Skip to main content

Pengertian Trading Saham

Pengertian Trading Saham
Trading Saham

Pengertian Trading Saham

Memahami pengertian trading saham adalah hal penting yang harus Anda lakukan sebelum ikut melakukan transaksi di dalamnya. Mengapa harus memahami terlebih dahulu? Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan yang menyebabkan Anda kehilangan banyak uang.

Dalam artikel ini Anda akan memahami tentang pengertian trading saham, cara membuka rekening saham dan melakukan transaksi dan tips yang harus dilakukan agar trading saham yang Anda lakukan berjalan dengan lancar.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Investasi Bermodal Minim Untuk Pemula

Pengertian Trading Saham

Sebelum membahas tentang pengertian trading saham, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya saham itu?

Sederhananya, saham adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk dimiliki oleh perorangan atau lembaga. Surat ini merupakan bukti kepemilikan aset pada sebuah perusahaan sehingga orang yang memegangnya bisa dianggap sebagai bagian dari pemilik.

Saham umumnya dikeluarkan secara bebas oleh sebuah perusahaan dan bisa dibeli oleh masyarakat umum melalui sekuritas. Saham juga akan ada di dalam bursa efek sehingga setiap hari bisa diperjualbelikan secara kontinyu sehingga harganya mengalami kenaikan atau penurunan.

Nah, trading saham adalah proses membeli atau menjual saham dari suatu perusahaan melalui sekuritas tertentu sesuai dengan trend pasar yang sedang terjadi.

Jadi, Anda bisa membeli saham dari perusahaan tertentu pada hari ini. Atau menjual saham yang sudah pernah dibeli sebelumnya karena memiliki nilai yang cukup besar dibandingkan saat Anda membelinya.

Back to Content ↑

Cara Membuka Rekening Saham

Trading saham hanya bisa dilakukan melalui sekuritas resmi yang bekerja sama dengan bursa efek. Jika Anda ingin melakukan transaksi jual atau beli saham ada baiknya membuka rekening saham atau RDN di bank yang bekerja sama dengan sekuritas.

Berikut cara membuka rekening saham yang bisa Anda lakukan:

  • Jika Anda membuka rekening dana nasabah dengan menggunakan sekuritas ada baiknya memilih platform yang benar. Salah satu yang bisa digunakan adalah Ajaib.
  • Lakukan pendaftaran seperti biasa dengan memasukkan nama lengkap melakukan scan KTP, NPWP, Buku Tabungan, atau persyaratan lain yang diminta.
  • Anda juga akan diminta melakukan tanda tangan secara digital.
  • Proses pengajuan RDN atau rekening yang digunakan untuk melakukan transaksi saham biasanya berjalan sekitar 1 sampai 7 hari.
  • Apabila rekening sudah selesai, Anda akan mendapatkan email notifikasi.
  • Di dalam aplikasi fitur untuk melakukan top up pada RDN juga sudah tersedia sehingga Anda bisa segera melakukan.

Jika Anda membuka RDN melalui bank tertentu ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Pastikan melakukan riset terlebih dahulu tentang apa saja persyaratan untuk membuka RDN dari bank tersebut.
  • Datang lebih awal agar Anda tidak antre terlalu lama karena proses pembukaan RDN kemungkinan akan membutuhkan waktu.
  • Kemungkinan besar RDN akan aktif saat itu juga dan Anda bisa melakukan transaksi pembelian saham melalui sekuritas yang sudah bekerja sama dengan bank.

Back to Content ↑

Cara Melakukan Trading Saham

Setelah memiliki rekening dana nasabah atau RDN, Anda bisa segera melakukan transaksi pembelian atau penjualan saham. Untuk melakukan transaksi Anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini:

  • Buka aplikasi sekuritas agar proses jual beli saham yang akan Anda lakukan berjalan dengan instan.
  • Pastikan Anda sudah memiliki saldo yang bisa dibelanjakan saham-saham sesuai dengan kebutuhan.
  • Perhatikan harga saham yang dikeluarkan oleh beberapa perusahaan titik ada saham yang memiliki harga ratusan rupiah saja, ada juga yang harganya sampai puluhan ribu.
  • Saat membeli saham Anda harus melakukan transaksi pembelian 1 lot atau sekitar 100 lembar saham per jenisnya. Misal 1 saham harganya Rp 400, harga 1 lot saham akan menjadi Rp 40.000.
  • Pilih jenis saham yang menurut Anda baik dan berpotensi akan terus naik sepanjang tahun. Beli minimal 1 lot atau sesuai dengan dana yang Anda miliki saat itu.
  • Semua saham yang sudah Anda beli bisa dilihat di dalam menu portofolio.

