Skip to main content

Ingin Liburan Tetap Hemat? Coba 5 Tips Berikut

Ingin Liburan Tetap Hemat? Coba 5 Tips Berikut

Ingin Liburan Tetap Hemat? Coba 5 Tips Berikut

Di saat rasa jenuh melanda, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat rasa jenuh tersebut menghilang. Semua orang pastinya memiliki gaya liburannya sendiri yang berbeda antara satu sama lainnya.

Ada tipe orang yang lebih suka gaya berlibur dengan berbelanja barang-barang di mall favorit mereka. Selain itu, ada juga tipe orang yang lebih tertarik dengan gaya liburan yang sederhana dan tidak banyak menghabiskan uang saat berlibur. Namun, ada juga yang memilih untuk berlibur ke destinasi wisata yang berada di luar tempat tinggal mereka.

Liburan memang selalu menjadi salah satu kegiatan favorit yang diidam-idamkan banyak orang. Namun, dibalik kata “liburan” kita pasti akan langsung terpikir bahwa liburan itu membutuhkan banyak kocek agar bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan.

Nah, bagi kamu yang tetap memutuskan untuk berlibur, biasanya saat kamu ingin mendapatkan liburan yang menyenangkan, kamu akan membutuhkan kocek yang cukup banyak. Oleh karenanya tidak heran saat kamu berlibur, kamu akan memilih destinasi yang menyediakan destinasi dengan transportasi terbaik agar rasa jenuh yang ada di pikiranmu benar-benar menghilang.

Namun, bagi kamu yang mempunyai bujet minim, tetapi tetap ingin berlibur dengan wisata yang menyenangkan, maka kamu tidak perlu khawatir, ya! Karena kamu masih bisa mendapatkan liburan hemat dan juga menyenangkan dalam satu paket, lho!

Sebaiknya kamu mengetahui beberapa tips berikut ini agar bisa berlibur. Tujuannya agar liburanmu tetap menyenangkan dan hemat tentunya. Yuk, disimak!

1. Jangan sampai Salah Pilih Musim saat Berlibur, Hindarilah Musim Liburan!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat kita berlibur maka kita akan mencari momen saat kita sedang ada sedang libur nasional atau cuti bersama. Selain dianggap menjadi momen yang menguntungkan, ternyata pada saat momen tersebut dapat menjadi waktu di mana seluruh anggota keluarga juga sedang tidak ada kegiatan apapun, baik bagi yang bekerja maupun yang bersekolah.

Namun, apakah momen tersebut memang “benar-benar” tepat? Nyatanya tidak sepenuhnya demikian. Hal ini disebabkan oleh karena pada saat momen liburan secara massal seperti itu, banyak orang juga akan berlibur dan kemungkinan besar juga akan mengunjungi tempat wisata yang sama dengan yang kamu kunjungi.

Akhirnya, hal ini akan membuat tempat wisata menjadi padat dengan pengunjung dari berbagai daerah. Selanjutnya, hal seperti ini akan berpengaruh pada harga-harga yang berlaku di tempat wisata. Hal ini disebabkan karena pedagang dan petugas pariwisatanya sendiri pasti menginginkan untung yang lebih besar lagi.

Mereka pun akhirnya mengubah harga-harga yang berlaku menjadi lebih mahal daripada harga sebelumnya. Oleh karena itu, usahakan agar kamu tidak berlibur pada saat musim liburan sedang berlangsung, ya!

2. Jangan sampai Salah Pilih, Carilah Penginapan yang Murah dan Nyaman

Pada zaman serba digital seperti saat ini, berbagai hal dapat diakses dengan sangat mudah dan tak membutuhkan waktu yang lama, tak terkecuali dengan penginapan bagi para traveller. Pada saat ini, sudah banyak sekali aplikasi travelling yang menawarkan berbagai macam penginapan rumah dengan harga yang sangat bervariasi.

Dimulai dari yang hanya berkisar puluhan ribu sampai dengan jutaan rupiah. Namun, pastinya prinsip “ada uang ada barang” berlaku pada bisnis penginapan. Dimana penginapan dengan harga terjangkau biasanya terkenal tidak nyaman dan fasilitasnya kurang lengkap. Berbeda dengan penginapan yang cukup mahal, biasanya terkenal mewah dan mempunyai fasilitas yang lengkap.

