Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Samsung SmartThings, Aplikasi Mempermudah Kontrol Berbagai Macam Perangkat Elektronik

Samsung SmartThings, Aplikasi Mempermudah Kontrol Berbagai Macam Perangkat Elektronik
Samsung SmartThings

Samsung SmartThings, Aplikasi Mempermudah Kontrol Berbagai Macam Perangkat Elektronik

Di era yang semakin canggih seperti saat ini semua terasa serba mudah. Bahkan untuk ruangan kamar juga bisa dikontrol secara langsung oleh penggunanya. Lebih menariknya hal tersebut bisa dilakukan melalui satu ponsel saja. Beberapa hal akan terasa lebih mudah dan praktis misalkan saja menyalakan AC. Fitur canggih tadi bisa menyalakan AC tanpa harus menyalakan menggunakan remot. Semakin penasaran bukan?

Fitur dan kelebihan tersebut ternyata bisa Anda dapatkan dengan bantuan dari aplikasi Samsung SmartThings. Selain AC beberapa perangkat elektronik yang ada di kamar juga bisa terkoneksi secara mudah dengan aplikasi ini.

Dengan begitu, Anda bisa mengontrol beberapa perangkat elektronik hanya dengan satu genggaman ponsel saja. Hanya saja ada ketentuan khusus dari perangkat elektronik apa saja yang bisa terkoneksi. Langsung saja di bawah ini ada beberapa penjelasannya.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Aplikasi Samsung SmartThings?

Berbicara mengenai sejarah atau awal mula, sebelum diakuisisi oleh perusahaan Samsung pada tahun 2014 Smartthings sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi. Tentunya perusahaan yang berdiri sendiri. Lalu terjadi proses akuisisi oleh Samsung sehingga namanya pun berganti jadi Samsung SmartThings.

Seperti penjelasan awal tadi aplikasi Samsung SmartThings bisa digunakan pada beberapa perangkat elektronik canggih seperti smartphone, Smart TV, dan berbagai macam perangkat teknologi lainnya. Perangkat elektronik tersebut tentunya harus mana kompatibel pada SmartThing. Biasanya dikhususkan pada produk-produk Samsung.

Produk SmartThings sendiri mempunyai teknologi yang dapat menjadikan peralatan rumah tangga bisa terintegrasi secara mudah dengan perangkat gadget, atau juga komputer.

Dengan begitu, para pengguna bisa dengan mudah mengaksesnya di mana saja dan kapanpun. Sebagai pengguna Anda pun tidak perlu takut pada saat lupa mengunci pintu, karena pintu bisa dikunci dengan aplikasi Samsung SmartThings. Bagaimana cukup praktis bukan?

Back to Content ↑

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan dengan SmartThings

Samsung Smartthings tentunya bertujuan untuk mengoptimalkan setting atau pengaturan serta kontrol pada berbagai macam perangkat yang ada di dalam rumah. Semua perangkat dapat terkoneksi dengan perangkat smartphone. Anda pun bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan penggunaan.

Nah dibawah ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan dari aplikasi Samsung SmartThings:

Back to Content ↑

1. Melakukan Monitor dan Kontrol

Bagi Anda yang sering mengalami lupa meletakkan remote TV maupun AC maka aplikasi yang satu ini bisa menjadi salah satu solusinya. Bagaimana tidak, Anda tidak perlu lagi menggunakan remote yang sudah hilang atau lupa meletakkannya hanya untuk menyalakan TV maupun AC.

Cukup dengan mengandalkan aplikasi smartthings saja maka Anda bisa menyalakan dan mematikan tv ataupun AC sesegera mungkin.

Seperti yang telah dijelaskan sejak awal, bukan hanya perangkat elektronik berupa TV saja yang bisa dikontrol menggunakan SmartThings namun beberapa perangkat elektronik lainnya tentunya juga bisa mudah dikontrol. Berkat aplikasi Samsung SmartThings tentunya gaya hidup dari Anda akan menjadi lebih sederhana dan efisien.

Back to Content ↑

2. Automasi

Sebagai orang yang bertanggung jawab dan berkomitmen, tentunya jadwal yang padat tidak akan menurunkan kewajiban Anda untuk menyelesaikan semua tugas atau pekerjaan yang ada. Jadwal Anda yang sibuk dan padat bisa terbantu dengan mengkoneksikan perangkat elektronik di rumah pada Samsung Smarthing.

Misalkan saja Anda harus berangkat jam 6 pagi dan sesegera mungkin bersiap-siap untuk berangkat ke kantor. Namun Anda harus mematikan beberapa alat elektronik seperti lampu, AC dan lainnya.

