Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

7 Aplikasi Investasi yang Wajib di Coba

7 Aplikasi Investasi yang Wajib di Coba
Bibit (Reksadana)

7 Aplikasi Investasi yang Wajib di Coba

Seperti yang kita tahu bahwasannya untuk mengembangkan aset bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membuat bisnis, menyimpan di bank, hingga membeli saham. Kegiatan tadi merupakan kegiatan yang disebut dengan investasi.

Investasi adalah suatu kiat untuk mengembangkan aset dengan harapan meraih keuntungan di masa mendatang. Orang yang melakukan investasi disebut dengan investor. Bagi yang suka mendengar berita ekonomi pasti sudah terbiasa dengan dua kata di atas.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Pengertian Trading Saham

Manfaat Berinvestasi

Manfaat investasi sendiri bisa dibagi menjadi 2. Bagi investor sendiri, bisa meraih keuntungan. Sedangkan bagi penerima dana dari investor bisa mendapatkan modal lebih. Ternyata manfaat investasi bagi investor itu bukan itu saja loh. Ini dia manfaat berinvestasi:

Back to Content ↑

1. Tabungan Tidak Tergerus Inflasi

Apa itu Inflasi? Inflasi merupakan penurunan nilai mata uang. Misalkan dahulu uang Rp. 500 bisa digunakan untuk membeli 5 biji permen. Saat ini uang Rp. 500 hanya bisa digunakan untuk membeli 1 permen. Itu namanya inflasi

Dengan investasi maka dampak inflasi berkurang. Beberapa pakar ekonomi mengatakan sebaiknya uang tidak ditabung di bank. Melainkan harus di investasikan

Back to Content ↑

2. Persiapan Dana Pensiun

Dana pensiun bisa disiapkan sendiri. Caranya adalah dengan investasi. Misalkan saat masih muda rajin membeli saham BCA. Saat sudah usia 50 tahun, saham BCA naik 10 kali lipat. Keuntungan tersebut bisa digunakan untuk dana pensiun.

Back to Content ↑

3. Merdeka Secara Finansial

Mimpi dari semua orang adalah merdeka secara finansial. Artinya tidak tergantung dengan kerja keras sampai usia tua. Dengan merdeka secara finansial maka ada banyak keuntungan. Misalnya tidak menjadi beban bagi anak. Bisa liburan dimana saja atau bisa membuka usaha.

Back to Content ↑

Bagaimana Cara Berinvestasi?

Siapapun saat ini bisa berinvestasi. Dan cara berinvestasi di era modern saat ini juga semakin mudah. Ada banyak investasi yang bisa dilakukan. Mulai dari investasi emas, investasi reksadana, investasi saham, dan lain-lain.

Nah, di bawah ini merupakan daftar aplikasi investasi yang terpercaya dan cukup bagus:

Back to Content ↑

1. Bibit (Reksadana)

Bibit merupakan aplikasi reksadana yang cukup banyak penggunanya. Saat ini pengguna aplikasi Bibit mencapai 1 juta lebih. Rating di Playstore sendiri cukup bagus, yaitu 4.7 dari 5.0. Bibit menyediakan berbagai macam jenis reksadana.

Jenis Reksadana tersebut adalah reksadana pasar uang, reksadana saham, dan reksadana campuran. Aplikasinya sendiri sangat ringan, hanya 6 MB saja. Aplikasi ini sudah terdaftar secara resmi di OJK. Jadi sudah pasti aman.

Kelebihan aplikasi Bibit:
  • Ringan dan Aman
  • Memiliki tampilan yang menarik
  • Menggunakan teknologi untuk mengenali karakter investor
  • Bisa investasi mulai dari Rp. 10.000.

Back to Content ↑

2. Tanam Duit (Emas dan Reksadana)

Selanjutnya ada aplikasi Tanam Duit. Aplikasi ini hadir sebelum aplikasi Bibit ada. Dengan Tanam Duit, pengguna bisa membeli berbagai produk investasi. Mulai dari produk reksadana hingga produk emas.

Untuk pembelian emas, pengguna bisa mencetaknya dalam bentuk sertifikat. Dan tentu saja emas bisa dicetak dalam bentuk fisik. Hebatnya lagi pengguna Tanam Duit bisa mendaftar dan membeli polis asuransi. Tenang aplikasi ini aman dan sudah terdaftar di OJK.

Kelebihan aplikasi Tanam Duit:
  • Bisa membeli reksadana, emas, dan asuransi dalam satu aplikasi
  • Minimal investasi reksadana mulai Rp. 10.000
  • Menyediakan reksadana Syariah.

