Skip to main content

15 Tips Traveling Hemat

15 Tips Traveling Hemat
Tips Traveling Hemat

15 Tips Traveling Hemat

Dalam era sekarang banyak orang yang beranggapan bahwa hobi traveling identik dengan menghamburkan uang. Untuk pergi ke tempat-tempat wisata maupun mengunjungi daerah-daerah lain yang belum pernah dikunjungi, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun semua orang dapat berlibur tanpa harus keluar biaya besar. Traveling hemat juga bukan berarti membuat kesenangan Anda berkurang. Justru malah dengan traveling hemat ini, pengalaman-pengalaman baru yang seru juga akan Anda rasakan.

Untuk merencanakan traveling hemat biaya, lakukan beberapa tips hemat dibawah ini:

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 5 Langkah Liburan Antistress

Membuat Rencana Sejak Awal

Merencanakan suatu kegiatan sejak awal, merupakan tanda bahwa Anda memang siap melakukan perjalanan. Dalam hal ini, tidak hanya tentang destinasi wisata saja, tetapi semua akomodasi juga harus dipersiapkan dengan membuat berbagai perencanaan.

Hindari perjalanan dadakan, terutama jika akan menempuh perjalanan yang sangat jauh. Liburan mendadak memiliki resiko hasil yang tidak sesuai dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Berbagai kendala bisa kamu alami saat traveling, hanya karena kamu tidak memiliki rencana dan persiapan yang matang sejak awal. Ini akan sangat merugikan diri sendiri dan membuang-buang waktu yang dapat dihabiskan untuk kegiatan lain.

Back to Content ↑

Atur Bagasi Sesuai Kebutuhan

Anda harus menyesuaikan barang bawaan dengan rencana berapa hari Anda akan berjalan mulai berangkat hingga pulang kembali. Jangan sampai Anda membawa semua barang-barang pribadi dari rumah. Bawalah pakaian dan barang yang sesuai dengan keadaan dan kondisi di tempat tujuan Anda.

Back to Content ↑

Beli Tiket Jauh Hari

Jika Anda sudah fix dalam merencanakan perjalanan wisata, Anda harus tahu waktu yang tepat untuk membeli tiket. Pastikan untuk membeli tiket Jauh-jauh hari ke tujuan traveling. Jika Anda akan melakukan traveling hemat biaya, sangat dianjurkan untuk membeli tiket beberapa bulan sebelumnya.

Back to Content ↑

Pilihlah Penginapan yang Murah dan Aman

Untuk para traveling hemat biaya, penginapan dapat dilakukan dimana saja. Misalnya jika Anda traveling bersama keluarga, Anda bisa memilih homestay yang ada dapurnya sehingga bisa masak sendiri. Lakukan pemesanan untuk penginapan sejak jauh-jauh hari setelah tanggal liburan ditentukan.

Back to Content ↑

Memilih Destinasi Liburan Sesuai dengan Budget

Pilihlah destinasi liburan sesuai budget. Dengan begitu, traveling hemat akan terealisasikan. Anda juga harus melakukan survey untuk lokasi yang akan dikunjungi nanti. Hal ini bisa Anda lakukan secara online dengan melihat informasi tempat-tempat wisata, penginapan dan lainnya. Lihat beberapa destinasi, lakukan perbandingan untuk setiap biaya yang akan dikeluarkan.

Back to Content ↑

Liburan di Luar Waktu Libur Nasional

Untuk melakukan traveling hemat biaya, Anda harus memilih waktu yang cocok seperti pada hari libur diluar Libur Nasional. Misalnya pada liburan di hari biasa, Anda bisa mengajukan cuti selain hari libur pada umumnya seperti akhir pekan dan hari libur nasional.

Secara umum, bepergian di luar masa libur nasional membuat harga penginapan, tiket masuk turis, dan tiket pesawat, kereta, bus, atau kapal jauh lebih murah dari biasanya. Semua ini pasti akan menghemat banyak uang. Tak hanya itu, di musim seperti ini tempat wisata ini akan lebih sepi, sehingga Anda bisa lebih leluasa mengeksplorasi setiap destinasi yang Anda kunjungi.

Back to Content ↑

Cari dan Gunakan Promo

Jangan lupa saat merencanakan liburan, sebaiknya cari berbagai promo diskon atau cashback. Di musim liburan, apalagi menjelang akhir tahun, banyak sekali penawaran promo tiket, hotel, atraksi, dan aktivitas liburan.

