Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

6 Software HRIS Paling Sering Dipakai Perusahaan

6 Software HRIS Paling Sering Dipakai Perusahaan
LinovHR
Images source: Linovhr.com

6 Software HRIS Paling Sering Dipakai Perusahaan

Semakin berkembangnya zaman, tuntutan untuk bekerja cepat semakin ditekankan terutama di era revolusi industri 4.0 saat ini. Tak terkecuali HR yang dituntut untuk bisa bekerja dengan cepat dan tingkat ketelitian yang tinggi. Mulai dari mengelola data pegawai, absensi, penggajian, hingga urusan pajak.

Saat ini kebutuhan perusahaan akan software HRIS semakin banyak. Alasannya tak lain adalah untuk membantu kinerja HRD. Beberapa perusahaan dalam dan luar negeri pun sudah dapat menciptakan software untuk HR dengan fitur-fitur canggih yang mendukung pekerjaan HR.

Di dalam artikel ini, akan dibahas software HRIS apa saja yang paling banyak dipakai oleh perusahaan. Untuk lebih lanjut, baca ulasannya di bawah ini!

TOC / Daftar Isi

Mengenal Apa Itu HRIS

Sebelum masuk ke pembahasan macam-macam software HRIS, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu sistem HRIS.

HRIS merupakan singkatan dari Human Resource Information System, dimana sistem ini menggabungkan antara ilmu MSDM dengan teknologi informasi. Jadi, secara tidak langsung sistem informasi sumber daya manusia ini mengaplikasikan sejumlah aktivitas MSDM, seperti perencanaan dan penyusunan hingga memproses data yang terangkum dalam suatu aplikasi.

Dengan adanya HRIS tersebut, para praktisi HR dapat melakukan entry data, pelacakan data, serta mengolah data informasi mengenai untuk departemen SDM, Manajemen, hingga Akuntansi.

Dalam HRIS mencangkup beberapa sistem yang diantaranya adalah:

  • Sistem rekrutmen
  • Sistem kehadiran
  • Sistem database kepegawaian
  • Sistem penggajian (Payroll)
  • Sistem evaluasi dan penilaian kinerja pegawai

Back to Content ↑

6 Rekomendasi Software HRIS yang Banyak Digunakan

Baik perusahaan kecil maupun besar saat ini sudah banyak menggunakan HRIS karena kemudahannya dalam melakukan manajemen, membuat laporan, dan menganalisis kinerja pegawai. Ada banyak macam software untuk HR yang tersedia, mulai dari yang berbayar, gratis masa trial, hingga benar-benar sepenuhnya gratis.

Back to Content ↑

Berikut ini beberapa software HRIS terbaik yang bisa jadi pertimbangan Anda karena sudah sering dipakai di sejumlah perusahaan.

1. LinovHR

Jika Anda mencari software HRIS Indonesia terbaik, Anda harus mempertimbangkan LinovHR. Software berbasis Cloud ini tidak hanya memiliki HRIS, tetapi juga menyediakan modul Payroll. Maka tak heran, jika LinovHR termasuk salah satu software pendukung kerja HR yang lengkap. Termasuk modul Recruitment Management sampai Performance Management.

Berikut beberapa fitur menarik yang disediakan LinovHR untuk membantu pekerjaan HR, diantaranya adalah:

Back to Content ↑

  • 1.1. Rekrutmen

    HR dapat melakukan proses perekrutan karyawan seperti Manpower Planning, Recruitment Request, Career Announcement melalui website. Dengan demikian, HR jadi lebih mudah menganalisis data kandidat melalui latar belakang, riwayat, dan kompetensi yang dimiliki kandidat tersebut.

  • Back to Content ↑

  • 1.2. Personnel Administration

    Fitur ini digunakan untuk mengelola dengan terperinci informasi dan data diri para karyawan. Sebab, LinovHR memperlakukan karyawan sebagai aset berharga sehingga seluruh data pribadi karyawannya dikelola dengan sangat baik.

  • Back to Content ↑

  • 1.3. Payroll

    Software ini memberi kemudahan dalam mengelola gaji karyawan, perhitungannya, sekaligus menghitung pajak penghasilan karyawan (PPh21)

  • Back to Content ↑

  • 1.4. Performance Management

    Memberikan penilaian kepada setiap karyawan yang akan di review akan lebih mudah menggunakan fitur ini sehingga HR bisa mengidentifikasi dengan jelas siapa saja karyawan yang punya KPI (Key Performance Indicator) baik.

