Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Mengenal End to End Encryption, Fitur Baru Google Message

Mengenal End to End Encryption, Fitur Baru Google Message
Mengenal End To End Encryption, Fitur Baru Google Message

Mengenal End to End Encryption, Fitur Baru Google Message

Para pengguna Android seringkali merasa tidak nyaman karena merasa takut adanya peretasan karena rawan berisiko diretas oleh Malware. Nah, untuk memberikan rasa nyaman kepada para penggunanya, sekarang ini muncul End to End Encryption, fitur baru Google Message yang disebut sebagai fitur privasi utama sehingga Anda dapat melakukan obrolan secara pribadi dengan nyaman.

Bahkan, di beberapa ponsel Android sudah dapat menggunakan fitur End to End Encryption secara default yang berarti operator dan Google tidak bisa membaca konten pesan atau obrolan yang sedang Anda baca.

Nah, fitur ini bisa didapatkan oleh pengguna apabila sudah mendaftar di Android Message, atau bisa untuk mengaktifkan enkripsi Open Rich Communication Services (RCS).

Melalui layanan tersebut, para pengguna akan merasa lebih terjaga, selain itu kondisi ini juga dianggap sebagai salah satu cara untuk mencegah adanya Hacker. Tujuan dari meluncurkan End to End Encryption digunakan untuk meningkatkan perlindungan keamanan ponsel untuk menjaga privasi, sehingga tidak seorangpun termasuk Google tidak akan mengetahui percakapan Anda.

TOC / Daftar Isi

Kegunaan Fitur Terbaru End to End Encryption

Yuk kenali kegunaan fitur terbaru end to end encryption yang kini sering muncul di ponsel Android sebaiknya notifikasi, berikut penjelasannya.

Back to Content ↑

1. Mengatasi Hacker

Ketahui kegunaan fitur end to end encryption yang sudah sedikit dijelaskan dalam paragraf sebelumnya, yaitu untuk menjaga keamanan pengguna agar lebih terjaga dengan mengatasi hacker di ponsel Android. Peningkatan perlindungan keamanan ini berfungsi untuk menjaga privasi dimulai dengan adanya RCS antar pengguna Message.

Dengan demikian dapat dipastikan bahwa tidak seorang pun, termasuk Google dan pihak ketiga yang dapat membaca konten pesan yang dibuat.

Hal tersebut pastinya sangat membuat pengguna Android menjadi merasa lebih aman saat melakukan percakapan pribadi, karena tidak satupun pihak ketiga dapat membacanya.

Back to Content ↑

2. End-to-End Encryption Hanya Akan Bekerja Pada Obrolan Pribadi

Fitur end to end encryption hanya akan bekerja saat terjadi obrolan pribadi saat keduanya menggunakan Android Message, ketahuilah obrolan RCS atau SMS yang tidak terenkripsi akan tetap berfungsi dengan baik.

Dengan demikian RCS tersedia di semua Android message dimanapun penggunanya berada, tetapi khusus negara Tiongkok para penggunanya kesulitan mengakses End to End Encryption.

Meskipun demikian, sistem RCS juga akan terus dikembangkan menjadi enkripsi aplikasi utama oleh Google secara bertahap, agar kirim pesan lebih aman dengan kerja sama pada pihak industri seluler dan pembuat perangkat di beberapa jaringan operator, yang menyediakan fitur chat berdasarkan standar Open Rich Communication Services (RCS).

Back to Content ↑

3. End To End Encryption Dalam Panggilan Video

Ketahuilah tidak hanya dapat digunakan di Android Message, tetapi End to End Encryption juga dijadikan sebagai fitur baru yang aman digunakan saat melakukan panggilan video oleh pengguna. Fitur ini dikenal dengan sebutan Messages by Google yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dalam percakapan.

Dengan adanya fitur tersebut maka pengguna dapat membuka chat atau percakapan, meskipun sedang melakukan panggilan telepon ataupun panggilan video. Bahkan, fitur ini sudah dilengkapi dengan fitur canggih Smart Reply yang dapat keren, sehingga bisa melakukan percakapan dan membuka aplikasi lainnya saat sedang menjalankan video call.

