru, yang ingin menunjukan produk bisnisnya melalui postingan, instastory, dan menu cari atau jelajah. Para pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk menjalin interaksi kembali dengan menemukan cara pembelanjaan baru.

Menu shopping di Instagram menyiapkan panduan untuk membuat profil bisnis secara gratis, untuk mengoptimalkan konten dengan meningkatkan kualitas materi iklan dengan produk yang ditawarkan, agar lebih optimal dalam menyampaikan kualitas materi iklan produk, sehingga pengguna yang melihatnya dapat merasa lebih tertarik saat mengetahui iklannya.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Shopping, Fitur Terbaru Instagram Support Transformasi Digital UMKM

Cara Membuat Akun IG Shopping dengan Cepat dan Mudah

Ketahui langkah-langkah membuat akun IG shopping dengan cepat dan mudah agar dapat mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas, berikut penjelasannya.

Back to Content ↑

1. Unduh dan Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuat profil bisnis yaitu, unduh terlebih dahulu aplikasi Instagram di smartphone Anda melalui iOS, Android, ataupun Windows Phone.

Setelah berhasil di download maka Anda bisa buka aplikasinya untuk mengatur profil Anda menjadi akun bisnis, agar dapat melakukan promosi produk dengan jangkauan yang lebih luas.

Pastikan, Anda sudah menyiapkan nama bisnis, produk yang ditawarkan, dan jangkauan pasaran kita sebagai salah satu strategi untuk menjalankan bisnis online.

Back to Content ↑

2. Klik Daftar

Jika aplikasinya sudah berhasil di-download maka selanjutnya Anda klik daftar dengan memasukan nama email atau nomor ponsel kemudian lanjutkan klik daftar. Tetapi, apabila Anda sudah memiliki akun Facebook maka bisa masuk ke Instagram menggunakan akun Facebook.

Keuntungannya profil bisnis Instagram akan langsung terhubung ke Facebook sehingga jangkau pasaran Anda menjadi lebih luas.

Back to Content ↑

3. Buka Menu Pengaturan

Mulailah membuat profil bisnis dengan menyiapkan akun bisnis gratis melalui menu pengaturan kemudian gulirkan klik beralih ke akun bisnis. Apabila akun bisnis sudah aktif maka pengguna dapat menambahkan informasi yang terkait dengan informasi bisnis mulai dari alamat, email, nomor telepon bisnis.

Back to Content ↑

4. Buat Kiriman dan Ikuti Pengguna

Setelah berhasil menambahkan akun pribadi maka pengguna akun bisnis disarankan untuk membuat kiriman yang menarik, agar ditampilkan di kabar pengguna Instagram Shopping menggunakan tagar yang relevan, sehingga memudahkan pengguna yang ingin sedang mencari produk yang ditawarkan.

Selain itu, untuk menambahkan jangkauan promosi Anda semakin luas, sebaiknya lakukan penambahan jumlah followers yang dapat dilakukan dengan menambahkan pengguna.

Semakin banyak pengguna yang diikuti maka akan semakin luas pula pasaran promosi produk yang Anda lakukan.

Back to Content ↑

5. Hubungkan ke Akun Facebook

Seperti yang sudah disarankan sebelumnya pengguna akun bisnis Instagram disarankan untuk menghubungkan akunnya ke facebook. Dengan demikian maka akan bisnis Anda menjadi lebih profesional.

Atau Anda juga bisa menghubungkannya ke akun profesional di halaman Facebook yang berkaitan dengan bisnis pengguna. Nah, langkah ini sangatlah memudahkan pengguna untuk memperluas jangkauan promosi. Caranya, pengguna bisa menambahkan informasi mendetail sebagai kategori bisnis, informasi kontak, dan klik selesai.

Dengan menggunakan akun bisnis tersebut maka pengguna dapat memperoleh metrik secara realtime mengenai kinerja cerita dan kiriman pengguna, yang dipromosikan sepanjang hari, sehingga dapat memperoleh wawasan dari cara mereka berinteraksi menggunakan kiriman dan cerita pengguna.

Back to Content ↑

Cara Membuat Konten Bisnis di Instagram yang Menarik

Agar para pengguna Instagram lebih tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh akun bisnis Anda, sebaiknya memang mengetahui cara membuat konten bisnis di Instagram dengan tepat dan menarik, berikut ini langkah-langkah membuatnya.

