Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Cara Screening Karyawan yang Akan Memudahkan Pekerjaan Anda

Cara Screening Karyawan yang Akan Memudahkan Pekerjaan Anda
Cara Screening Karyawan yang Akan Memudahkan Pekerjaan Anda
Images source: Unsplash.com

Cara Screening Karyawan yang Akan Memudahkan Pekerjaan Anda

Mencari lowongan pekerjaan adalah hal yang penting untuk semua orang. Anda dapat melakukan pemilihan pada lowongan yang sesuai. Namun, ada banyak hal yang perlu Anda lalui jika ingin mendapatkan pekerjaan. Banyak hal yang harus dilalui oleh pihak HR juga. Jadi, tidak hanya Anda saja yang kesulitan. Jika Anda adalah pihak HR, perlu menggunakan cara screening karyawan yang sesuai.

Memang benar halnya sekarang ini kalau yang bekerja sebagai HR akan mendapatkan kemudahan karena semua dokumen biasanya masuk secara online. Jadi, Anda tidak usah membawa dokumen ke rumah dan lainnya lagi. Namun, hal ini juga menyulitkan karena Anda harus mengecek lebih banyak dokumen yang masuk. Yuk, simak cara mudah untuk meringankan pekerjaan Anda juga!

TOC / Daftar Isi

Cara Screening Karyawan dengan Mudah

Anda dapat memilih kandidat yang akan dipanggil untuk interview dengan melakukan screening jauh lebih dulu. Tidak menjadi hal yang sulit untuk mendapatkan karyawan yang terbaik. Anda juga dapat menghemat banyak waktu dengan bantuan dari langkah yang tepat. Berikut ini beberapa langkah mudah dalam melakukan screening dan memanggil karyawan untuk interview dalam waktu singkat:

Back to Content ↑

1. Buat Daftar Basic Requirements

Langkah mudah yang dapat Anda manfaatkan adalah membuat daftar basic requirements jauh lebih dulu. Penting halnya untuk memastikan syarat wajib yang perlu dimiliki oleh para kandidat. Hal ini disebut juga dengan basic requirements. Setelah membuat syarat seperti ini, Anda dapat langsung screening sesuai dengan hal dasar atau syarat yang sudah ditetapkan.

Ketentuan ini dapat memberikan kemudahan karena Anda dapat langsung menyingkirkan semua yang tidak sesuai dengan syarat. Misalnya, penamaan file yang tidak sesuai kemudian CV dengan jumlah halaman tertentu. Ada juga ketentuan untuk pas foto dan berbagai macam dokumen lainnya yang lengkap. Calon karyawan harus memenuhi semua syarat yang ada juga.

Back to Content ↑

2. Memindai Kualifikasi

Setelah menyingkirkan berbagai macam data yang tidak sesuai dengan syarat dasar, Anda dapat melanjutkan langkah lainnya lagi. Mulai dengan mengecek resume yang dikirimkan. Anda tentu dapat melihat kualitas pelamar dengan menuliskan beberapa kriteria. Dalam melihat resume ini, Anda harus memperhatikan dengan baik karena kualitas ditentukan dari sini.

Anda dapat tulis pertimbangan yang diperlukan berupa must have skills yang akan menyesuaikan dengan posisi yang dicari. Langsung coret nama yang tidak mempunyai keterampilan tersebut. Anda dapat melanjutkan langkah selanjutnya dengan memeriksa di bagian pengalaman. Pertahankan orang yang mempunyai pengalaman dalam banyak bidang. Bahkan, pengalaman apa saja juga boleh.

Jauh lebih baik lagi jika menemukan orang dengan pengalaman di bidang yang sama. Anda dapat langsung membuat daftar kandidat dengan melihat isi skills yang ada. Kemudian, buat urutan berdasarkan pengalaman juga. Anda juga dapat membuat urutan dengan nilai tambahan atau kemampuan lain yang dimiliki. Pemeriksaan ini memang memakan waktu dan perlu sangat jeli.

Back to Content ↑

3. Gunakan Recruitment Management System

Cara screening karyawan lainnya yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah menggunakan recruitment management system. Selain itu, dapat melakukan pemilihan pada applicant tracking system juga. Penggunaan aplikasi ini dapat dilakukan dengan mudah dan masuk sebagai sistem yang paling cepat dan memberikan bantuan dalam proses merekrut.

