Skip to main content

Tutorial Senam Irama untuk Pemula

Tutorial Senam Irama untuk Pemula
Senam Irama

Tutorial Senam Irama untuk Pemula

Senam irama yang bisa disebut juga senam ritmik ini biasanya dilakukan dengan mengikuti irama dari musik. Senam ini memiliki alat bantu yang digunakan yaitu simpai, pita, bola, tali, dan tongkat dengan gerakan seperti sedang menari. Senam ini patut dicoba selain karena olahraga senam ini juga baik untuk kesehatan, senam ini juga sangat menyenangkan juga menantang dan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Biasanya senam ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu yang sudah disebutkan diatas, namun senam ini juga dapat dilakukan tanpa adanya alat bantu. Dibawah ini terdapat beberapa penjelasan tentang Senam Irama beserta manfaat dari senam irama.

TOC / Daftar Isi

Senam Irama dengan Alat Tali

Senam irama yang menggunakan tali memiliki gerakan seperti melakukan lompat tali, namun gerakan dengan tali lebih memiliki variasi seperti membentuk angka 8, melompat, berputar, berayun, dan juga gerakan melempar. Untuk bahan pembuatan tali ini bisa menggunakan bahan rami, dan panjangnya mengikuti dari tinggi atlet yang menggunakan.

Back to Content ↑

Senam Irama dengan Alat Pita

Kemudian senam irama dengan menggunakan pita ini lebih membentuk gerakan zig zag, spiral, berayun, dan lingkaran. Anda akan membutuhkan pelatih untuk melakukan gerakan tersebut, panjang pita ujung ke ujung minimal 6m/20 kaki, dengan berat 35 gr, dan lebar 4 sampai 6 cm. pita yang digunakan biasanya tidak memiliki warna dan terbuat dari bahan satin atau yang lainnya.

Back to Content ↑

Senam Irama dengan Alat Tongkat

Senam irama dengan tongkat ini memerlukan banyak latihan agar tidak salah saat melakukan trik trik dengan tongkat tersebut. Gerakan yang dilakukan seperti menghentakkan tongkat, melemparkan juga menangkap serta masih banyak gerakan lain yang digunakan dengan tongkat dan mengikuti irama music. Bahan yang digunakan untuk membuat tongkat ini bisa dari kayu atau bahan sintetis lainnya, dengan Panjang 40 sampai 50 cm, berat yang dimiliki lebih dari 150 gr, dan di setiap ujung tongkat tersebut biasanya diberi pita perekat.

Bagaimana cara melakukan senam irama dengan bola?

Back to Content ↑

Senam Irama dengan Alat Bola Karet

Selanjutnya senam irama yang dibantu dengan menggunakan bola karet, gerakan yang dilakukan menggunakan bola karet ini dengan dipantulkan, dilempar, digulingkan dengan badan yang bergerak mengikuti Irama music yang dimainkan. Bola karet yang digunakan untuk senam irama ini biasanya berdiameter 18 sampai 20 cm, dengan berat harus lebih dari 40 gr, untuk warna bola karet yang digunakan berwarna bebas.

Back to Content ↑

Senam Irama dengan Alat Simpai

Senam irama menggunakan simpai, simpai ini berbentuk lingkaran besar yang terbuat dari rotan atau plastik, gerakan yang dilakukan dengan simpai ini bisa berupa melempar kemudian menangkap kembali simpai, dan membentuk angka 8. Diameter yang harus digunakan simpai ini antara 51 sampai 90 cm, dengan berat minimal 300 gr. Jangan lupa untuk melakukan peregangan yang cukup karena gerakan yang dibutuhkan akan sulit sesuai dengan alat, gerakan, dan harus mengikuti irama musik tentunya.

Back to Content ↑

Senam Irama Tanpa Alat

Senam irama juga dapat dilakukan tanpa menggunakan alat apapun itu, hal ini sangat cocok dilakukan untuk pemula yang baru belajar senam irama. Tidak ada gerakan kompleks yang harus dilakukan, hanya gerakan gerakan dasar saja seperti melakukan Langkah ke depan, Langkah biasa, Langkah rapat, Lompat ke depan dan yang lainnya. Trik ini lebih menekankan pada gaya, teknik, dan gerakan tari.

