Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

8 Rekomendasi HP Kentang yang Layak Diperhitungkan

8 Rekomendasi HP Kentang yang Layak Diperhitungkan
HP Kentang

8 Rekomendasi HP Kentang yang Layak Diperhitungkan

Saat ini, kualitas game terus berkembang menjadi lebih baik, termasuk untuk game mobile juga. Kehadiran game mobile dengan grafik yang memukau, membuat permintaan HP dengan spek tinggi pun semakin tinggi. Beberapa orang memaksa bermain game dengan HP spek rendah, hasilnya game tidak bisa berjalan dengan baik. Para gamers menyebut HP dengan spek rendah ini dengan HP kentang.

HP kentang tidak bisa digunakan untuk bermain game dengan baik. Nah, sebelum mengetahui beberapa HP kentang, yuk simak ciri-ciri HP kentang berikut ini.

TOC / Daftar Isi

Ciri-ciri HP Kentang

Rekomendasi HP Kentang yang Layak Diperhitungkan

HP kentang merupakan smartphone yang kurang mumpuni ketika digunakan untuk bermain game karena terlalu berat. Sehingga HP akan menjadi lemot. Selain itu, istilah HP kentang adalah sebutan untuk smartphone dengan spesifikasi yang rendah.

Walaupun mempunyai spesifikasi yang rendah, HP yang termasuk ke dalam kategori HP kentang yaitu smartphone entry level dengan kapasitas baterai kurang dari 4.000 mAh dan RAM 2GB serta penyimpanan internal sekitar 16GB.

Penyimpanan internal sebesar 6GB dianggap kurang. Karena ukuran aplikasi akan membesar jika digunakan terus menerus. Bahkan untuk smartphone entry level untuk saat ini, kapasitas penyimpanan internalnya minimal 32GB.

Namun, tidak ada spesifikasi khusus yang digunakan untuk menentukan bahwa smartphone masuk ke dalam kategori HP kentang. Penilaian tersebut hanya bersifat subjektif saja. Biasanya istilah HP kentang muncul saat ada HP dengan spesifikasi yang nanggung jika dibandingkan dengan HP sekelasnya.

Back to Content ↑

Risiko Bermain Game Menggunakan HP Kentang

Risiko Bermain Game Menggunakan HP Kentang

HP kentang merupakan istilah yang muncul karena HP tersebut tidak bisa digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG, ML, Fortnite, League of Legends, dan Call of Duty Mobile. Di bawah ini, beberapa risiko jika HP kentang digunakan untuk bermain game online besar.

  • 1. HP Bisa Panas Berlebihan

    Karena spesifikasinya yang rendah, penggunaan HP kentang untuk bermain game berat akan menyebabkan komponen HP yaitu CPU, GPU, dan baterai bekerja keras. Sehingga menimbulkan panas yang berlebihan.

  • 2. Game akan Ngelag

    Spesifikasi rendah pada HP kentang membuatnya tidak bisa menangani kebutuhan game pada smartphone. Sehingga menimbulkan macet atau lag ketika digunakan untuk bermain game. Tentunya Anda akan merasa sangat terganggu dengan kondisi seperti ini.

  • 3. Baterai HP Cepat Rusak

    Menggunakan HP dengan spesifikasi rendah untuk bermain game berat, dapat membuat baterai cepat rusak. HP yang sering digunakan untuk bermain game, pasti akan sering di charge dan kesehatan baterai menjadi menurun. Nah, HP yang khusus untuk digunakan bermain game biasanya akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar dan fitur pelindung listrik yang memadai.

Back to Content ↑

8 Rekomendasi HP Kentang yang Layak Diperhitungkan

Nah, buat Anda yang penasaran dengan HP kentang, berikut ini HP kentang yang masih layak untuk digunakan.

Back to Content ↑

1. Xiaomi Redmi 8A

Xiaomi Redmi 8A

Salah satu HP kentang yang menjadi favorit adalah Xiaomi Redmi 8A. HP ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 439 dengan RAM sebesar 2GB. Smartphone ini masuk ke dalam kategori HP kentang karena hanya bisa digunakan untuk bermain game ringan saja.

Namun, kapasitas baterai dari Xiaomi Redmi 8A cukup besar yakni 5.000 mAh. Sehingga HP ini bisa digunakan selama seharian penuh untuk pemakaian normal.

Selain itu, smartphone ini menggunakan jenis layar teardrop notch dan bezel minim seperti HP mahal lho. Xiaomi Redmi 8A dibanderol dengan kisaran harga Rp1.5 jutaan saja.

Back to Content ↑

2. Samsung Galaxy A10s

Samsung Galaxy A10s

Samsung Galaxy A10s adalah update dari Samsung Galaxy A10 dengan adanya peningkatan dari sisi kamera dan fitur fingerprint scanner pada bagian belakang HP.