Back to Content ↑

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Trading Saham

Transaksi saham terlihat mudah karena prosesnya hanya menjual atau membeli saja titik namun, Anda bisa mengalami kerugian jika salah memprediksi saham-saham mana saja yang seharusnya dijual atau dibeli saat tertentu.

Untuk menghindari kesalahan saat trading saham ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips menarik di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Memahami Informasi Perusahaan

Dalam dunia trading saham umumnya ada dua jenis trader. Pertama adalah trader yang melakukan transaksi jual dan beli sesuai dengan fundamental yang dimiliki oleh perusahaan. Kedua adalah orang yang melakukan transaksi dengan melihat kurva atau grafik dari transaksi.

Apabila Anda terbiasa membaca laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan berarti termasuk. Saat ini semua perusahaan yang melakukan jual beli saham di bursa efek mengeluarkan laporan keuangannya secara berkala sehingga para trader bisa membaca dan melakukan analisis.

Back to Content ↑

2. Memilih Sekuritas yang Tepat

Hal kedua yang harus diperhatikan dengan baik sebelum melakukan trading saham adalah memilih sekuritas yang tepat. Sekuritas adalah platform yang Anda gunakan untuk mendaftarkan rekening dana nasabah atau RDN dan juga melakukan transaksi jual beli saham.

Saat ini ada cukup banyak sekuritas yang ada di Indonesia. sekuritas ini dikeluarkan oleh lembaga keuangan atau tertentu untuk menjembatani proses jual beli saham. Sebelum melakukan trading ada baiknya memilih sekuritas yang benar-benar bisa dipercaya.

Anda bisa mengecek bagaimana ulasan dari pengguna sekuritas dan berapa banyak orang yang menggunakannya. Semakin positif sekuritas diulas oleh banyak orang maka semakin baik pula layanan yang diberikan sehingga Anda bisa memilihnya.

Back to Content ↑

3. Paham Mana Saja Saham Terbaik

Ada ratusan saham yang diperjualbelikan setiap hari di bursa efek Indonesia. Kalau Anda masih pemula ada baiknya membeli saham-saham memang sudah dikenal baik grafiknya cenderung naik sepanjang tahun.

Anda harus mengenal saham-saham yang dianggap blue chip seperti saham-saham dari bank swasta atau pertambangan. Selain itu ada juga beberapa saham yang masuk sebagai saham terbaik di bursa efek Indonesia dan sering dijuluki sebagai LQ45 dan IDX30.

Back to Content ↑

4. Selalu Memperhatikan Kondisi Terkini

Perhatikan kondisi terkini seperti trend berita ekonomi atau berita yang mampu mempengaruhi harga saham. Berita seperti ini umumnya memiliki efek singkat yang membuat saham jadi naik atau turun secara berkala.

Berita atau transportasi ini cocok untuk Anda yang suka mengambil keuntungan pada saham-saham tertentu. Namun, jika Anda ingin melakukan investasi jangka panjang dan seperti ini tidak perlu dipikirkan terlalu berlebihan.

Back to Content ↑

5. Bergabung ke Komunitas Saham

kalau Anda masih pemula ada baiknya untuk bergabung ke komunitas saham yang saat ini bisa ditemukan di banyak media sosial seperti Facebook atau Instagram. Mereka kerap membagi informasi yang bermanfaat, sehingga Anda bisa lebih mahir saat melakukan trading saham.

Back to Content ↑

Setelah mengetahui pengertian trading saham yang dibahas diatas, Anda jadi lebih paham tentang apa itu saham dan manfaatnya untuk perusahaan dan masyarakat. Jadi, Anda tidak akan melakukan kesalahan lagi yang menyebabkan modal atau dana hilang dengan cepat.

Terpenting dari semuanya, trading saham adalah tempat untuk melakukan investasi jangka panjang tit jadi, Anda disarankan untuk membeli saham-saham yang memang memiliki fundamental yang baik atau tergolong blue chip. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!