Skip to main content

5 Langkah Liburan Antistress

5 Langkah Liburan Antistress

5 Langkah Liburan Antistress

Semakin dewasa maka tekanan pun akan semakin banyak. Banyak tuntutan yang harus dipenuhi agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Semakin hari persaingan untuk mendapat hasil yang terbaik semakin tidak bisa dihindarkan sehingga kadang-kadang orang yang tidak kuat akan mengalami stress.

Jika hal itu terus berlanjut maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu di tengah kesibukannya yang padat orang-orang sering meluangkan sedikit waktunya untuk berlibur. Orang-orang sering berlibur untuk sekadar menenangkan diri dari dari berbagai tekanan.

Namun, tidak jarang orang yang berlibur bukannya malah tambah tenang malah makin stress. Hal tersebut disebabkan karena menentukan wisata mana yang akan dikunjungi ataupun biaya yang kan dikeluarkan pada saat liburan tidak sesuai dengan isi kantong.

Hal ini jangan sampai terjadi pada kalian ya Guys. Tujuannya berlibur untuk melepas penat dan stress tetapi malahan menambah stress.

Jadi disini saya akan membahas 5 Langkah Liburan Antisress yang patut kalian baca sebelum kalian berlibur agar liburan kalian menjadi liburan yang menyenangkan dan bukan malah jadi liburan yang menyedihkan.

1. Tentukan Budget

Menentukan budget itu sangat penting dilakukan sebelum pergi liburan. Sebab, jika kita kehabisan uang saat pergi berlibur itu akan menjadi hal yang memusingkan. Jadi sebelum pergi berlibur sebaiknya kamu melihat isi di dalam dompetmu terlebih dahulu sebelum menentukan kemana kamu akan pergi berlibur.

Menentukan budget saat merencanakan liburan itu sangat disarankan. Selain bisa memberikan kenyamanan bersama dengan budget, kita juga akan terhindar dari hal yang membuat kita stress dengan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Dalam menentukan budget ini kamu tidak boleh memilih liburan dengan budget yang pas ataupun melebihi dari budget yang kamu miliki. Karena kita tidak tahu akan ada hal darurat apa yang akan mungkin terjadi ketika kita pergi berlibur.

Kita tidak boleh menghitung jumlah budget hanya untuk berlibur saja. Namun kita juga harus menghitung seberapa besar biaya budget yang dibutuhkan untuk makan. Hal ini tentu sangat wajib agar kita tidak pergi liburan dengan perut kosong

Akan lebih baik jika membawa bekal dari rumah. Sebab, biasanya makanan di tempat wisata lebih mahal dari tempat biasa. Nah akan lebih baik jika budget liburan digunakan untuk membeli oleh-oleh. Hal ini membuat liburanmu menjadi berkesan.

2. Tentukan kapan dan kemana kamu mau pergi

Menentukan terlebih dahulu kapan dan dan kemana kamu akan pergi akan lebih menghemat biaya daripada kamu yang pergi tanpa arah dan tujuan akan berlibur. Sebab spontanitas terkadang malah memakan waktu yang lebih lama. Selain itu, pasti banyak pengeluaran yang tidak terduga. Jadi sebaiknya direncanakan terlebih dahulu mau pergi kapan dan ke mana.

Usahakan kamu memiliki waktu berlibur yang cukup. Sebab, akan jadi merepotkan jika kamu berlibur tetapi kamu harus menjalani kesibukan beberapa jam lagi. Setidaknya kamu harus meluangkan waktumu untuk sekadar beristirahat setelah liburan itu akan lebih baik.

Kapan dan ke mana kamu akan pergi itu sangatlah berpengaruh terhadap budget yang kamu butuhkan. Semakin jauh kamu merencanakannya maka semakin hemat biaya yang kamu perlukan untuk liburan. Biasanya yang konservasi atau booking jauh-jauh hari akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan konservasi atau booking pada hari tersebut.