Senam irama ini juga merupakan salah satu olahraga tentunya, disetiap olahraga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. Senam irama pun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita, berikut beberapa manfaat dari senam irama.

Back to Content ↑

6 Manfaat Senam Irama untuk Tubuh

1. Sehat untuk Jantung

Senam irama ini dilakukan dengan menggunakan musik dan pesenam harus mengikuti irama dari musik tersebut, jika irama music berada dalam tempo yang lambat maka gerakan senam akan ikut melambat dan membutuhkan keluwesan pada tubuh, kemudian jika tempo irama musik cepat maka gerakan senam akan ikut cepat yang akan menjadikan gerakan semakin lincah.

Gerakan tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung, karena gerakan yang dilakukan begitu seimbang antara yang cepat dan juga lambat. Darah akan terpompa secara cepat oleh jantung jika mendapati suatu gerakan yang cepat, dan akan terjadi sebaliknya jika gerakan melambat. Pada umumnya orang yang melakukan senam irama menjadikan kesehatan jantung baik atau stabil.

Apakah senam ini bermanfaat juga untuk tulang?

Back to Content ↑

2. Sehat untuk Tulang

Pada saat praktek atau melakukan sebuah gerakan senam irama itu juga akan melatih kekuatan dan kesehatan pada tulang, manfaatnya saat tulang Anda tetap kuat dan sehat akan sangat berguna untuk menopang beban berat selama menjalani aktivitas setiap harinya. Melakukan gerakan senam irama akan menghindari Anda dari penyakit tulang dan penyakit lainnya.

Back to Content ↑

3. Menjadikan Otot Kuat

Gerakan pada senam irama ini akan menjadikan jaringan otot-otot Anda lebih kuat dan juga lentur, sebab gerakan senam irama yang mengikuti irama pada music akan menjadikan tubuh anda bergerak lebih cepat dan bisa juga lambat. Disaat otot-otot Anda menjadi lentur dan kuat akan mampu meningkatkan gerak tubuh yang terjangkau, kemudian akan mencegah mengalami tubuh yang kaku dan juga terhindar dari cedera disaat melakukan aktivitas yang tidak biasa.

Back to Content ↑

4. Pembakaran pada Lemak

Pada umumnya saat Anda melakukan gerakan yang lebih dari biasanya akan membakar lemak lebih yang ada pada tubuh, apalagi melakukan gerakan senam irama yang membutuhkan kelincahan, keluwesan, keseimbangan pada fisik dengan mengikuti irama musiknya akan membuat Anda bergerak lebih dari biasanya. Disaat Anda melakukan gerakan yang tidak ada henti, tentu lemak yang berlebih juga akan ikut terbakar.

Back to Content ↑

5. Stress yang Dapat Diatasi

Setiap harinya wajar jika Anda mengalami stress, namun hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami gangguan Kesehatan pada tubuh. Adanya stress ini disebabkan oleh banyak hal yang menyangkut aktivitas setiap harinya, Anda bisa mengatasi hal ini dengan melakukan senam irama, karena saat melakukan senam irama ini Anda akan terbawa oleh suasana yang penuh energi dan begitu ceria. Disaat Anda melakukannya stress yang hadir akan surut secara bertahap.

Back to Content ↑

6. Pengoptimalan pada Otak

Otak akan lebih terawat dan lebih optimal dengan melakukan senam irama, gerakan gerakan yang terjadi beriringan dengan irama music, irama music diaktakan bisa menurunkan kadar pada hormon epinefrin dan kortisol. Stress disebabkan oleh kedua hormon tersebut yang digantikan dengan antidepresan seperti norepineprin. Anda juga akan terhindar dari penyakit lainnya, jika Anda tidak stress atau lebih tenang dalam menghadapi sesuatu pada setiap hari di semua aktivitas yang dijalani.

Jika otak dapat terawat dan optimal, maka pikiran Anda akan lebih positif, hal ini juga dapat mempengaruhi emosi Anda karena otak merupakan pusat dari segala hal yang Anda lakukan

Back to Content ↑

Demikian artikel tentang Tutorial Senam Irama Pemula yang kami buat. Semoga bermanfaat untuk kita semua, Sekian dan Terima Kasih!