Skip to main content

Cara Membuat Blog dengan Platform Blogger untuk Pemula

Cara Membuat Blog dengan Platform Blogger untuk Pemula
Cara Membuat Blog dengan Platform Blogger untuk Pemula
Images source: Pixabay.com

Cara Membuat Blog dengan Platform Blogger untuk Pemula

Konten kreator berkembang dengan sangat pesat mulai dari yang berbentuk konten tulisan, audio, video hingga audiovisual. Semua orang saat ini pun bisa dengan mudah memiliki platformnya agar dapat digunakan untuk memvisualisasikan ide dan karya-karyanya agar bisa diterima dan berguna bagi masyarakat luas dan khususnya bagi pencari sumber informasi di era digital/internet sekarang ini.

Nah salah satu yang akan kita bahas saat ini adalah menjadi konten kreator dengan menulis di media online website atau istilah lainnya adalah Blogging. Dimana Blogging adalah salah satu aktivitas dalam mengelola sebuah Web Blog, atau yang lebih dikenal dengan Blog. Untuk memiliki sebuah Blog, tentunya Anda perlu membuat sebuah Blog terlebih dulu. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan cara membuat Blog untuk pemula, seperti yang akan kita bahas berikut ini.

Karena Blogging bukan hanya untuk menyalurkan bakat menulis saja, Blogging juga bisa menjadi cara bagi Anda untuk memperoleh penghasilan/income tambahan. Sebelum hal tersebut terjadi, bagi Anda yang masih pemula. Yuk cari tahu dulu bagaimana caranya membuat sebuah Blog yang berkualitas seperti dilansir dari situs Tvonenews.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: 3 Manfaat Landing Page untuk Bisnis dan Contoh Landing Page yang Efektif

Cara Membuat Blog untuk Pemula Khusus untuk Pengguna Platform Blogger

Menjadi Blogger bukan hanya sekedar menjadi pengelola sebuah Blog saja. Perannya kini bertambah menjadi sebuah profesi yang menghasilkan. Namun sebelum Anda melangkah jauh ke arah itu, Anda tentunya harus memiliki sebuah Blog terlebih dahulu. Bagaimana cara membuatnya? Ini dia langkah-langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut diantaranya:

Back to Content ↑

1. Pilih Platform Blog yang Anda Inginkan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat sebuah Blog tentunya yaitu memilih platform Blog yang Anda inginkan. Ada berbagai jenis platform Blog yang bisa menjadi pilihan Anda. Diantaranya yaitu Blogger, Wordpress, Joomla, Wattpad, Tumblr, dan yang lainnya. Namun kali ini, hanya akan dibahas mengenai cara untuk membuat Blog dengan menggunakan platform Blogger.

Back to Content ↑

2. Lakukan Login ke Blogger

Karena yang dibahas kali ini adalah cara membuat Blog untuk pemula dengan menggunakan platform Blogger. Maka Anda perlu melakukan login ke platform tersebut. Adapun caranya yaitu ketikkan Blogger di kolom pencarian pada Google Chrome, Mozilla, Firefox, dan lainnya. Kemudian klik opsi login.

Back to Content ↑

3. Klik Opsi Buat Blog Baru

Setelah Anda berada di halaman utama platform Blogger tersebut, maka Anda bisa memilih klik opsi buat Blog baru. Letaknya berada di posisi kanan, di bawah logo Blogger. Jika Anda belum menemukan opsi tersebut, maka Anda bisa klik ikon yang bertanda panah, tepat di bawah logo Blogger tersebut.

Back to Content ↑

4. Masukkan Nama Blog

Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nama Blog. Maka dari itu, isi judul Blog yang ada pada kolom yang ada pada opsi pilih nama untuk Blog Anda. Misalnya, Anda membuat Blog dengan judul/nama Blog Mr.Bingo, maka pengunjung web akan mengenali Anda sebagai Mr.Bingo. Jika langkah tersebut telah Anda lakukan, maka Anda bisa meng-klik opsi berikutnya.

Back to Content ↑

5. Pilih URL Blog

URL ini digunakan untuk mengidentifikasi alamat web Anda nantinya. Dimana alamat web ini bisa disebut juga dengan domain. Karena Anda membuat Blog dengan menggunakan platform Blogger, maka pada akhir domain, akan tertulis .blogspot.com.

Misalnya, Anda akan menambahkan domain dengan nama Mr Bingo, maka URL Blog yang tertulis yaitu MrBingo.blogspot.com. Jika nama URL Blog yang Anda buat tersebut telah Anda anggap benar, maka Anda bisa langsung meng-klik opsi simpan. Dengan demikian, kini Anda telah memiliki sebuah Blog dengan nama Mr.Bingo.

Back to Content ↑

6. Lakukan Pengaturan Blog

Sebelum Anda memulai untuk membuat postingan, maka terlebih dahulu, Anda perlu melakukan pengaturan Blog yang sebelumnya telah Anda buat. Misalnya, pengaturan mengenai tata letak, tema, dan pengaturan lainnya, yang bisa Anda lakukan pada menu setelan.

