Skip to main content

Pembayaran Online BRI API, Menawarkan Pembayaran Secara Mudah dan Cepat

Pembayaran Online BRI API, Menawarkan Pembayaran Secara Mudah dan Cepat
Pembayaran Online BRI API, Menawarkan Pembayaran Secara Mudah dan Cepat
Images source: Lifelyinsights.com

Pembayaran Online BRI API, Menawarkan Pembayaran Secara Mudah dan Cepat

Pembayaran online bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran tanpa harus pergi ke toko tempat menjual barang tersebut, maupun ke tempat pembayaran untuk membayar sejumlah tagihan. Misalnya Bank, PLN, BPJS maupun kantor pembayaran lainnya.

Karena hanya dengan menggunakan smartphone maupun PC Anda, proses pembayaran tersebut bisa berlangsung dengan cepat dan mudah. Dengan menggunakan alat pembayaran non tunai ini, proses pembayaran secara online ini bisa memudahkan Anda, yang memang tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat pembayaran secara langsung.

TOC / Daftar Isi
BACA JUGA:
  1. Cara Daftar E-Form BRI Berikut Fitur-Fiturnya
  2. Tips Cara Mendaftar BRI Banking Dengan Mudah dan Cepat

Manfaat Menggunakan Sistem Pembayaran Online

Seiring berkembangnya zaman, serta mulai munculnya era digital. Membuat semua transaksi keuangan bisa dilakukan secara online. Dimana dengan sistem ini, semua transaksi online bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan jaringan internet. Serta dilakukan dengan menggunakan alat pembayaran non tunai.

Dalam arti, pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai seperti pada umumnya. Namun lebih diwakilkan dengan mata uang elektronik, yang tersimpan dalam sebuah e-wallet. Namun apa saja manfaat dari adanya pembayaran secara online ini? Untuk itu, yuk simak beberapa diantaranya berikut ini:

Back to Content ↑

1. Tidak Perlu Datang Langsung

Salah satu alasan mengapa banyak orang kini lebih memilih untuk melakukan pembayaran secara online yaitu, jika pada pembayaran secara tunai. Anda harus pergi ke toko tempat Anda membeli barang-barang keperluan Anda, maupun ke tempat pembayaran tagihan. Seperti BPJS, PLN, Bank, dan yang lainnya.

Sementara jika Anda menggunakan metode pembayaran secara online, maka Anda tidak perlu melakukan hal itu. Anda bisa melakukan pembayaran tersebut di mana saja. Baik itu di rumah, kantor, dan tempat-tempat lainnya.

Back to Content ↑

2. Tidak Perlu Antre

Karena Anda harus datang langsung ke tempat pembayaran, tentunya Anda harus mengantre, yang mana hal tersebut akan menyita waktu Anda. Namun tidak demikian, jika Anda melakukan pembayaran online. Anda bisa melakukan pembayaran tanpa harus antre.

Back to Content ↑

3. Bisa Dilakukan Kapan Saja dan Dimana Saja

Biasanya, toko maupun tempat pembayaran lainnya memiliki jam buka sendiri. Dalam arti, akan ada waktunya dimana toko/tempat pembayaran tersebut tutup maupun libur. Namun tidak demikian halnya jika Anda melakukan pembayaran secara online. Anda bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan dan e-commerce, dimanapun dan kapanpun. Meskipun di hari libur sekalipun.

Back to Content ↑

4. Tidak Perlu Membawa Uang Tunai

Akan sangat merepotkan jika Anda harus membawa uang dalam jumlah besar ke toko maupun temoat pembayaran. Dimana hal ini akan menimbulkan resiko keamanan yang cukup tinggi. Namun jika Anda melakukan pembayaran secara online, Anda tidak memerlukan uang tunai untuk melakukan sejumlah pembayaran tersebut.

Namun diganti dengan menggunakan uang elektonik yang disimpan dalam e-wallet. Uang elektronik inilah yang menjadi alat pembayaran non tunai yang bisa digunakan untuk membayar semua tagihan tersebut.