Back to Content ↑

4. Melindungi Pengguna dari Spam

Ketahuilah hal lain yang menjadi kegunaan dari fitur End to End Encryption adalah dapat melindungi pengguna dari spam, fitur obrolan tersebut dapat meningkatkan layanan dalam teks SMS, sehingga pengguna dapat mengirim dan menerima foto dan video dalam kualitas yang bagus.

Jadi, pembaruan fitur End to End Encryption tentunya bermanfaat banyak bagi para penggunanya, agar makin nyaman saat melakukan kirim pesan dalam bentuk percakapan ataupun mengirim file dalam bentuk foto dan video.

Back to Content ↑

5. Bebas Berkomunikasi

Kegunaan fitur End to End Encryption ternyata juga membuat para penggunanya bebas untuk berkomunikasi melalui WiFi dan paket data, untuk mengetahui waktu pesan yang dikirim sudah dibaca, reaksi pembaca pesan, dan dapat menikmati obrolan grup yang terlihat menarik dan dinamis.

Selain itu, Google juga menjelaskan bahwa saat menggunakan fitur End to End Encryption Anda bisa memilih untuk mengaktifkan WiFi atau paket data agar RCS aktif. Hal lain yang harus diperhatikan saat menggunakan fitur ini yaitu enkripsi akan secara otomatis dalam percakapan yang memenuhi syarat.

Para pengguna akan melihat pemberitahuan atau notifikasi di layar ponsel dengan tulisan “Mengobrol dengan pengguna “Nama kontak atau nomor telepon” saat enkripsi aktif dalam percakapan, sehingga pesan yang dikirim disertai dengan kunci pada tombol kirim dengan stempel waktu pesan yang hanya pengguna bisa membacanya dengan aman.

Back to Content ↑

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Fitur End To End Encryption

Ketahui hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan fitur End to End Encryption agar keamanan obrolan atau percakapan pribadimu menjadi lebih terjaga, berikut penjelasannya.

Back to Content ↑

1. Pahami Warna Pesan

Ternyata saat mengaktifkan fitur End to End Encryption akan ada perbedaan warna saat mengirimkan pesan. Ada dua warna yaitu biru tua dan biru muda, perbedaannya yaitu pesan teks berwarna biru tua dalam keadaan RCS, sedangkan biru muda dalam status SMS/MMS.

Jadi, penggunanya harus melihat terlebih dahulu warnanya agar sesuai dengan yang diharapkan untuk menjaga keamanan percakapan atau obrolan yang dilakukan.

Back to Content ↑

2. Enkripsi Menyeluruh Otomatis

Ketahuilah bahwa fitur End to End Encryption dalam percakapan yang memenuhi syarat akan aktif secara otomatis, sehingga pengguna tak perlu mengaktifkannya secara manual. Pembaruan dari sistem Google memang sudah membantu penggunanya agar lebih mudah saat melakukan percakapan yang sifatnya pribadi.

Back to Content ↑

3. Muncul Notifikasi Aktif

Apabila End to End Encryption sudah aktif maka akan muncul di layar ponselmu, pengguna akan melihat terus pemberitahuannya dengan tulisan “Enkripsi menyeluruh telah aktif”. Saat sudah muncul maka pengguna akan mengirim pesan disertai dengan tanda kunci di tombol kirim.

Tak hanya itu, percakapan yang dilakukan juga akan memunculkan stempel waktu pesan terenkripsi dari setiap percakapan yang memiliki kunci sehingga pengguna bisa melihat informasi pesan dengan aman.

Back to Content ↑

Cara Mengaktifkan End To End Encryption

Sebagian besar orang menanyakan bagaimana cara mengaktifkan fitur End to End Encryption dengan tepat untuk aplikasi Zoom yang mudah diretas oleh Malware, berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

Caranya yaitu pengguna harus masuk ke situs atau melalui aplikasi Zoom kemudian login menggunakan akun yang Anda miliki masuk web atau aplikasi Zoom, pilih Profile > Setting > Meeting > Security, kemudian ke bawah sampai menemukan bagian "Allow Use of End to End Encryption", klik "Turn On", masukan nomor ponsel untuk verifikasi, Anda bisa mengklik "Enhanced Encryption" atau "End to End Encryption" saat menjadwalkan atau memulai video konferensi.

Back to Content ↑

Itulah seputar informasi terbaru terkait fitur end to end encryption yang kini membantu pengguna Android melakukan obrolan pribadi dengan aman. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!