  • Back to Content ↑

  • 1.5. Succession Management

    Succession management memastikan bahwa posisi-posisi penting yang akan kosong di perusahaan telah memiliki calon pengganti yang akan duduk di posisi tersebut.

  • Back to Content ↑

Masih banyak fitur-fitur canggih LinovHR lainnya yang akan meringankan kinerja HRD dan juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan atau bisnis Anda. aplikasi HRIS LinovHR sudah mengelola sebanyak 13000 data pegawai yang pastinya jadi pertimbangan utama Anda.

2. Web HR (Human Resource)

Web Human Resource atau Web HR merupakan software untuk HR yang sudah ada dari tahun 2010 dengan penggunanya mencapai 9000 lebih. Software berbasis web yang dirancang khusus untuk perusahaan skala kecil hingga menengah namun dengan jumlah karyawan tidak terlalu banyak.

Alasan kenapa Web HR masuk dalam list ini karena banyaknya pelanggan yang menganggap fitur-fitur seperti pelacakan kehadiran, rekrutmen, dan penggajian memudahkan para penggunanya.

Back to Content ↑

3. BambooHR

BambooHR bisa jadi solusi HRIS yang menguntungkan bagi perusahaan Anda. Bahkan ketika Anda bekerja dengan tim jarak jauh atau remote working, software ini dapat bekerja secara efisien.

Keunggulan yang paling menarik dari BambooHR ini adalah Anda dapat memodifikasi perangkat tersebut sesuai kebutuhan bisnis Anda alih-alih membuat perubahan prosedural agar dapat menyesuaikan dengan perangkatnya. Lingkup kerja software ini mencakup seluruh siklus kegiatan karyawan, mulai dari pelacakan pelamar hingga analisis kinerja karyawan.

Back to Content ↑

4. IceHRM

IceHRM adalah software HRIS versi berbayar dengan hosting software yang dapat Anda atur sendiri. Perangkat lunak ini juga memiliki versi gratisnya kok, hanya saja terbatas untuk 20 karyawan. Hal ini akan sangat membantu perusahaan kecil yang ingin memanfaatkan teknologi HRIS untuk kelancaran bisnisnya.

Fitur unggulan IceHRM yang dapat dimanfaatkan adalah kehadiran, tracing waktu, leave management, dan mengunggah dokumen dengan format CSV.

Back to Content ↑

5. Deskera

Selanjutnya ada Deskara yang merupakan software HRIS dari Amerika Serikat. Software ini berguna untuk mengatur dan mengelola seluruh informasi tentang karyawan perusahaan secara penuh dana optimal.

Deskara menyediakan sejumlah fitur menarik dalam mempermudah sistem absensi karyawan. Seperti pada fitur HRIS umumnya, Deskara juga memiliki fitur unggulan yakni pembayaran Payroll secara otomatis. Selain itu, adapun fitur unggulan lainnya yang dapat melakukan penghitungan penjualan serta kontrol kinerja karyawan. Kedua fitur tersebut tentunya sangat diperlukan untuk dapat mengetahui seberapa produktif kah performa bisnis dan SDM yang dimiliki.

Back to Content ↑

6. Orangehrm

Sama seperti Deskara, software HRIS Orangehrm ini juga berasal dari Amerika Serikat dan telah digunakan di banyak korporasi besar maupun perusahaan startup di berbagai negara. Hal ini membuktikan bahwa Orangehrm mampu memberikan kemudahan, kecepatan, dan keakuratan dalam mengelola human resource.

Satu keunggulan yang paling menonjol dari Orangehrm yaitu fitur modular. Fiturnya ini dapat digunakan untuk beragam kepentingan spesifik, seperti pembayaran Payroll,

Memantau sekaligus menilai kinerja karyawan, penugasan, dan lain-lain. Dengan begitu sistem HRIS perusahaan jadi jauh lebih rapi dan terstruktur.

Back to Content ↑

Dari rekomendasi keenam software untuk HR yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa mengetahui bahwa ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan menggunakan HRIS untuk melancarkan tugas-tugas HR. Sistem otomatisasi tersebut dapat memangkas waktu kerja HR sehingga dapat beralih untuk fokus ke pengembangan SDM.

Selanjutnya Anda tinggal mempelajari setiap produk sesuai dengan keperluan perusahaan Anda. tentunya beberapa poin di atas dapat jadi pertimbangan saat memilih software mana yang ingin Anda gunakan dan cocok untuk bisnis Anda. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!