Back to Content ↑

5. Keamanan Lebih Terjamin

Karena tidak perlu membawa uang tunai, saat melakukan pembayaran online. Maka resiko menjadi korban kejahatan akan bisa diminimalisir. Bukan hanya berlaku bagi pelanggan e-commerce saja, keamanan yang terjamin juga bisa turut dirasakan oleh pemilik toko e-commerce yang menerima pembayaran dengan sistem ini.

Dimana saat pelanggan dari toko Anda melakukan pembayaran dengan sistem online, maka alat pembayaran non tunai yang dibayarkan pelanggan, secara otomatis akan tersimpan pada toko online Anda. Dengan begitu, Anda bisa menghindari resiko kecurangan transaksi yang marak terjadi pada bisnis, yang tidak menggunakan metode pembayaran secara online.

Back to Content ↑

6. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Hal ini juga berlaku bagi Anda sebagai pemilik bisnis. Dimana saat Anda menyediakan layanan pembayaran secara online, maka secara tidak langsung, Anda membuka peluang bisnis yang lebih besar.

Terutama bisnis yang bisa menjangkau kawasan yang lebih luas. Anda bisa membayangkan sendiri, jika Anda hanya membuka toko di satu kota saja, dengan metode pembayaran secara tunai. Maka tentunya, pelanggan yang Anda miliki pastinya hanyalah segelintir orang yang tinggal di kota tersebut. Itupun jika mereka mau datang ke toko Anda, dan mau mengantre. Khususnya saat melakukan pembayaran secara konvensional.

Back to Content ↑

BRI API, Menawarkan Layanan Pembayaran Online Tercepat dan Termudah

Saat ini ada banyak metode pembayaran online yang bisa dipilih. Baik itu yang bisa dilakukan melalui Bank, maupun dengan menggunakan e-wallet. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun jika Anda menginginkan metode pembayaran yang bisa melakukan pembayaran tagihan dan e-commerce secara lengkap, maka Anda bisa memilih BRI API.

Dimana BRI API ini merupakan salah satu aplikasi pemrograman antarmuka (Application Programing Interface), yang dikembangkan oleh BRI. Salah satu alasan didirikan BRI API ini tentunya, karena sebagai salah satu bank milik pemerintah ini, BRI menginginkan sebuah integrasi secara langsung, antara pihak ketiga, dalam hal ini nasabah BRI, dengan berbagai layanan/produk dari BRI ini.

Ada beberapa produk yang bisa Anda manfaatkan dalam layanan BRI API ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Layanan Transaksional

Layanan transaksional merupakan salah satu layanan dari BRI API, yang memungkinkan Anda dalam melakukan pembayaran online, dengan lebih mudah dan cepat. Adapun beberapa produk yang termasuk ke dalam layanan transaksional BRI API ini diantaranya:

Back to Content ↑

  • 1.1. BRI Direct Debit

    BRI direct debit merupakan salah satu produk dari BRI API yang memungkinkan Anda melakukan pembayaran secara online dengan menggunakan kartu debit BRI. Dimana dengan layanan ini, BRI akan melakukan penarikan dana dari rekening Anda, untuk melakukan pembayaran sejumlah tagihan dan juga e-commerce.

    BRI direct debit ini merupakan salah satu metode pembayaran secara online yang paling banyak digunakan oleh nasabah BRI hingga saat ini. Anda bisa menggunakan layanan/produk ini untuk membayar e-commerce, melakukan top up e-wallet, membayar asuransi seperti BPJS, dan yang lainnya, membayar tagihan, hingga melakukan investasi.

  • Back to Content ↑

  • 1.2. BRIZZI

    Merupakan salah satu metode pembayaran dengan sistem online, yang menggunakan alat pembayaran non tunai (uang elektronik) untuk membayar sejumlah transaksi finansial/keuangan. Dimana uang elektronik BRIZZI ini berbentuk menyerupai sebuah kartu yang disematkan sebuah chip.