Back to Content ↑

Rekomendasi Makanan Murah

Tidak hanya mencari objek wisata, Anda juga harus mencicipi kuliner khas di tempat tersebut. Oleh karena itu, berbagai rekomendasi kuliner murah harus Anda cari melalui review di berbagai sumber. Hindari makan di restoran mewah.

Untuk pengalihannya Anda bisa makan di sekitar tempat wisata, seperti jajanan atau warung makan yang lebih murah. Namun jangan terlalu banyak agar dapat merasakan kekayaan kuliner destinasi Anda lainnya.

Back to Content ↑

Siapkan Uang Cadangan dan Asuransi

Dalam setiap perjalanan, jangan pernah melupakan uang cadangan. Siapkan dana cadangan di luar anggaran perjalanan Anda, agar perjalanan tidak mengganggu keuangan Anda. Jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan setelah kembali berlibur, hanya karena tidak memiliki uang cadangan sejak awal.

Selain itu persiapkan juga asuransi untuk perjalanan ini, karena kita tidak pernah tahu kapan bencana dan berbagai gangguan kesehatan akan datang. Semua ini harus dipersiapkan sebelumnya. Apalagi saat liburan cuaca kurang mendukung karena sering terjadi perubahan suhu dan cuaca.

Back to Content ↑

Menggunakan Transportasi Umum

Ada banyak transportasi yang murah dan bisa dipilih, misalnya bus atau angkutan umum lainnya. Pastikan Anda mencari informasi terlebih dahulu, termasuk menyesuaikannya dengan lokasi penginapan. Perhatikan juga jam operasional transportasi ini, mengingat di beberapa daerah transportasi hanya beroperasi pada jam-jam tertentu.

Back to Content ↑

Buat Perincian Biaya

Satu hal penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah memecah biaya perjalanan Anda. Tentukan anggaran minimum yang dibutuhkan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian tingkatkan anggaran Anda untuk berjaga-jaga. Dengan anggaran awal, Anda akan mendapatkan batasan pengeluaran Anda dan terhindar dari biaya yang tidak perlu.

Back to Content ↑

Lakukan Perjalanan Malam

Bepergian pada malam hari merupakan salah satu cara untuk meminimalkan anggaran perjalanan. Anda akan tidur di kendaraan seperti bus, kereta api, perahu dan pesawat sehingga tidak perlu lagi menyewa penginapan. Namun yang perlu diperhatikan adalah bikin senyaman mungkin selama perjalanan malam saat sudah sampai di tempat tujuan. Efektif bila diterapkan pada perjalanan jauh yang memakan waktu berjam-jam.

Back to Content ↑

Belanja Oleh-oleh dengan Cerdas

Belanja oleh-oleh seringkali menjadi salah satu pengeluaran perjalanan yang paling tidak terkendali. Untuk menghindari hal seperti ini, luangkan waktu Anda dengan membuat daftar oleh-oleh yang akan dibeli, namun tetap sesuai dengan budget Anda. Pilih tempat berbelanja oleh-oleh di pusat pasar yang menawarkan harga termurah. Belanja oleh-oleh sesuai dengan yang sudah ada di list sebelumnya, agar perjalanan Anda tetap berkesan dan hemat di kantong.

Back to Content ↑

Kunjungi Tempat Wisata Baru

Kendaraan atau tempat wisata yang baru dibangun atau yang baru berdiri bisa menjadi alternatif tempat wisata yang murah meriah untuk Anda. Karena biasanya tempat wisata yang baru saja dibuka akan selalu memberikan harga promo yang murah meriah. Beda halnya dengan tempat wisata terkenal. Biasanya mereka selalu menaikkan harga tiket saat hari raya berlangsung atau sudah memberikan harga normal tanpa promo.

Back to Content ↑

Carilah Teman Perjalanan

Jika Anda ingin liburan dengan biaya lebih murah, maka pergilah berlibur bersama teman-teman Anda. Anda bisa menghemat biaya penginapan karena bisa memilih kamar untuk lebih banyak orang. Anda juga bisa mendapatkan paket rombongan di tempat-tempat wisata, sehingga menghemat pengeluaran Anda.

Meski begitu, cara ini dinilai kurang cocok jika ingin berlibur sendiri atau hanya bersama orang terdekat. Namun keuntungan dari cara ini adalah Anda dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan teman-teman Anda dan tentunya biaya liburan akan lebih murah.

Back to Content ↑

Itulah beberapa tips traveling hemat yang bisa membantu Anda saat hendak pergi berlibur. Pastikan semuanya sesuai keinginan atau sudah direncanakan. Dengan begitu, liburan Anda akan lebih tenang dan nyaman. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!