Smartphone ini tidak dilengkapi dengan baterai sebesar Redmi 8A, namun dilengkapi dengan sistem antarmuka One UI yang simpel. Kamera HP ini juga merupakan kamera khas HP Samsung.

Samsung Galaxy A10s memiliki layar teardrop notch yaitu Infinity V-Display. HP ini dibanderol dengan kisaran harga Rp1.5 jutaan saja.

Back to Content ↑

3. Sony Xperia XZ1 Compact

Sony Xperia XZ1 Compact

Sony Xperia XZ1 Compact termasuk ke dalam HP kentang. HP ini memiliki bodi yang mungil dengan ukuran layar sebesar 4.6 inch. Sony menggunakan chipset Snapdragon 835 yang terbaik di masanya pada HP ini.

Bagi Anda yang menyukai HP kecil tapi tidak berminat menggunakan iPhone, Anda bisa menggunakan Sony Xperia XZ1 Compact. Smartphone ini dilengkapi beberapa fitur khas milik Sony Xperia yang patut Anda perhitungkan.

Harga second HP ini masih ada di kisaran harga Rp3 jutaan, namun masih sangat layak untuk Anda gunakan ya.

Back to Content ↑

4. Apple iPhone SE

Apple iPhone SE

Beberapa tahun ini, dunia HP sudah beralih ke layar besar sehingga Apple iPhone SE sudah terancam punah.

Nah, bagi Anda yang menyukai HP kecil, Apple iPhone SE dengan ukuran layar 4 inch ini patut untuk dimiliki.

iPhone SE dilengkapi dengan sistem operasi iOS 13 yang sama dengan iPhone 6S. Sehingga Anda masih bisa menggunakan beberapa fitur terbaru dari Apple.

Saat ini iPhone SE dibanderol dengan kisaran harga Rp1 jutaan saja.

Back to Content ↑

5. Apple iPhone 6s

Apple iPhone 6s

Smartphone yang masuk ke dalam kategori HP kentang selanjutnya adalah Apple iPhone 6s dan 6s Plus.

iPhone 6S menjadi produk iPhone pertama yang dilengkapi dengan teknologi 3D Touch yang membuat layar HP ini sensitif terhadap tekanan. Jadi Anda bisa melakukan beberapa hal, tergantung dari besarnya tekanan yang digunakan oleh jari Anda.

Smartphone iPhone 6S menjadi produk milik Apple yang paling lawas, yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi iOS 13.

Anda hanya perlu mengeluarkan budget sebesar Rp2 jutaan saja untuk mendapatkan smartphone ini.

Back to Content ↑

6. Lenovo A1000

Lenovo A1000

Karena spesifikasinya yang rendah Lenovo A1000 termasuk ke dalam kategori HP kentang. Ukuran layar pada HP ini sebesar 4 inch dengan tipe layar TFT. Lenovo A1000 dilengkapi dengan resolusi sebesar 480 x 480 pixels, 5:3 rasio.

Pada bagian sistem operasi, smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Lenovo A1000 ditenagai dengan chipset Spreadtrum SC7731 dengan CPU Quad-core 1.3 ghz Cortex-A7 dan juga GPU Mali-400MP2.

Smartphone ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 5 MP dan dilengkapi dengan fitur LED Flash serta video 720p. Sedangkan pada kamera bagian depan, masih menggunakan kamera VGA.

Back to Content ↑

7. Nokia 210

Nokia 210

HP kentang selanjutnya adalah Nokia 210. HP ini merupakan produk paling kentang yang rilis pada 2019 lalu jika dibandingkan dengan HP keluaran sekarang.

Nokia 210 dilengkapi dengan browser Opera Mini dan juga game klasik Snake yang bisa Anda gunakan untuk bermain pada waktu kosong.

HP Nokia 210 dibanderol dengan kisaran harga Rp400 ribuan saja. Dengan fungsinya yang terbatas, HP ini masih tetap patut untuk Anda perhitungkan.

Back to Content ↑

8. Nokia 2.2

Nokia 2.2

Brand Nokia memiliki beberapa produk handal, salah Nokia 2.2. HP ini hadir dengan sistem operasi Android One yang bisa Anda gunakan untuk bloatware. Artinya smartphone ini sudah dilengkapi dengan Android 9, sehingga dapat mendukung Android 11. Sesuai dengan reputasi dari Nokia yang cemerlang berhubungan dengan update software.

Nokia 2.2 juga sudah dilengkapi dengan kapasitas RAM sebesar 3GB. HP ini dibanderol dengan kisaran harga Rp1.5 jutaan saja.

Back to Content ↑

Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Nah, itulah beberapa informasi yang berhubungan dengan istilah HP kentang pada beberapa smartphone. Beberapa rekomendasi HP diatas memang memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Namun, bukan berarti tidak bisa digunakan sama sekali. Smartphone dengan spesifikasi rendah juga memiliki kelebihan masing-masing dan bisa Anda gunakan sesuai dengan fungsinya. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat untuk kita semua!

Back to Content ↑