Skip to main content

Pengertian, Serta Tips Memilih Railing Tangga

Pengertian, Serta Tips Memilih Railing Tangga
Pengertian, Serta Tips Memilih Railing Tangga
Images source: Pixabay

Pengertian, Serta Tips Memilih Railing Tangga

Bukan hanya sebagai pengaman yang bisa menghindarkan Anda dari insiden terjatuh, baik saat menaiki tangga, maupun saat menuruni tangga rumah Anda. Namun kini fungsi dari railing tangga ini juga bisa membantu dalam mempercantik rumah Anda. khususnya sebagai pelengkap dari tangga rumah. Bagi Anda yang ingin memesan railing tangga dengan desain menarik, Anda bisa memakai Jogjakanopi.com, sebagai jasa railing tangga Jogja terbaik.

Dimana dengan jasa ini, Anda bukan hanya bisa memesan railing tangga dengan berbagai desain yang indah dan menarik. Baik berupa desain railing tangga yang telah tersedia, maupun dengan melakukan pemesanan secara custom, yang bisa disesuaikan dengan tangga rumah Anda.

TOC / Daftar Isi

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Railing Tangga Jogja, serta Kaitannya dengan Handrail

Sebagaimana diketahui, railing tangga merupakan salah satu pengaman yang biasa dipasang pada pinggir tangga. Fungsinya tentu saja sebagai pegangan, saat Anda akan menaiki, dan juga menuruni tangga.

Dengan kata lain, railing tangga ini berfungsi sebagai pengaman yang bisa menghindarkan Anda dari insiden terjatuh. Dimana hal ini merupakan insiden yang paling banyak terjadi, pada beberapa tangga yang memang tidak dipasangi railing tangga.

Namun bukan berarti karena fungsinya hanya sebagai pengaman dari tangga saja, maka desain dari railing tangga ini hanya dibuat dengan bentuk yang simpel saja. Karena kini, seiring dengan perkembangan zaman, fungsi dari railing tangga ini mulai dijadikan sebagai salah satu ornamen/pelengkap dari tangga, yang sekaligus bisa mempercantik rumah Anda.

Bahkan kini, banyak jasa railing tangga yang membuat railing tangga ini dengan desain yang beragam, yang disesuaikan dengan desain tangga, maupun tema dari rumah Anda. Bisa dibilang, railing tangga terdiri dari pagar besi dan juga handrail.

Dimana handrail ini lebih terfokus pada pegangan yang berada di atas pagar railing tangga itu sendiri. Meskipun demikian, pada beberapa tangga, mungkin Anda pernah melihat sebuah pegangan yang terpasang pada dinding, yang tidak disertai pagar pengaman. Sebenarnya, itulah yang dinamakan dengan handrail.

Pada umumnya, railing tangga memiliki tinggi sekitar 80cm hingga 100cm. Hal ini dikarenakan, dengan tinggi sekitar 80cm hingga 100cm tersebut merupakan batas kenyamanan orang-orang pada umumnya, dalam memegang railing tangga itu sendiri. Khususnya mengenai batas kenyamanan pegangan yang dilakukan tangan orang dewasa.

Sementara untuk material yang digunakan, pada umumnya handrail banyak menggunakan material besi. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga beberapa pemilik rumah yang lebih memilih handrail dengan material kayu.

Sedangkan untuk railing tangga Jogja, Anda bisa memilih railing tangga yang berbahan kayu, besi beton hingga baja ringan, stainless steel, besi, kaca, maupun kombinasi dari material-material tersebut.

Dalam arti, jika Anda ingin memasang railing tangga kombinasi, maka Anda bisa menggunakan material baja ringan untuk pagarnya, serta kayu sebagai bahan utama pada handrail. Maupun sebaliknya.

Back to Content ↑

5 Tips Memilih Railing Tangga Ideal untuk Rumah Anda

Bagi Anda yang berniat untuk memasang railing tangga untuk rumah Anda. Maka Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Sesuaikan dengan Desain Tangga

Tips pertama yang bisa Anda lakukan saat akan memilih railing tangga untuk rumah Anda yaitu sesuaikan dengan desain dari tangga yang ada pada rumah Anda. Hal ini tentunya agar railing tangga yang Anda pasang, tidak hanya sekedar pengaman saja. Namun juga bisa membuat rumah Anda memiliki nilai estetika yang tinggi.

