Skip to main content

Spesifikasi Laptop Lenovo dengan Stylus Pen Seri Yoga 9i

Spesifikasi Laptop Lenovo dengan Stylus Pen Seri Yoga 9i
Spesifikasi Laptop Lenovo dengan Stylus Pen Seri Yoga 9i

Spesifikasi Laptop Lenovo dengan Stylus Pen Seri Yoga 9i

Sedang cari laptop dari Lenovo dengan spesifikasi yang bagus dan sudah layar sentuh? Jika iya maka seri Yoga 9i adalah jawaban yang tepat. Seri ini memiliki spesifikasi yang bisa dibilang memukau. Langsung saja yuk simak ulasan lengkap review laptop lenovo dengan stylus pen seri Yoga Slim 9i.

TOC / Daftar Isi

Spesifikasi Utama

Sebelum berbicara terlalu jauh mengenai laptop lenovo dengan stylus pen seri Yoga Slim 9i ada baiknya Anda ketahui dulu spesifikasi utama yang dibekalkan di dalamnya.

  • Untuk prosesor ada Intel Core i7 1280P. Prosesor ini sesuai dengan syarat EVO yang paling baru. Berikut rincian lengkapnya:
    • Core Gen 12
    • Codename – Alder Lake
    • Fabrikasi – Intel 7
    • Base Power – 28 Watt
    • 14-Core/20-Thread yang mana terdiri atas 6 Performance Core/P-Core I8 Efficient Core atau E-CoreIntel Smart Cache – 24 MB
  • Integrated Graphics: Intel Iris Xe Graphics dengan 96 Execution Units
  • Memory dan RAM: 16 GB LPDDR5 5200 MHz Dual Channel
    • Onboard, tidak dapat di-Upgrade
    • Sesuai dengan syarat EVO – Minimal 8 GB Dual Channel
  • Storage: 1TB SSD M.2 NVMe serta jalur PCIe Gen 4x4. Hal ini syarat EVO – Minimal SSD NVMe PCIe 256GB
  • Wireless Connectivity: memakai modul Intel Wi-Fi 6E EX211 yang akan mendukung beberapa hal seperti:
    • Mendukung Wi-Fi 6E dan bisa memakai Band 6 GHz serta 5 GHz serta 2.4 GHz
    • Mendukung Gigabit Wi-Fi
    • Bluetooth V5.2
  • Battery Capacity: 75 Whr
  • Operating System: Windows 11

Back to Content ↑

Desain

Laptop Lenovo dengan stylus pen seri Yoga 9i merupakan tipe generasi paling baru yang datang bersama form factor Convertible ataupun 2-in-1. Dengan kata lain nantinya para user bisa menggunakan laptop ini ke dalam bentuk Tablet. Caranya adalah dengan memutar layarnya sebanyak 360°. Jadi laptop Yoga 9i bisa dikatakan telah memenuhi syarat EVO pada Form Factor 2-in-1.

Back to Content ↑

Bahan Material dan Bentuk

Mengenai bahan material Yoga 9i dibuat dari bahan Aerospace-grade Aluminum. Ada dua pilihan warna yakni Oatmeal dan Storm Grey. Pilih saja kiranya mana warna yang paling Anda sukai. Sebenarnya ada beberapa elemen bentuk yang mana masih mengadopsi dari generasi sebelumnya. Perubahan yang bisa Anda lihat dan paling kentara ada di bagian pinggiran bodi. Dimana untuk seri terbaru kini sudah mempunyai bentuk membulat.

Bentuk membuat tersebut nantinya akan membuat tangan Anda merasa lebih nyaman ketika memegang Laptop Lenovo dengan stylus pen Yoga 9i. Terlebih lagi pada saat bentuknya berubah jadi Tablet. Pada bagian body yang membulat tadi ternyata juga diberi Glossy Jeweled Finish. Secara otomatis hal ini mampu membuat penampilannya berkesan semakin mewah.

Back to Content ↑

Dimensi dan Bobot

Lanjut ke sisi dimensi, perangkat Lenovo 9i mempunyai panjang 31.9 cm, lebar 23,1 cm serta untuk ketebalan sisi paling tipis ada di angka 1,52 cm sedangkan sisi paling tebal pada 1,65 cm. Bobotnya yakni 1,42 Kg. Untuk charger yang dibawakan adalah Type C 100W dengan berat 282 gram. Total bobot untuk keseluruhan laptop plus charger yakni 1.7 Kg.

Back to Content ↑

Display

Beralih pada bagian display, ukuran layar Laptop Lenovo dengan stylus pen Yoga 9i adalah 14 inch dan sudah memiliki fungsi touchscreen. Dari fungsi layar sentuh tersebut tentunya juga sudah disertakan Lenovo Precision Pen 2 untuk pembelian satu dalam paket penjualan. Dengan begitu Anda akan lebih mudah ketika hendak melakukan aktivitas menggambar maupun menulis.