Back to Content ↑

Pada menu setelan, Anda bisa melakukan pengaturan, yang meliputi:

  • 6.1. Pengaturan Dasar

    Dalam pengaturan dasar ini, Anda bisa melakukan pengaturan dan juga pengeditan dasar, yang terdiri dari:

    • Pengeditan judul/nama Blog
    • Pengisian deskripsi
    • Mengubah bahasa Blog yang akan digunakan
    • Mengaktifkan/menonaktifkan konten khusus dewasa, yang terdiri dari opsi menampilkan peringatan ke pembaca Blog, serta opsi mewajibkan konfirmasi usia
    • Menampilkan ID Properti Google Analytics, serta
    • Memilih ikon Favicon
  • Back to Content ↑

  • 6.2. Pengaturan Privasi

    Pada kolom ini, Anda bisa melakukan pengaturan dengan mengaktifkan, maupun menonaktifkan beberapa menu/opsi berikut ini. Diantaranya:

    • Opsi dapat diakses oleh mesin telusur, serta
    • Pengaturan untuk mempublikasikan alamat Blog, serta domain kustom
  • Back to Content ↑

  • 6.3. Pengaturan HTTPS

    Pada pengaturan dalam cara membuat Blog untuk pemula ini, Anda bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan pengaturan HTTPS. Dimana jika Anda memilih untuk mengaktifkan opsi ini, maka setiap pengunjung Blog Anda, yang sebelumnya berasal dari HTTP, kini bisa/akan dialihkan ke HTTPS.

  • Back to Content ↑

  • 6.4. Pengaturan Izin dan Pengaturan Lainnya

    Pengaturan izin memungkinkan Blog bisa menampilkan admin dan penulis Blog itu sendiri, melakukan pengaturan yang berkaitan dengan undangan penulis terbuka, opsi untuk undang lebih banyak penulis, serta pengaturan mengenai akses pembaca. Selain pengaturan yang berkaitan dengan izin, dalam menu ini juga, Anda bisa melakukan sejumlah pengaturan yang meliputi:

    • Pengaturan mengenai postingan
    • Komentar
    • Email
    • Pemformatan
    • Tag meta
    • Error dan pengalihan
    • Monetisasi
    • Kelola Blog
    • Feed situs, serta
    • Pengaturan umum, yang terdiri dari pengaturan mengenai profil umum
  • Back to Content ↑

7. Membuat Posting Blog

Setelah melakukan sejumlah pengaturan diatas, Anda bisa memulai untuk membuat sebuah postingan. Adapun caranya yaitu dengan meng-klik opsi + postingan baru, dan mulailah untuk membuat tulisan/postingan.

Jika tulisan tersebut telah Anda selesaikan, dan Anda ingin langsung mempublikasikannya, maka Anda bisa langsung meng-klik opsi publikasikan. Jika ternyata, setelah dipublikasikan, ada hal yang terlewat, dan Anda ingin mengeditnya, maka Anda bisa meng-klik opsi edit. Sementara jika Anda ingin melihat tampilan postingan saat ditampilkan, maka Anda bisa memilih opsi view.

Back to Content ↑

Tips Membuat Blog yang Berkualitas dan Menghasilkan

Setelah Anda memiliki sebuah Blog, maka kini waktunya bagi Anda untuk mengelola Blog tersebut. Sehingga bisa menjadi Blog yang berkualitas, bahkan mungkin bisa menjadi Blog yang menghasilkan. Dalam arti, Blog tersebut bisa mendatangkan penghasilan/income bagi Anda.

Untuk itu, Anda bisa melakukan sejumlah tips seperti berikut di bawah ini:

  • Buatlah postingan sesering mungkin. Misalnya dengan durasi 1 minggu sekali, 1 minggu 2 kali, dan lain-lain
  • Buatlah postingan yang bermanfaat, informatif dan juga inspiratif
  • Tulislah postingan yang sesuai dengan kaidah penulisan SEO. Misalnya dalam penulisan judul/tema, meta deskripsi, penulisan keyword, penulisan sub judul, dan sebagainya
  • Utamakan untuk menulis postingan berupa tutorial dan juga review. Karena sebagian besar pengunjung Blog, lebih tertarik untuk melihat sebuah konten berupa tutorial maupun review, dibandingkan dengan jenis Blog lainnya
  • Jangan lupa untuk menyematkan hyperlink, baik itu berupa link internal building, maupun menggunakan eksternal link
  • Terakhir, yaitu lakukan monetasi Blog. Karena hal ini yang menjadi faktor utama yang bisa membuat sebuah Blog bisa mendatangkan sejumlah penghasilan. Khususnya bagi Blogger yang mengelolanya

Back to Content ↑

Itu dia langkah-langkah serta tips membuat Blog untuk pemula, khususnya dengan menggunakan platform Blogger. Meskipun setiap platform Blog memiliki cara membuat Blog untuk pemula yang berbeda-beda, namun sebenarnya, caranya masih terbilang mudah. Anda perlu menyimak panduannya, serta lakukan langkah-langkahnya dengan teliti dan beraturan. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!