Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

3 Manfaat Landing Page untuk Bisnis dan Contoh Landing Page yang Efektif

3 Manfaat Landing Page untuk Bisnis dan Contoh Landing Page yang Efektif
Manfaat Landing Page untuk Bisnis

3 Manfaat Landing Page untuk Bisnis dan Contoh Landing Page yang Efektif

Bagi Anda yang tengah menjalani bisnis online, pastinya sangat mengandalkan digital marketing untuk mencapai target yang diinginkan. Landing page adalah salah satu komponen yang dapat menunjang digital marketing Anda menjadi jauh lebih baik lagi.

Kenapa? Karena telah terbukti bahwa sebuah perusahaan yang memiliki 10 sampai dengan 15 landing page di dalam websitenya bisa meningkatkan leads sampai dengan 55% itu riset yang dilakukan Hubspot.

Bukankah hal tersebut berdampak sangat besar untuk kemajuan perusahaan? Tapi, apa itu landing page dan apa manfaat landing page untuk bisnis? Mari kita temukan jawabannya di pembahasan berikut ini:

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Sebelum Ganti CMS, Perhatikan Keunggulan WordPress Ini

Apa itu Landing Page?

Manfaat Landing Page untuk Bisnis

Sebelum kita membahas apa itu landing page, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa ketika ada pengunjung yang mengunjungi website Anda. Maka ada dua pilihan yang akan mereka lakukan dan pertama mereka hanya sekedar membaca website Anda saja. Kedua, mereka bisa saja melakukan hal lain selain membaca dan disinilah peran dari landing page.

Jadi bisa dibilang landing page adalah halaman website yang dibuat khusus untuk membantu program marketing menjadi lebih baik. Biasanya, para pengunjung akan mengklik suatu link yang diberikan di email, media sosial dan iklan Google.

Nah halaman yang terbuka dari link tersebut yang disebut dengan landing page, landing page untuk bisnis sangat bermanfaat karena dapat memberikan kesempatan yang berharga untuk para pebisnis online untuk mendapatkan berbagai informasi dari pengunjung.

Karena di landing page tersebut, para pengunjung akan bersedia tanpa paksaan untuk berbagi data pribadi mereka seperti jenis kelamin, usia, email sampai dengan nomor telepon. Tidak hanya itu saja, fungsi lainnya dari landing page untuk bisnis adalah dapat meningkatkan conversion rate.

Jadi, landing page untuk bisnis memang menarik untuk digunakan. Akan tetapi, meskipun begitu Anda tidak bisa menggunakannya secara asal. Dikarenakan memang ada banyak ragam fungsi di dalamnya, mungkin saja Anda tertarik untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Agar Anda bisa lebih memahami fungsi landing page untuk bisnis, mari kita selami manfaat yang ada di dalamnya.

Back to Content ↑

Manfaat Landing Page untuk Bisnis

Manfaat Landing Page untuk Bisnis

Seperti yang sudah kami jelaskan tentang landing page, kita bisa menarik kesimpulan bahwa landing page adalah salah satu komponen penting dalam menunjang kesuksesan kegiatan digital marketing.

Selain yang sudah dibahas sebelumnya, landing page untuk bisnis memberikan manfaat lain yang harus kita ketahui bersama. Apa saja? Yuk kita cari tahu pada pembahasan berikutnya!

Back to Content ↑

1. Bisa Meningkatkan Conversion Rate

Bisa Meningkatkan Conversion Rate

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa landing page untuk bisnis sangat bermanfaat, terutama dalam meningkatkan Conversion Rate. Sehingga pengunjung website Anda tidak hanya mengunjungi website Anda saja.

Melainkan mereka juga dapat melakukan aksi yang Anda mau, misalnya seperti berlangganan info di website Anda atau bisa saja pengunjung website Anda membuat akun disana. Karena memang conversion rate yang tinggi bisa meningkatkan minat pengunjung website masuk ke marketing funnel yang ada di dalamnya.

Back to Content ↑

2. Media Promosi yang Efektif

Media Promosi yang Efektif

Tidak hanya dapat meningkatkan conversion rate saja, landing page untuk bisnis juga bisa menjadi sarana promosi yang efektif. Dengan menggunakan landing page, Anda bisa menampilkan beragam informasi singkat dengan font yang besar mengenai promo yang sedang dijalankan.

