Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

13 Aplikasi Edit Foto Vintage Terbaik, Sudah Pernah Coba?

13 Aplikasi Edit Foto Vintage Terbaik, Sudah Pernah Coba?
Camera+ 2

13 Aplikasi Edit Foto Vintage Terbaik, Sudah Pernah Coba?

Diera sekarang sepertinya tidak mungkin untuk tidak mempercantik foto-foto yang akan dipajang di sosial media. Rasanya akan kurang lengkap kalau foto-foto yang ditampilkan terkesan biasa-biasa saja dan tidak estetik.

Sebenarnya tidak masalah mengunggah foto tanpa editan. Tetapi kalau ingin lebih cantik, mau tidak mau menggunakan aplikasi. Saat ini mengedit foto bukanlah hal yang sulit. Dan tentunya untuk mengedit saat ini tidak perlu laptop. Hanya butuh yang namanya smartphone untuk mengedit foto.

Selain smartphone ada juga sebuah modal yang wajib ada. Modal yang dimaksud adalah kreatifitas. Kreatifitas ini diperlukan agar bisa menghasilkan foto ciamik. Misalnya kreatifitas untuk memilih baju saat pemotretan nanti. Atau memilih spot foto juga harus pinter-pinter.

Saat ini ada 2 gaya yang sedang digandrungi oleh kaum muda. Apalagi saat ini pengaruh influencer seperti selebgram dalam memposting gaya foto juga cukup berpengaruh. Dua gaya foto yang dimaksud adalah gaya vintage dan gaya retro.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 9 Aplikasi Edit Foto Android dan iPhone Terbaik yang Sayang Dilewatkan Pada Tahun 2020

Mengenal Gaya Vintage

Gaya vintage memiliki arti tren mode busana yang diadaptasi dari era 1920-an sampai tahun 1960-an. Ciri-ciri dari gaya vintage adalah memiliki kesan feminim yang lebih elegan. Dimana baju-baju yang digunakan tidak memiliki warna yang mencolok melainkan pudar.

Bukan hanya warna baju saja yang menjadi ciri khas sendiri. Gaya baju juga memiliki ciri sendiri untuk gaya vintage. Gaya Vintage biasanya diidentikan dengan kerah bulat, rok yang longgar, dan menggunakan pita.

Back to Content ↑

Mencari Inspirasi Gaya Foto Vintage

Banyak sekali foto diluar sana yang bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi. Dan tentunya foto-foto luar biasa didapat dari internet. Sampai kadang terpikir betapa niatnya mereka membuat foto agar terlihat begitu original dan keren.

Untuk mencari sumber inspirasi foto vintage, kita bisa follow akun selebgram. Sebut saja Lula Lahfah, foto-foto vintage buatannya cukup bagus. Bukan hanya Instagram kita juga bisa mencari inspirasi melalui Pinterest atau Tumblr. Ketiga platform tersebut memang menarik untuk mencari inspirasi foto.

Back to Content ↑

13 Aplikasi untuk Mengedit Gaya Vintage

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto dengan gaya vintage. Aplikasi-aplikasi tersebut pasti ada di Play Store (Android) dan App Store (Apple). Berikut adalah daftarnya:

Back to Content ↑

1. Camera+ 2

Aplikasi ini hanya disediakan untuk smartphone dengan sistem operasi iOS. Ada banyak fitur menakjubkan di dalamnya. Sebut saja fitur exposure control, Vintage style, RAW edit, dan bantuan fitur lainnya untuk mengambil video. Aplikasi ini memiliki harga sekitar 5USD

Back to Content ↑

2. Hipstamatic

Hipstamatic menjadi aplikasi yang berada di urutan kedua. Dengan aplikasi ini pengguna bisa menghadirkan tampilan, nuansa, keindahan, dan kesenangan seperti kamera jaman dahulu. Sayangnya aplikasi ini disediakan khusus pengguna dengan sistem operasi iOS saja.

Artinya hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone. Untuk versi Android, saat ini belum ada. Harga yang ditawarkan untuk membeli aplikasi ini hanya 2USD saja. Atau setara dengan 28.000 untuk kurs saat ini.

Back to Content ↑

3. 1998 Cam

Aplikasi selanjutnya adalah 1998 Cam. Aplikasi ini gratis kok dan hebatnya tersedia di dua platform sekaligus yaitu App Store (iPhone) dan Playstore (Android). Rating aplikasi ini cukup bagus. Di App store 4.8 dari 5.0 dan di Play Store 4.5 dari 5.0.

Aplikasi ini memberikan efek seperti film analog, yang mensimulasikan penggunaan kamera sekali pakai. Ada efek yang sama persis dengan kamera polaroid, filter granular, filter cahaya, filter debu, dan banyak lagi.