Back to Content ↑

3. Koinworks (P2P Lending dan Emas)

Selanjutnya ada aplikasi P2P Lending. P2P Lending adalah platform yang digunakan untuk menyalurkan orang yang membutuhkan modal dengan orang yang memiliki modal. Jadi P2P Lending hanya sebagai penyalur saja. Salah satu aplikasi P2P Lending adalah Koinworks.

Koinworks bukan hanya sebagai platform P2P Lending. Tapi juga menjadi platform jual/beli emas yang terpercaya. Koinworks memiliki tampilan yang menarik. Didalamnya terdapat fitur pendanaan untuk berbagai macam perusahaan dan berbagai pinjaman bisnis.

Kelebihan aplikasi Koinworks:
  • Menjadi platform P2P terpercaya
  • Bisa digunakan untuk membeli/menjual emas
  • Bisa juga meminjam dana untuk bisnis
  • Bunga hasil P2P Lending lebih besar dari bank.

Back to Content ↑

4. Tamasia (Emas)

Investasi emas saat ini sedang digandrungi masyarakat. Jadi wajar saja kalau semakin beragam penyedia layanan jual beli emas. Salah satu aplikasi jual beli emas terpopuler adalah Tamasia.

Dengan Tamasia, pengguna bisa membeli emas dimana saja dan kapan saja. Dan hebatnya lagi, pengguna bisa membeli emas mulai dari harga RP. 10.000. Selain itu, pengguna bisa membuat kado emas untuk saudara atau kerabat.

Kelebihan aplikasi investasi Tamasia:
  • Bisa beli mas hanya Rp. 10.000
  • Diawasi oleh BAPPEBTI
  • Tersedia di App Store (iOS) dan Playstore (Android)
  • Memiliki rating 4.5 dari 5.0.

Back to Content ↑

5. Bareksa (Reksadana)

Bareksa merupakan salah satu pelopor jual beli reksadana di Indonesia. Dibandingkan dengan aplikasi Bibit dan Tanam Duit, Bareksa memiliki varian reksadana yang lebih banyak. Bareksa sendiri sudah diawasi langsung oleh OJK, sehingga sudah pasti aman.

Jenis reksadana yang disediakan oleh Bareksa diantaranya Reksadana Campuran, Reksadana Saham, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Pasar Uang, Reksadana Index. Minimal investasi adalah Rp.10.000 dan sudah bisa melalui dompet digital OVO.

Kelebihan aplikasi Bareksa:
  • Memiliki banyak pilihan reksadana
  • Sudah bisa menggunakan OVO
  • Proses pembelian cepat
  • Memiliki tampilan aplikasi yang menarik.

Back to Content ↑

6. Amartha (P2P Lending)

Amartha merupakan platform P2P Lending tertua di Indonesia. Dan perusahaan di belakang Amartha adalah Mandiri Capital yang sangat dipercaya sebagai perusahaan investasi. Aplikasi ini menjembatani pengguna dengan ribuan UMKM yang ada di seluruh Indonesia.

Info menarik, CEO Amartha sendiri menjadi staf khusus milenial Presiden Joko Widodo. Kontribusi Amartha sendiri cukup besar bagi roda perekonomian Indonesia. Jadi tidak heran kalau CEO dipercaya Presiden untuk bergabung di pemerintahan.

Kelebihan aplikasi Amartha:
  • Menyediakan pinjaman secara Syariah
  • Memiliki program kode referral
  • Adanya asuransi untuk mengurangi resiko kerugian gagal bayar.

Back to Content ↑

7. Ajaib (Saham dan Reksadana)

Selanjutnya ada aplikasi Ajaib. Aplikasi Ajaib dimiliki perusahaan bernama PT. Ajaib Sekuritas Asia. Sebelumnya aplikasi Ajaib hanya melayani pembelian reksadana saja. Namun Ajaib ternyata melirik juga pasar trading saham online.

Secara resmi mulai bulan Mei 2020, Ajaib sudah bisa transaksi saham. Berbeda dengan aplikasi lain, Ajaib memiliki fitur forum yang memungkinkan penggunanya berinteraksi. Saat ini pengguna Ajaib sudah mencapai 500 ribu lebih.

Kelebihan Ajaib:
  • Bisa membeli saham dan reksadana dalam satu aplikasi
  • Adanya fitur forum yang memungkinkan untuk komunikasi antar pengguna
  • Ada penasihat keuangan yang bisa diajak konsultasi secara gratis
  • Memiliki program referral dan misi dengan hadiah saham.

Back to Content ↑

Sebenarnya ada banyak lagi daftar aplikasi investasi yang bisa masuk daftar diatas. Dengan berbagai kemudahan dan fitur. Sudahkah kamu memilih jenis investasi yang cocok untuk Anda? Jangan sampai salah pilih produk investasi. Intinya carilah investasi yang aman dengan resiko yang sesuai dengan diri Anda, agar keuntungan yang didapat sesuai dengan resiko. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!