Stylus yang ada sudah mendukung protokol WACOM AES 2.0 dan 4096 tingkat tekanan. Bahkan stylus ini diklaim memiliki daya tahan baterai sampai 100 jam loh. Selanjutnya jika baterai sudah habis maka Anda dapat mengisi daya ulang lewat konektor USB-C. Mudah bukan?

Layar berukuran 14 inch memiliki resolusi 3840 x 2400 Pixel serta Aspect Ratio 16:10. Masih sama hal ini syarat EVO yakni minimal Full HD. Panel yang dipakai adalah OLED. Menurut Lenovo panel yang ada pada laptop dengan stylus pen Yoga 9i memiliki tingkat kecerahannya 400 Nits serta Color Gamut 100% DCI-P3.

Back to Content ↑

Kamera

Yoga 9i sudah dilengkapi Kamera Infra Merah 1080P @30 FPS. Hal ini pun sesuai syarat EVO, yakni minimal Kamera adalah 1080P @30 FPS. Sedangkan berbicara kualitas gambar pada kamera ini memang mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan Kamera 720P 30 FPS pada Laptop Lenovo seri lain.

Meski begitu apabila Anda membutuhkan kualitas gambar prima terutama untuk Video Chat atau Meeting, tetap disarankan memakai Webcam tambahan maupun Kamera Smartphone. Ada beberapa kemampuan pintar dari kamera khas Laptop Lenovo Yoga, misalnya:

  • Zero Touch Login: Dimana hal ini bisa segera membangunkan Laptop serta melakukan Login ketika pengguna terdeteksi di depan Laptop
  • Zero Touch Lock: Berfungsi untuk mengunci serta menjadikan Laptop masuk pada mode Modern Standby ketika pengguna tidak berada di depan Laptop
  • Zero Touch Video Playback: Secara otomatis mem-Pause Video tontonan ketika pengguna sudah meninggalkan Laptop. Video tontonan akan secara otomatis diputar lagi ketika pengguna kembali pada depan Laptop

Selain itu, beberapa hal di atas juga sesuai dengan syarat EVO paling baru. Dimana terdapat fitur Intel Visual Sensing Technology yang bisa mendeteksi keberadaan pengguna. Kemampuan kamera ini semakin sempurna sebab ditunjang fitur EVO lainnya yakni Dynamic Background Noise Suppression. Fitur yang bisa menghilangkan suara bising pada sekitar ketika Video Chat atau Meeting berlangsung. Keren ya.

Back to Content ↑

Audio

Audio kali ini tidak sama dengan sebelumnya, Lenovo Yoga 9i generasi paling baru justru memakai solusi Audio dari Bowers dan Wilkins. Terdapat empat Speaker, dua buah diletakan pada engsel layar serta Rotating Soundbar yang mana mengarah langsung pada pengguna.

Sementara dua speaker lainnya terletak di bawah Palmrest yang mana keluaran suara menuju ke alas Laptop serta sisi kanan kiri secara vertikal. Tak berhenti disitu saja ada dukungan Software Dolby Access yang mana bisa mengubah profil suara serta Equalizer.

Mengenai kualitas suara yang ada ternyata bisa dibilang sangat oke serta tergolong lantang untuk kelas Laptop setipis ini. Lagi lagi laptop Lenovo dengan stylus pen seri Yoga 9i syarat EVO yakni Immersive audio with premium high-fidelity audio codec/speaker.

Back to Content ↑

Konektor

Bagian konektor serta tombol tersedia diantaranya:

  • Kiri
    • 1X USB 3.2 Gen 2 (10 Gbps)
    • 2X Thunderbolt 4 yang mana mendukung USB 4, Power Delivery, Display Out dengan protokol dan Display Port
  • Kanan
    • Tombol Power
    • 1X USB-C 3.2 Gen 2 (10 Gbps) di mana akan mendukung Power Delivery, Display Out dengan protokol dan Displayport
    • 1X 3.5 MM Audio Combo Jack

Apabila nantinya Anda membutuhkan konektor tambahan, sebaiknya disertakan aksesoris Lenovo USB-C 3-in-1 Hub. Aksesoris ini menyediakan konektor USB-A besar, HDMI besar, serta D-Sub.

Back to Content ↑

Bagaimana cukup memukau bukan spesifikasi dari Laptop Lenovo dengan stylus pen seri Yoga 9i ini? Tak heran jika seri ini patut dijadikan sebagai referensi laptop bisnis terbaik untuk menunjang aktivitas Anda.

Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!