Back to Content ↑

1. Tentukan Tampilan dan Nuansa Postingan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membuat konten bisnis di Instagram adalah, memulai untuk menentukan tampilan dan nuansa yang sesuai dengan tema produk yang ditawarkan sehingga terlihat menyatu.

Selain itu, sebaiknya Anda juga menentukan tampilan dan nuansa yang terpadu untuk akun bisnis Anda. Pastikan juga para pengguna untuk membuat kiriman secara konsisten agar meningkatkan kepercayaan dari para calon konsumen.

Back to Content ↑

2. Perhatikan Nuansa Logo, Warna, dan Produk

Agar membedakan dengan akun bisnis yang lainnya sebaiknya Anda memperhatikan nuansa logo, warna, dan produk agar iklan yang dibuat di akun Instagram Anda menjadi lebih keren dan bagus. Menurut pandangan visual yang bagus, sebaiknya para penggunanya menyertakan logo, warna, dan gambar produk yang menarik,

Desainlah sebagus mungkin agar hasilnya terlihat lebih senada dan menarik dibandingkan dengan akun bisnis yang lainnya.

Back to Content ↑

3. Buat Foto dan Video Iklan yang Berkualitas

Saat Anda membuat profil bisnis sangat disarankan untuk mengupload foto dan video iklan yang berkualitas. Nah, ambillah foto yang berkualitas dengan ponsel menggunakan pencahayaan yang bagus agar hasil gambarnya bagus dan berkualitas.

Agar Instagram bisnis Anda menjadi lebih berkembang sebaiknya tambahkan dengan membuat postingan melalui aplikasi seperti Layout dan Boomerang.

Gunakanlah iklan karosel untuk membuat postingan yang lebih menarik dengan beberapa foto dalam satu iklan, sehingga memberikan kesan kreativitas dengan susunan iklan yang bagus dan keren, untuk menarik perhatian para pengguna Instagram.

Back to Content ↑

Cara Mengoptimalkan Konten Bisnis di Instagram

Setelah Anda selesai membuat postingan yang menarik di akun Instagram bisnis, maka selanjutnya optimalkan konten bisnis dengan cara di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Membuat Konten yang Bisa Ditindaklanjuti

Buatlahlah konten yang dapat ditindaklanjuti menggunakan touchpoint yang tersedia di Story, beranda, dan profil sehingga dapat membangun perilaku belanja yang menggunakan CTA dengan jelas, seperti Perricone MD untuk memberi informasi kepada pengguna cara membeli produk di Instagram yang berhubungan dengan fitur belanja.

Atau Anda juga bisa memperbarui bio profil untuk memberitahu pengguna cara berbelanja di konten dengan cepat, sebagai salah satu cara meningkatkan kepercayaan dari para calon konsumen.

Back to Content ↑

2. Membangun Perspektif

Bangunlah perspektif yang berbeda dari pesaing bisnis yang lain, tentunya dengan merk berbeda dengan menautkan ke situs dan aplikasi e-commerce lainnya sehingga agar terlihat lebih menarik dengan jangkauan promosi yang luas.

Jadi, sesuaikan konten bisnis dengan template Instagram Shopping agar pengguna dapat memberikan informasi mengenai konsistensi gaya yang disukai oleh para followersnya.

Ketahuilah bahwa fitur belanja tidak boleh mengubah konsistensi bran karena label belanja akan selalu diingat para konsumen, sehingga harus konsisten.

Back to Content ↑

3. Buat Kalender Posting

Agar posting konten bisnis lebih optimal sebaiknya buatlah kalender posting yang berisi agenda penting kemudian rencanakan produk dari awal, pilih merk yang mudah diingat kemudian lakukan posting konten secara berkala dan konsisten menggunakan foto dan video yang berkualitas tinggi.

Back to Content ↑

Dari penjelasan di atas dapat diketahui cara membuat profil bisnis, konten, dan iklan Instagram Shopping memang mudah. Tetapi, agar jangkauannya luas sebaiknya Anda membuat konsumen semenarik mungkin secara konsisten dan berkala. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!