Misalnya, jika tangga rumah Anda memiliki jarak yang tidak terlalu jauh, antara lantai 1 dan 2 rumah Anda, maupun jumlah undakan/anak tangga yang tidak terlalu banyak. Maka Anda bisa memilih desain railing tangga dengan model minimalis, tanpa perlu menambahkan beberapa ornamen yang malah akan membuat railing tangga tersebut terkesan meriah.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan tangga dengan jumlah undakan yang banyak, serta desain rumah bergaya Victorian misalnya. Maka railing tangga berupa ukiran bunga-bunga maupun desain yang bergaya logam baluster, serta model spiral, bisa menjadi pilihan yang tepat.

Back to Content ↑

2. Pilih Material yang Sesuai dengan Desain Railing Tangga

Seperti saat Anda dihadapkan untuk memilih desain untuk railing tangga. Maka tips lainnya yang perlu Anda pertimbangkan setelah memilih desain railing tangga yaitu dalam memilih material yang akan digunakan.

Untuk desain minimalis, pemilihan material berupa kayu, kaca, dan juga besi hollow bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jika rumah Anda mengusung tipe Victorian, maka pemilihan material railing tangga berupa kayu, stainless steel, serta railing tangga yang terbuat dari beton profil bisa dijadikan pilihan.

Back to Content ↑

3. Pilih Cat yang Sesuai

Pada umumnya, railing tangga pada rumah bergaya minimalis akan memilih warna cat putih, cokelat maupun hitam. Sementara untuk rumah bergaya Victorian dan Bohemian, maka pemilihan warna putih, silver maupun emas (Gold) bisa menjadi pilihan.

Back to Content ↑

4. Sesuaikan dengan Jumlah Undakan/Anak Tangga

Selain tips-tips di atas, Anda juga bisa memilih railing tangga yang disesuaikan dengan jumlah undakan/anak tangga. Dimana pemilihan railing tangga yang berbahan kayu serta yang didesain dengan bentuk minimalis, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tangga dengan jumlah undakan/anak tangga yang tidak terlalu banyak.

Back to Content ↑

5. Memilih Material Akrilik Sebagai Pengganti Kaca

Bagi Anda yang berniat untuk memakai jasa railing tangga Jogja, namun dengan material dari kaca. Maka mungkin Anda akan disarankan untuk memilih railing tangga yang berbahan akrilik sebagai alternatif.

Mengapa demikian? Karena biasanya, railing tangga berbahan kaca memiliki tingkat keamanan yang rendah dan terlalu beresiko. Misalnya, kaca yang retak maupun kaca yang pecah, yang bisa saja akan membahayakan orang-orang yang menggunakan railing tangga tersebut. Terutama bagi Anda yang memiliki anak-anak kecil di rumah.

Sementara jika Anda menggunakan railing tangga dengan material akrilik, maka tingkat keamanan bisa sedikit terjamin. Karena memang material jenis ini tidak mudah retak dan pecah. Namun secara sekilas, tampilannya tak jauh berbeda dengan material kaca.

Back to Content ↑

Namun hal tersebut hanya sekedar rekomendasi. Sedangkan keputusannya berada di tangan Anda sendiri sebagai pelanggan. Jika Anda tinggal di Jogja, dan kebetulan tengah mencari jasa railing tangga Jogja terbaik, maka Anda tak salah jika memilih Jogjakanopi.com sebagai jasa pemasangan railing tangga terbaik. Hal ini dikarenakan, berbekal pengalaman sebagai jasa pemasangan kanopi dan juga railing tangga terbaik, serta didukung dengan tenaga kerja yang profesional. Jasa railing tangga yang satu ini selalu mengedepankan kualitas dalam setiap pelayanannya.

Baik itu dalam hal material railing tangga yang digunakan, desain, serta pemasangan, dengan harga yang terbaik tentunya. Maka tak heran, jika hingga saat ini, banyak masyarakat Jogja yang mempercayakan pemasangan railing tangga di rumah mereka pada jasa railing tangga Jogja yang satu ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!