Skip to main content

Hosting Indonesia: Pengertian Hingga Jenis-Jenisnya

Hosting Indonesia: Pengertian Hingga Jenis-Jenisnya
Hosting Indonesia: Pengertian Hingga Jenis-Jenisnya

Hosting Indonesia: Pengertian Hingga Jenis-Jenisnya

Bagi Anda yang memiliki website, memilih hosting tentunya merupakan hal yang sama pentingnya dengan memilih domain. Ketiganya memang tidak bisa dipisahkan. karena hal ini berkaitan dengan kinerja website untuk kedepannya. Dari sekian banyak hosting yang ditawarkan, hosting Indonesia bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Karena selain menawarkan uptime server yang terbilang tinggi, layanan hosting ini juga memberikan kemudahan lainnya, bagi Anda sebagai penggunanya. Ingin tahu apa saja kemudahan tersebut? dan hosting apa saja yang tersedia di layanan hosting buatan Indonesia ini? Yuk simak penelusurannya berikut ini!

TOC / Daftar Isi

Mengenal Apa Itu Hosting Indonesia

Meskipun istilah hosting kini mulai familiar di kalangan masyarakat digital, namun tak bisa dipungkiri, ada banyak orang yang belum mengetahui apa yang dinamakan hosting tersebut. Bahkan, ada yang masih keliru dalam membedakan hosting dengan domain ini. Karena itu, dalam ulasan ini, akan dijelaskan secara lebih singkat mengenai keduanya.

Berbicara tentang hosting, domain hingga website, bisa diibaratkan dengan lahan yang telah dibangun sebuah rumah, lengkap dengan alamat lengkapnya. Jadi bisa dikatakan, lahan yang dibangun rumah tersebut merupakan sebuah website.

Sedangkan rumah yang dibangun diatas lahan tersebut adalah yang dikenal dengan istilah hosting. Sementara domain adalah alamat lengkap dari rumah tersebut. Pertanyaannya kini adalah, bisakah sebuah website digunakan tanpa menggunakan hosting?

Untuk menjawab hal itu, Anda bisa menggambarkan ketiganya seperti yang dijelaskan diatas, dimana website adalah sebuah lahan, hosting adalah sebuah rumah, dan domain adalah ibarat alamat rumah.

Apakah sebuah lahan/tanah bisa difungsikan dengan baik, jika di atasnya belum dibangun sebuah bangunan/rumah? Meskipun bisa saja dilakukan, namun nilai manfaat yang akan diterima tidak akan sebesar yang akan diperoleh bilamana di atasnya sudah berupa rumah/bangunan.

Dengan kata lain, sebuah website tidak akan berfungsi ataupun tidak bisa bekerja optimal, jika tidak menggunakan hosting. Setelah Anda beli domain, tentu untuk mengaktifkannya butuh sumber daya lain. Termasuk diantaranya hosting yang ada di Indonesia ini. Sehingga bisa dikatakan, hosting memiliki peran yang cukup penting dalam perkembangan sebuah website.

Barulah kemudian, domain bisa mengikuti. Lalu apa saja jenis hosting yang ditawarkan oleh layanan hosting Indonesia ini? Apakah jenis hosting ini berbayar? Anda bisa mengetahui jawabannya melalui pembahasan di bawah ini.

Back to Content ↑

Apakah Layanan Hosting Indonesia Disediakan Secara Gratis?

Secara garis besar, hosting terbagi ke dalam 2 tipe. Diantaranya hosting yang disediakan secara gratis, dan juga hosting berbayar. Bagaimana dengan hosting buatan Indonesia ini? Apakah merupakan hosting dengan tipe berbayar?

