Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Wajib Tahu, Ini dia 6 Cara Mudah dan Murah Mengatasi Masalah Pada PS5

Wajib Tahu, Ini dia 6 Cara Mudah dan Murah Mengatasi Masalah Pada PS5
Wajib Tahu, Ini dia 6 Cara Mudah dan Murah Mengatasi Masalah Pada PS5

Wajib Tahu, Ini dia 6 Cara Mudah dan Murah Mengatasi Masalah Pada PS5

Gaming merupakan aktivitas paling menyenangkan. Game efektif mengembalikan mood setelah dikejar oleh deadline. Bahkan, kegiatan memainkan game dapat memicu peningkatan dopamin, sebuah hormon yang berperan dalam meningkatkan kebahagiaan. Tak heran jika banyak orang memutuskan untuk mengalihkan kepenatan mereka dengan bermain game.

Dijaman yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini, game telah hadir dengan beragam versi. Mulai dari game android, iOS, hingga game yang dapat diinstal pada dua perangkat tersebut sekaligus pada PC. Salah satu game yang sedang naik daun adalah PS5.

Ya, PS5 dengan seri terbarunya sukses memikat hati gamers di tanah air. Dengan sajian tantangan dan tampilan interface yang meyakinkan, tak ayal jika game ini begitu digemari. Kondisi ini bisa terlihat dari banyaknya tutorial seputar PS5 yang dapat diakses melalui website maupun kanal Youtube. Namun, sama seperti game lainnya, pemasangan PS5 tidak jarang dibarengi dengan masalah.

Nah, bagi Anda pengguna baru PS5 atau Anda tertarik untuk melakukan pemasangan. Pengetahuan seputar game ini sangat penting. Agar tidak ketinggalan informasi, berikut adalah pengetahuan seputa masalah PS5 dan cara mengatasinya. Trik ini dapat Anda gunakan sebagai alternatif menentukan apakah problemnya terletak pada bug atau kesalahan pengecekan dari pihak Sony.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Harga PlayStation 5 Diprediksi Akan Turun. Benarkah?

Game dan Aplikasi Terjeda di Daftar Download

Kendala yang pertama kerap dihadapi oleh pengguna PS5. Mereka yang memilih mengunduh seri PS5 Digital secara online umumnya akan dihadapkan pada permasalahan sejenis.

Persoalan tersebut dapat disebabkan karena ketidakstabilan koneksi yang Anda gunakan. Atau pada menu pengaturan tidak di setting dengan benar. Umumnya, terdapat opsi unduh menggunakan wifi atau data seluler. Disinilah Anda harus memperhatikan dengan benar.

Namun masalah PS5 ini juga bisa dijumpai pada pengguna yang tidak menjalankan aktivitas download sama sekali. Acapkali notifikasi Queued for Download masuk begitu saja. Anda dapat melakukan factory reset untuk mengatasinya.

Apabila gagal, maka Anda wajib menjajal factory reset berulang kali. Terkait game yang macet pada daftar download, Pihak Sony belum merilis pernyataan resmi.

Back to Content ↑

Gagal tersambung ke PlayStation Network

Hampir semua pengguna pernah menemukan masalah sejenis. Rasanya tentu menyebalkan sekali bukan? Terlebih jika Anda sudah berencana untuk mabar dengan teman atau kerabat dekat.

Apabila Anda menjumpai masalah PS5 gagal connect, Anda bisa mengecek apakah Anda sudah menerapkan cara login yang benar atau sebaliknya. Ulangi berulang kali dan pastikan Anda sudah menjalankan cara sesuai dengan panduan.

Kegagalan Login ke akun Playstation belum ditanggapi secara legal oleh pihak Sony. Beberapa komunitas PS5 menyarankan agar PS5 yang terkendala segera ditemukan solusinya. Sementara ini, cara yang dapat Anda aplikasikan adalah memeriksa PSN status di situs resmi.

Jika data yang Anda peroleh sudah valid, Anda dapat mengaplikasikan tips selanjutnya. Yaitu dengan mengecek kualitas koneksi internet yang Anda pakai. Di beberapa kasus, jaringan internet kurang stabil dapat menghambat kelancaran bermain PS5.

Menanggapi masalah PS5, Anda bisa mengelola pengaturan jaringan ke dalam mode 4G. Mode tercepat inilah yang akan mendorong aktivitas gaming Anda berjalan dengan lancar. Jika terkoneksi dengan WiFi, pastikan kecepatan koneksinya tidak rendah atau berbagi dengan banyak orang.