Nah untuk memangkas waktu Anda hanya perlu mengontrol semuanya dengan aplikasi Samsung SmartThings. Anda hanya perlu mematikan AC lewat aplikasi saja, jadi waktu yang tersisa bisa digunakan untuk hal lain atau siap-siap berangkat kerja.

Untuk melakukan beberapa hal yang ada di atas maka Anda perlu membuat pengaturan jadwal untuk beberapa aktivitas pada aplikasi Samsung SmartThings. Sesuai dengan jadwal maka Samsung SmartThings akan segera melakukan tugasnya sesuai dengan perintah pada jadwal yang sudah Anda buat.

Back to Content ↑

3. Pengingat Otomatis

Tidak hanya bisa digunakan untuk menyalakan atau mematikan beberapa perangkat elektronik yang sudah terkoneksi saja, namun aplikasi Samsung SmartThings juga bisa dipakai sebagai pengingat otomatis. Pengingat dapat digunakan sesuai jadwal yang sudah dibuat oleh para penggunanya.

Gambaran sederhananya begini, sebagai ibu rumah tangga tentunya ada banyak hal yang harus dipegang bukan? Misalkan untuk urusan mencuci baju, dengan adanya Samsung SmartThings Anda tidak perlu lagi menunggu hingga mesin cuci selesai mencuci. Atur jadwalnya saja pada aplikasi, pada saat mencuci baju Anda bisa melakukan hal lainnya.

Jika mesin cuci telah selesai melakukan tugasnya, maka dengan otomatis Samsung SmartThings nantinya akan memberikan notifikasi sebagai pengingat bahwasanya cucian sudah beres.

Bagaimana, cukup efektif bukan daripada Anda menunggu mesin cuci sampai berhenti? Kini Anda tidak perlu merasa khawatir mengenai jadwal pekerjaan rumah tangga menumpuk. Tugasnya hanya perlu mengatur serta kontrol melalui satu aplikasi yakni Samsung SmartThings.

Back to Content ↑

Terintegrasi dengan Asisten dari Suara Pintar

Meskipun telah memberikan berbagai macam kemudahan dan efisiensi seperti yang telah dijelaskan di atas. Anda tetap selalu ingin lebih simpel dalam melakukan kontrol perangkat bukan? Jika iya maka tidak perlu maka Anda akan sangat terbantu, sebab bisa menggunakan Asisten Suara Pintar pada Samsung SmartThings. Ada tiga jenis asisten suara yang kompatibel atau bisa digunakan pada aplikasi ini yakni Bixby, Alexa dan OK Google.

Adanya asisten suara pintar yang ada aplikasi Samsung Smartthings tentunya akan mempermudah Anda sebagai pengguna dalam memberikan perintah ataupun kontrol hanya lewat suara saja.

Anda bisa mengendalikan salah satu ataupun semua perangkat yang ada di dalam rumah sekali waktu hanya menggunakan perintah suara. Jika sudah biarkan saja Samsung SmartThings menjalankan semuanya tanpa ada hal yang terlewatkan. Bagaimana sangat modern dan canggih bukan?

Back to Content ↑

Perangkat yang Kompatibel

Ada banyak sekali perangkat yang dapat digunakan atau terkoneksi pada aplikasi Samsung smartthings. Beberapa perangkat elektronik tersebut seperti robot cleaner, sensor gerakan, Smart home adapter, lampu, kunci pintu, TV, AC dan jendela.

Namun agar lebih tahu secara rinci mengenai perangkat tersebut Anda dapat melakukan pengecekan lewat situs resmi dari Samsung. Cara pencariannya juga cukup mudah yakni dengan mengetikkan nomor model perangkat elektronik saja.

Back to Content ↑

Ponsel yang Terkoneksi

Selain ponsel Samsung Galaxy seri S ternyata ada beberapa jenis ponsel Samsung Galaxy seri lainnya yang mana juga bisa terkoneksi dengan aplikasi Samsung smartthings. Beberapa ponsel yang terkoneksi pada smartthings antara lain pada Seri A yakni seri Galaxy a31 dan seri Galaxy A21. Selebihnya Anda bisa cek pada website resmi dari aplikasi SmartThings atau Website Samsung.

Back to Content ↑

Kecanggihan teknologi seperti saat ini memang mengharuskan beberapa perusahaan teknologi harus selalu berinovasi untuk melakukan beberapa fitur fitur terbaru. Seperti halnya yang dilakukan oleh aplikasi Samsung smartthings di mana akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan berbagai macam aktivitas hanya menggunakan satu smartphone saja. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!