3. Riset dan jadwalkan kegiatan kamu

Sangat penting untuk kamu melakukan riset destinasi wisata mana yang akan kamu kunjungi, transportasi apa yang akan kamu gunakan, dan kapan kamu akan pergi liburan. Riset itu sangat diperlukan karena kamu bisa membandingkan mana yang lebih cocok dengan isi dompet kamu. Sebab, biasanya berbeda destinasi beda harga tiket masuk dan beda transportasi.

Selain itu, biasanya pada hari-hari tertentu biasanya akan berbeda harga dengan hari biasanya. Dalam melakukan riset kamu bisa memulai dengan target mana yang kamu akan kunjungi dan apa saja yang akan kamu lakukan di sana. Apakah tempat tersebut cocok untuk kamu atau tidak.

Carilah beberapa pilihan lain untuk membandingkannya karena itu akan lebih memudahkan kamu untuk mencari tempat mana yang akan cocok. Riset juga sangat diperlukan agar kamu tidak akan tersesat saat pergi berlibur karena kamu tahu kegiatan apa yang akan kamu lakukan setelah itu.

4. Mulai nabung (Ini yang Paling Penting)

Jika kamu ingin memperoleh pengalaman liburan yang kamu impikan, tetapi kamu mempunyai budget yang sedikit akan lebih baik jika kamu tidak memaksakan niatmu dan mulai menabung untuk hal itu.

Harusnya kamu memiliki rekening yang berbeda dalam menabung untuk pergi berlibur. Kamu bisa mulai dengan menghitung dahulu liburan apa yang kamu inginkan. Hitunglah budget yang akan kamu keluarkan untuk itu.

Setelah itu tentukan kapan kamu akan pergi dan mulailah menghitung uang yang akan kamu tabung sampai beberapa hari ke depan hingga waktu yang kamu inginkan tiba. Dengan cara menabung kamu akan lebih puas saat menikmati liburan kamu karena liburan yang kamu impikan akhirnya tercapai dengan usaha dan kerja keras kamu sendiri.

Dengan menabung untuk liburan kamu bisa menikmati waktu liburan dengan kerja keras kamu melalui semua kesibukan sehari-hari dan bisa lebih menghargai uang yang kamu hasilkan dengan jerih payahmu.

5. Siapkan dana lebih dari budget awal

Menyiapkan dana dengan melebihkan dari budget awal adalah hal yang paling disarankan. Hal ini disarankan karena di samping untuk ketenangan hati kita tidak tahu hal-hal yang tidak kita harapkan akan terjadi bukan?

Tentu saja itu akan sangat memalukan bukan hanya karena kita tidak menyiapkan sebelumnya kita malah terjebak pada kondisi yang sulit. Pada saat liburan akan sulit mencari pertolongan. Jika kamu mengalami hal yang darurat dan mendesak orang lain yang tidak kamu kenal belum tentu akan menolong kamu.

Alhasil, jalan satu-satunya adalah menyiapkan budget lebih awal. Tujuan kita ingin bersenang- senang tetapi malah berakhir dengan menyedihkan tentu saja kamu tidak akan mau mengalami hal itu bukan?

Itulah langkah-langkah penting yang bisa kamu lakukan sebelum kamu pergi berlibur. Semoga dengan langkah-langkah tersebut kamu dapat berhasil mencapai liburan apa yang kamu inginkan tanpa perlu merasa khawatir dan was-was akan kejadian-kejadian di luar dugaan.

Sesungguhnya jika kamu ingin untuk pergi berlibur tidak butuh biaya yang terlalu banyak kok. Walaupun liburan itu tidak seperti yang kamu dambakan dan orang lain pikirkan. Namun, semuanya tergantung tujuan kita apakah kita ingin sekedar melepas penat atas kesibukan yang kita lakukan sehari-hari atau bisa juga karena ingin mencari ketenangan dan kedamaian hati.

Semoga ulasan yang saya berikan bisa membantu kalian yang ingin pergi berlibur dan semoga dapat bermanfaat untuk mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Happy Weekend Guys.