Back to Content ↑

Tidak Bisa Transfer Data

Mengirim data dari PS4 ke PS5 merupakan hal yang lumrah dilakukan. Kegiatan tersebut adalah upaya back up data agar tidak hilang setelah berganti versi. Untuk memindahkan data dari satu PS ke PS lain, Anda dapat menggunakan kabel USB atau kabel koneksi LAN.

Masalah PS5 pada kegiatan transfer yang kerap diterima oleh user ialah crash bahkan bricking. Persoalan ini dapat memakan waktu yang lama, dan seringkali gagal ketika waktu yang ditentukan sudah selesai.

Tapi jangan khawatir. Untuk menghentikan kesalahan tersebut, Anda cukup melakukan langkah konkret. Lakukanlah kegiatan pengiriman file dengan memanfaatkan koneksi WiFi. Meskipun tidak menjamin keberhasilan, tapi relatif aman untuk Anda jajal. Munculnya masalah PS5 kegagalan transfer data dikarenakan PS5 tidak dibekali dengan penyimpanan data eksternal sebagaimana PS4.

Back to Content ↑

Games PS4 Tidak Bisa Dimainkan di PS5

Walaupun sudah berbeda seri, nyatanya Anda tetap bisa memainkan sejumlah game PS4 melalui PS5. Sony hanya membatasi sejumlah kecil permainan yang sudah tidak kompatibel dengan variasi barunya ini. Tapi sejalan dengan banyaknya keluhan dari para pengguna. Ada baiknya jika Anda mawas diri dengan keadaan serupa.

Ketika Anda berencana untuk memainkan game PS4, seringkali muncul notifikasi bahwa game tersebut tidak available, tidak kompatibel, dan Anda harus melakukan pembelian untuk bisa menjalaninya. Masuklah ke bagian user and account. Alihkan tombol hingga Anda menjumpai menu other.

Lalu, klik dan pilih restore licenses. Tunggu. Kemudian Anda bisa mengecek apakah game PS4 sudah bisa Anda aplikasikan.

Jika masalah PS5 tidak teratasi dengan solusi yang pertama, maka coba lakukan dengan teliti dan ulangi. Sebagai referensi, Anda bisa mengakses tutorial dan ulasan tentang problem pada PS4 dan PS5 di platform YouTube.

Tidak ada salahnya ketika masalah game tersebut anda komunikasikan dengan rekan-rekan komunitas. Apabila Anda belum menemukan grup PS4 PS5, ketikkan keyword sejenis pada kolom pencarian Google, telusuri alamat dan sosial media yang bisa Anda ikuti. Sebagai anggota baru, kehadiran Anda akan disambut dengan senang hati oleh pengguna dengan hobi sama.

Back to Content ↑

Dual Sense Tidak Berfungsi

Apa jadinya jika masalah PS5 terdapat pada dualsense?. Peristiwa tersebut memang membuat pengguna kerap geram. Namun ada baiknya untuk berpikir tenang dan cari solusi terbaik. Hindari untuk mencabut dual sense saat proses update di awal masih berlangsung. Jika Anda hentikan dengan tiba-tiba, stik controller dapat mati dan tidak berfungsi sama sekali.

Terobosan baru yang bisa Anda tempuh ialah dengan mendowload lagi update PS5. Kemudian, pasang dual sense ke kabel USB yang Anda punya. Masuklah ke menu settings, pilih system, cari menu system software update and setting.

Jika tahapan ini sudah berhasil Anda lakukan, menujulah ke menu download and install automatically. Pastikan stik Anda sudah terhubung sebelum Anda mengklik menu update system software.

Back to Content ↑

Gambar Dari PS5 Terlihat Distorsi

Masalah PS5 paling sering dihadapi yang terakhir ialah gambar terdistorsi pada layar. Ketidakstabilan tampilan ini sangat mengganggu pemandangan. Bahkan fokus Anda dapat terpecah ketika gambar di layar bergoyang. Akibat dari layar yang terdistorsi ini adalah penggunaan kabel HDMI pihak ketiga, dimana kabel tersebut difungsikan sebagai penghubung konsol dengan televisi dan monitor.

Pasang kabel HDMI bawaan yang tersedia pada penawaran paket penjualan. Kabel ini juga bisa Anda beli di sejumlah marketplace dan situs jual beli online yang menawarkan barang elektronik.

Back to Content ↑

Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan ketika menemui masalah PS5? Selamat mencoba! Semoga dapat menjawab kegelisahan Anda! Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!