Proses merekrut menggunakan sistem online ini harus Anda lakukan dengan baik. Semua data harus dimasukkan dengan baik sehingga sistem dapat langsung menyesuaikan. Bahkan, dapat digunakan untuk mengatur wawancara jika seleksi sudah selesai. Hasil yang diberikan cukup akurat karena dipilih berdasarkan yang paling sesuai dengan input data yang ada juga.

Back to Content ↑

4 Tips Lolos Screening Karyawan

Sama halnya seperti pasang loker gratis tanpa registrasi, Anda juga dapat menggunakan langkah mudah dalam pencarian pekerjaan. Jika Anda adalah seorang jobseeker, Anda dapat langsung memanfaatkan cara sederhana dengan daftar lowongan kerja terbaru dari Kitalulus.com. Penting halnya untuk menggunakan beberapa tips berikut ini jika Anda ingin lolos dalam proses screening nanti.

Back to Content ↑

1. Melamar Pekerjaan Sesuai Kemampuan

Langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah melamar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda sendiri. Tips yang satu ini merupakan hal yang sangat dasar untuk dilakukan. Percuma saja halnya melakukan pendaftaran pada lowongan pekerjaan yang sulit dan tidak Anda pahami dengan baik. Ada banyak yang sering mengabaikan hal ini dalam melamar pekerjaan.

Penting halnya untuk mencari pekerjaan yang Anda minati dengan baik. Anda juga harus mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan pencarian perusahaan sendiri. Pihak perusahaan akan langsung menyingkirkan nama Anda dalam daftar yang ada jika tidak sesuai kualifikasi. Penting halnya untuk memastikan Anda bekerja berdasarkan kemampuan dan minat yang dimiliki juga.

Back to Content ↑

2. Terus Belajar

Agar Anda dapat lolos dalam cara screening karyawan yang mudah untuk dilakukan, Anda juga harus belajar dengan baik. Terus belajar dan berlatih dapat memberikan Anda berbagai macam kemampuan yang baik untuk ditulis dalam CV. Untuk lolos dalam tahap screening dan mendapatkan pekerjaan, Anda harus berlatih banyak hal. Ada tahapan untuk wawancara menggunakan telepon.

Dengan adanya tahapan wawancara secara langsung atau video call ini jelas merupakan hal penting. Anda harus belajar berkaitan dengan cara komunikasi yang baik dan menyenangkan. Banyak cara mudah untuk memberikan jawaban terbaik dari pertanyaan yang diberikan perekrut. Penting halnya untuk belajar teori berkaitan dengan posisi Anda. Siapkan kemampuan sepenuhnya untuk lamaran.

Back to Content ↑

3. Buat CV dengan Jujur

Langkah lainnya yang dapat Anda manfaatkan adalah membuat CV dengan jujur. Pembuatan CV ini adalah hal yang penting dalam berbagai macam kepentingan. Anda harus membuat CV berdasarkan fakta yang ada. Jangan asal menulis kemampuan dalam CV untuk mempercantik dan dianggap mempunyai banyak pengalaman. Percuma saja jika Anda tidak tahu ketika harus praktek nantinya.

Anda harus menuliskan semua kemampuan yang dimiliki dan relevan dengan posisi yang ada. Pastikan Anda mempunyai bukti untuk kemampuan yang dituliskan. Anda dapat memberikan bukti untuk kemampuan dengan memasukkan sertifikat atau juga prestasi yang dimiliki. Selain itu, dapat memberikan bukti menggunakan daftar nilai yang ada atau memberikan portofolio.

Back to Content ↑

4. Gunakan Media Sosial dengan Baik

Tentunya, Anda juga dapat menggunakan langkah selanjutnya dengan menggunakan sosial media sebagai pilihan. Penting halnya untuk menggunakan media sosial sebijak mungkin. Pihak recruiter akan mengecek media sosial untuk memastikan karyawan mempunyai reputasi yang baik. Media sosial ini juga merupakan cermin kepribadian seseorang juga.

Back to Content ↑

Demikian beberapa langkah mudah yang dapat Anda manfaatkan dengan mudah dalam cara screening karyawan yang tepat. Anda dapat mempercepat penyelesaian berbagai macam beban yang ada dengan menggunakan cara ini juga. Jangan lupa untuk menggunakan beberapa langkah sebelumnya jika Anda adalah jobseeker sekarang ini. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!