Bisa dibilang, hosting Indonesia adalah hosting berbayar. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda pahami, mengenai hosting berbayar ini. Dimana meskipun mungkin Anda akan dibebankan untuk biaya berlangganan, namun sebenarnya ada berbagai kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari layanan hosting dengan sistem berbayar ini. Diantaranya:

  • Bebas iklan
  • Memiliki opsi untuk melakukan upgrade paket
  • Fitur yang lebih beragam
  • Disk Space yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Bandwidth yang tidak terbatas, dan beberapa kemudahan lainnya

Namun jangan khawatir, meskipun Anda diharuskan untuk membayar biaya berlangganan, namun beberapa hosting Indonesia menawarkan biaya berlangganan yang masih terbilang terjangkau. Jadi, Anda bisa menyesuaikan hosting server yang bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Back to Content ↑

Jenis-Jenis Hosting Server yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum Anda memilih salah satu layanan yang ada pada hosting buatan Indonesia ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis dari hosting itu sendiri. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. Dedicated Hosting

Jenis hosting yang pertama dikenal dengan nama Dedicated Hosting. Jenis hosting yang satu ini merupakan layanan hosting yang disewa oleh 1 klien saja. Dalam arti, jika Anda memilih jenis hosting ini, Anda memiliki kebebasan dalam mengontrol sistem operasi, keamanan, dan yang lainnya yang berkaitan dengan server.

Namun meskipun kinerja website menjadi lebih maksimal, Dedicated Hosting ini terbilang mahal, sehingga tak banyak orang yang menggunakannya. Hanya beberapa perusahaan besar saja, yang telah memiliki jumlah trafik pengunjung website yang tinggi saja, yang kiranya akan memilih jenis hosting yang satu ini.

Back to Content ↑

2. VPS Hosting

Selain Dedicated Hosting, dalam hosting server yang ada di Indonesia juga dikenal dengan adanya jenis hosting yang bernama VPS Hosting. Dimana server utama pada hosting ini akan terbagi ke dalam server-server kecil, biasanya berupa Shared Hosting, yang nantinya akan terbagi lagi ke dalam beberapa situs perorangan. Biasanya, jenis hosting yang satu ini banyak dipilih oleh beberapa pelaku bisnis. Baik yang masih berskala kecil maupun pelaku bisnis berskala menengah.

Back to Content ↑

3. Shared Hosting

Shared Hosting merupakan bagian dari VPS Hosting. Dimana Shared Hosting yang terbagi dari VPS Hosting, akan dibagi-bagi lagi ke dalam beberapa situs perorangan. Dalam arti, pengguna Shared Hosting akan berbagi server dengan pengguna situs yang lain.

Bisa dibilang, Shared Hosting merupakan jenis hosting Indonesia yang hemat biaya, dan banyak dipilih oleh beberapa pemilik website pribadi. Meskipun murah, namun dengan adanya pembagian server ini, jelas hal ini akan berpengaruh pada kinerja website secara keseluruhan, yang bisa saja menjadi lambat.

Back to Content ↑

4. Cloud Hosting

Jenis hosting lainnya yang banyak dipilih oleh sebagian besar pemilik website yaitu Cloud Hosting. Dimana jenis hosting yang satu ini terdiri dari berbagai server, namun dengan fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing. Sehingga jika ada satu server yang mungkin saja mengalami masalah, maka hal tersebut tidak akan berpengaruh terlalu signifikan pada server lainnya.

Back to Content ↑

Lalu jenis hosting mana yang paling baik? Sebenarnya jawabannya tergantung pada diri Anda sendiri. Karena setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing. Terutama yang berkaitan dengan kebutuhan dalam pengelolaan website ini.

Namun jika Anda masih menimbang-nimbang mengenai layanan hosting server mana, yang Anda rasa bisa Anda andalkan. Mungkin Anda bisa mengunjungi situs Qwords.com. Disana, Anda bisa melihat beberapa layanan hosting Indonesia terbaik, dengan harga yang terjangkau.

Baik itu jenis Cloud Hosting, VPS Hosting, hingga Dedicated Hosting. Selain layanan hosting tersebut, hosting server Qwords.com ini juga menyediakan layanan SSL certificate, serta colocation server. Bahkan untuk beberapa layanan, Qwords.com memberikan beberapa promo menarik. Baik yang berupa potongan harga maupun promo hosting, sekaligus potongan harga untuk nama domain.

Beberapa layanan VPS Hosting dan juga Cloud Hosting yang ditawarkan Qwords.com dengan potongan harga sekitar 60% ini meliputi paket Value High Performance VHP1, paket Unlimited Hosting Signature, paket High Performance HPCH Bisnis 1, serta paket Cloud VPS KVM SSD VPS SC1. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi hosting Indonesia Qwords.com di situs resminya secara langsung. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat ya!