Back to Content ↑

4. Prequel

Prequel hadir dalam dua sistem operasi sekaligus. Untuk OS Android bisa diunduh melalui Play Store. Sedangkan untuk sistem operasi iOS bisa diunduh melalui App Store. Bila dibandingkan, Prequel lebih terkenal di iOS dengan unduhan lebih dari 100.000 unduhan.

Aplikasi edit ini menawarkan pengeditan secara potret. Selain itu terdapat banyak filter, efek dan warna. Ada banyak alternatif editing yang menarik untuk bereksperimen. Terutama untuk menampilkan foto yang terbaik di sosial media nanti.

Back to Content ↑

5. Vintage Scene

Dari namanya sudah pasti kegunaannya untuk menghadirkan foto-foto Vintage. Aplikasi ini hadir di kedua OS Smartphone yaitu Android dan juga iPhone. Namun aplikasi ini berbayar dan tidak gratis. Harganya sendiri berkisar 2 USD atau setara dengan 28 ribu Rupiah.

Aplikasi ini memiliki penampilan yang menonjol. Penampilannya begitu vintage dengan gaya tahun 50-an. Dengan aplikasi ini kita bisa memalsukan foto menjadi foto lama layaknya seorang fotografer profesional.

Back to Content ↑

6. Instasize

Aplikasi Instasize menjadi aplikasi rekomendasi berikutnya. Aplikasi ini bisa menampilkan keseluruhan dengan detail dan menonjolkan keindahan nada netral. Sangat direkomendasikan dengan pengaturan pencahayaan sedang.

Efek yang menarik adalah efek coklat pudar yang bisa dilihat saat musim gugur. Dengan efek tersebut maka tampilan musim gugur akan begitu menarik dan memukau. Aplikasi ini tersedia di Playstore dengan rating 4.3.

Back to Content ↑

7. Huji Cam

Aplikasi selanjutnya adalah adalah Feelm. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Playstore. Saat ini sudah diunduh sampai 182.000 pengguna dengan rating 4.3. Tenang aplikasi Huji Cam ini gratis kok dan bebas dipakai tanpa batasan.

Back to Content ↑

8. Tezza

Tezza mulai dikenal sejak tahun 2019. Saat ini sudah menghadirkan banyak efek dan preset yang cukup keren dan estetik. Tenang aplikasi ini gratis dan tidak berbayar. Hebatnya bisa diunduh melalui App Store dan Android.

Back to Content ↑

9. VSCO

VSCO adalah salah satu aplikasi paling populer untuk mengedit foto secara totalitas. Selain itu bisa digunakan dengan menyoroti foto dengan warna yang disukai dan mengurangi kontras sesuai keinginan.

Pada awalnya mungkin tampak agak rumit untuk digunakan, tetapi untungnya ada panduan dimana bisa membantu pengguna. Untuk mendapatkan gaya tertentu, semuanya dapat dicari di jejaring sosial seperti Pinterest.

Back to Content ↑

10. Instasquare

Selain menawarkan berbagai filter dan efek untuk mengedit foto dengan berbagai gaya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menambahkan beberapa warna. Dan tentunya dapat menambahkan efek neon sederhana.

Back to Content ↑

11. Afterlight

Salah satu aplikasi edit foto yang cukup populer lainnya adalah Afterlight. Penggunaannya sangat mudah. Aplikasi ini juga memiliki pilihan edit foto dengan efek dust speckles ala foto jadul. Tentunya foto yang di edit dengan Afterlight akan sangat terlihat seperti jepretan kamera analog.

Back to Content ↑

12. Filmborn

Aplikasi edit foto Filmborn ini memiliki kemiripan dengan VSCO. Karena Filmborn memiliki warna layout yang mirip dengan VSCO juga memiliki fitur penambahan exposure value yang bisa mengatur efek gelap dan terang dari foto yang tengah diedit. Hasil edit dengan aplikasi ini juga lumayan bagus.

Back to Content ↑

13. Gudak Cam

Aplikasi edit foto dengan kesan jadul yang terkenal di Appstore adalah Gudak Cam. Aplikasi ini laris digunakan untuk mengubah tampilan foto digital menjadi seperti foto yang dihasilkan kamera jadul.

Dengan Gudak Cam, Anda bisa memberikan filter kuno yang estetis pada foto yang diedit. Anda juga bisa menghasilkan foto yang semi-blur dengan Gudak Cam. Tentunya, Gudak Cam ini sangat membantu Anda dalam menghasilkan foto-foto jadul ala tempo dulu.

Back to Content ↑

Jadi, aplikasi mana yang akan Anda coba setelah ini? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!