Akan tetapi, kamu sebaiknya tidak terlalu percaya pada pendapat tersebut. Hal ini disebabkan karena pada kenyataannya sendiri, ternyata tersedia cukup banyak penginapan dengan harga terjangkau, tetapi mempunyai fasilitas sekelas penginapan mewah. Cukup keren, bukan?

3. Saat Belanja Oleh-Oleh, Jangan Pernah Takut untuk Menawar

Kamu pasti sudah tahu kalau berbagai macam tempat pusat oleh-oleh yang berada di sekitar tempat pariwisata pasti mempunyai harga yang berbeda cukup jauh jika dibandingkan dengan harga-harga di pasaran. Padahal, barang tersebut mempunyai merek dan diproduksi oleh produsen yang sama.

Hal seperti ini memang sudah kerap terjadi di berbagai tempat wisata. Bahkan, uniknya harga yang ditawarkan pun bisa mencapai beberapa kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan harga pada umumnya.

Kemungkinan besar hal ini terjadi karena si penjual diharuskan untuk membayar pajak jika ia ingin mendirikan tempat untuk berdagang di sekitar wilayah destinasi wisata. Oleh karena itu, sebaiknya kita berani untuk melakukan tawar-menawar pada saat membeli sesuatu di sekitar wilayah destinasi wisata.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua harga barang bisa ditawar. Terkadang untuk beberapa barang mempunyai harga tetap dan tidak bisa dirubah lagi. Biasanya hal ini disebabkan karena harga barang tersebut telah ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan.

4. Saat Ingin Berkeliling, Manfaatkanlah Transportasi Umum yang Tersedia

Pada era sekarang, kebanyakan masing-masing kabupaten telah disediakan transportasi umum dengan harga yang murah dan jangkauannya cukup luas. Pada saat ini, kebanyakan transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah berupa bus yang diberi nama Trans lalu nama masing-masing kabupaten/kota.

Selain murah dan jangkauannya cukup luas, biasanya rute-rute yang dilewati oleh bus tersebut juga umumnya akan selalu melewati beberapa destinasi pariwisata terkenal yang ada di kota/kabupaten tersebut. Selain itu, pemerintah juga menyediakan halte bus Trans tersebut pada posisi yang strategis dan mudah dijangkau oleh banyak orang.

Dengan demikian, pilihanmu untuk menaiki bus Trans ini tidak mungkin salah. Selain untuk menghemat kocek yang dikeluarkan, kita juga dapat menikmati pemandangan yang disajikan oleh kaca jendela bus Trans yang berukuran cukup besar.

5. Jangan Mementingkan Gengsi, Makanlah di Tempat yang Sederhana dan Nyaman

Mungkin kebanyakan dari kamu pada saat ini masih lebih mementingkan gengsi daripada kenyamanan. Misalnya saja saat diajak makan di luar oleh teman pada saat berwisata. Biasanya kebanyakan orang pasti akan langsung tertuju pada restoran-restoran terkenal yang ada di sekitar wilayah penginapan mereka.

Lalu, sesaat sebelum makan pasti ada di antara temanmu atau bahkan kamu sendiri akan memotret terlebih dahulu makanannya dan menguploadnya pada media sosial masing-masing.

Sebenarnya hal seperti ini masih wajar terjadi, tetapi akan menjadi tidak wajar apabila tujuan kalian makan berubah dari yang ingin memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh menjadi ingin menunjukkan pada khalayak ramai bahwa kamu sedang makan di restoran mewah.

Jadi, apakah hal itu bermanfaat untukmu? Mungkin iya untuk sesaat, tetapi pada jangka panjang hal seperti ini sebenarnya tidak berguna. Selain itu, kamu juga akhirnya menjadi sosok orang yang menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Jadi, kamu lebih pilih yang mana?

Ternyata liburan juga membutuhkan tips agar bisa menghemat anggaran yang kita punya. Jangan lupakan 5 tips hemat tersebut ya!