Anda bisa menonjolkan salah satu promosi saja dalam halaman landing page Anda tersebut. Karena memang landing page lebih efektif dengan cara seperti itu.

Back to Content ↑

3. Memperoleh Data Leads

Memperoleh Data Leads

Manfaat berikutnya yang tidak kalah penting adalah Anda bisa mendapatkan data leads, meskipun hal ini tergantung dari jenis landing page yang Anda bangun. Akan tetapi, biasanya landing page akan meminta informasi dari para pengunjung seperti nama, jenis kelamin, email, nomor hp dan lain sebagainya.

Minimal Anda sudah bisa mendapatkan informasi dasar tentang para pengunjung tersebut, agar Anda bisa melakukan beberapa analisa secara lebih dalam.

Back to Content ↑

3 Contoh Landing Page

Agar bisa lebih tergambar seperti apa landing page efektif, kami berikan beberapa contoh landing page untuk bisnis dari beberapa perusahaan besar dan tokoh terkenal.

Back to Content ↑

1. Neil Patel

Neil Patel

Salah satu penulis sekaligus praktisi digital marketing bernama Neil Patel adalah contoh yang memiliki landing page efektif. Siapa yang tidak kenal dengan beliau? Hampir semua orang yang belajar digital marketing, SEO dan Blog pasti tahu sosok bernama Neil Patel.

Dan mungkin Anda pernah membaca beberapa konten beliau, beberapa media internasional memasukkan perusahaan milik Neil Patel ini ke dalam daftar perusahaan paling pintar. Bahkan Neil sendiri pernah masuk deretan 100 pengusaha sukses yang berada di usianya sekitar 30 tahunan.

Dalam website resmi Neil Patel, websitenya bisa menyajikan beragam tools untuk melakukan kegiatan digital marketing. Khususnya website tersebut bisa digunakan untuk membantu optimasi kinerja dari sebuah website.

Landing page yang digunakan Neil Patel adalah landing page untuk bisnis berjenis led generation. Dimana Neil mempengaruhi pengunjung untuk bersedia mengisi kolom email yang sudah ia sediakan.

Dan nantinya email tersebut akan digunakan untuk membagikan konten sebagai insight dan tips dari Neil Patel.

Back to Content ↑

2. Airbnb

Airbnb

Pastinya Anda tahukan perusahaan apa Airbnb tersebut? Airbnb adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada bisnis sewa properti. Perusahaan ini membangun kerjasama dengan para pemilik properti.

Perusahaan ini telah melakukan penyebarluasan layanan dan mereka membuka layanan wisata. Seperti kuliner, touring, kelas memasak sampai tentang pengalaman wisata yang bisa memberikan efek sosial bagi pelanggannya dan seluruhnya diatur oleh perusahaan tersebut.

Back to Content ↑

3. Uniqlo

Uniqlo

Uniqlo adalah salah satu brand fashion yang sudah terkenal secara internasional dan memang banyak disukai oleh generasi milenial. Uniqlo terkenal dengan desain pakaian yang sederhana, versatile, bersih dan juga pas untuk laki-laki maupun perempuan.

Brand dari negeri sakura ini memang sekarang mulai merambah ke beberapa negara seperti Cina, Kanada, Jerman, India, Indonesia, Bangladesh dan beberapa negara lainnya. Landing page yang dimiliki perusahaan ini sangatlah simple, desainnya selalu memberikan kesan simple perpaduan logo, warna putih.

Lalu, ada konten yang berupa ajakan untuk mengisi email. Nah dari kolom tersebut pihak perusahaan akan mendapatkan data dari pengunjungnya dan data tersebut akan dimanfaatkan oleh pihak perusahaan untuk memberikan konten informasi, promosi dan produk terbaru mereka.

Back to Content ↑

Tingkatkan Keuntungan dengan Landing Page!

Itu dia beberapa penjelasan lengkap tentang landing page untuk bisnis. Jadi kesimpulannya landing page adalah salah satu halaman yang berbeda dengan halaman website lainnya, landing page untuk bisnis sangat membantu karena bisa meningkatkan conversion rate dan juga keuntungan bagi perusahaan.

Tips tambahan, jika Anda telah berhasil meningkatkan keuntungan dari bantuan landing page tersebut. Jangan lupa untuk mencatat seluruh laporan keuangan tersebut, sehingga bisa menjadi referensi yang tepat untuk menentukan keputusan bisnis berikutnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