    BRIZZI merupakan salah satu layanan dari BRI API yang sangat cocok digunakan oleh pemilik bisnis e-commerce. Karena Anda bisa menyimpan uang elektronik hingga menerima pembayaran hanya dalam 1 kartu.

    Sementara untuk pengisian (Top up) BRIZZI ini bisa Anda lakukan melalui ATM maupun dengan menggunakan EDC. Selain itu, ada berbagai promo yang bisa Anda nikmati jika Anda menggunakan BRI API BRIZZI ini.

    Bukan hanya itu saja, BRIZZI juga melayani proses akomodasi unttuk semua transaksi pembayaran dengan sistem online ini. Baik itu dari transaksi yang dimulai dengan angka Rp 1, hingga transaksi dengan nominal 2 juta rupiah.

  • Back to Content ↑

  • 1.3. BRIVA

    BRIVA merupakan salah satu produk dari BRI API yang memberikan kode unik, bilamana Anda ingin melakukan pembayaran e-commerce dengan produk/layanan ini. Dimana metode pembayaran ini juga lebih dikenal dengan sistem virtual account.

    Seperti yang Anda ketahui, bahwa sistem virtual account ataupun transfer bank ini biasanya akan menggunakan sebuah nomor ID. Dimana saat Anda akan melakukan transfer bank/virtual account, pihak bank akan memberikan nomor ID tersebut, yang nantinya bisa Anda masukkan saat akan memulai transfer.

    Ada 2 jenis virtual account yang bisa Anda gunakan. Diantaranya:

    • Fixed Virtual Account. Merupakan jenis layanan virtual account BRIVA dari BRI API yang menggunakan nomor ID yang ditentukan oleh nasabah. Misalnya nomor ID yang diambil dari nomor telepon
    • Non-Fixed Virtual Account. Merupakan jenis layanan BRIVA dari BRI API, dengan nomor ID yang dibuat secara acak
  • Back to Content ↑

  • 1.4. Transfer Antar Rekening BRI

    Selain ketiga produk diatas, BRI API ini juga melayani transfer antar rekening bank. Hal ini akan memudahkan bagi Anda sebagai nasabah BRI. Khususnya dalam melakukan transfer ke nasabah BRI lainnya, dengan lebih cepat dan mudah.

  • Back to Content ↑

  • 1.5. Transfer ke Bank Lain

    Bukan hanya melakukan transfer ke nasabah BRI lainnya dengan rekening yang berbeda saja. BRI API juga bisa digunakan untuk melakukan transfer ke bank lainnya. Dengan layanan ini, tentunya akan memudahkan Anda sebagai nasabah BRI, dalam memindahkan sejumlah dana (transfer) dari rekening BRI milik Anda, ke penerima yang menggunakan rekening dari bank lain.

  • Back to Content ↑

2. Layanan Informasional

Layanan informasional ini merupakan salah satu produk/layanan dari BRI API, yang memudahkan Anda dalam mencari informasi mengenai saldo, informasi transfer hingga informasi lainnya yang berkaitan dengan pembayaran online.

Back to Content ↑

Layanan informasional ini terdiri dari 2 jenis. Diantaranya:

  • 2.1. Informasi Mutasi

    Merupakan layanan BRI API yang memudahkan Anda untuk mengetahui informasi mengenai cash flow (mutasi) yang terjadi pada rekening BRI Anda, serta

  • Back to Content ↑

  • 2.2. Informasi Rekening

    Anda bisa menggunakan layanan ini untuk melakukan pengecekan saldo, piutang, serta transaksi keuangan lainnya yang telah Anda lakukan sebelumnya.

  • Back to Content ↑

Demikian beberapa informasi mengenai layanan/produk dari BRI API, yang memberikan kemudahan bagi Anda dalam melakukan pembayaran online. Karena sebagaimana diketahui, dengan adanya era digital ini, melakukan sejumlah transaksi keuangan dengan menggunakan alat pembayaran non tunai, merupakan salah satu metode paling efektif dalam melakukan pembayaran dengan lebih cepat dan aman. Maka dari itu, BRI API hadir untuk memudahkan sejumlah transaksi keuangan tersebut. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!