Skip to main content

Tutorial Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Website Anda

Tutorial Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Website Anda

Tutorial Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Website Anda

Sejak merebaknya internet di awal tahun 2005 dan adanya perangkat komunikasi yang dapat mengakses internet secara mobile, Website menjadi salah satu alat marketing dan penyedia informasi yang cukup digandrungi oleh masyarakat. Namun untuk memiliki website kamu perlu untuk menyewa jasa hosting dan memilih nama domain dahulu.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Alamat IP?

Domain juga dapat diibaratkan sebagai alamat suatu website. Sebuah website membutuhkan hosting sebagai tempat dimana website tersebut disimpan dan alamat lokasi server yang diwakili oleh domain. Alamat server menggunakan IP address atau Internet Protocol address.

IP address berisi urutan angka yang unik yang digunakan sebagai identitas sebuah komputer atau server, contohnya seperti 123.456.789.123. Untuk memudahkan akses ke website tersebut maka digunakanlah domain untuk mewakili IP address server tersebut dengan nama yang mudah diingat dan dibaca.

Tujuan Utama sebuah domain adalah untuk mempermudah orang untuk mengakses tanpa perlu mengingat seluruh angka-angka pada IP address. Oleh karena itu memilih nama domain yang pas akan sangat membantu menaikkan angka kunjungan di website Anda. Lalu apa sajakah yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan nama domain? Berikut adalah tutorial memilih nama domain yang tepat untuk website Anda.

Back to Content ↑

8 Tips Memilih Nama Domain

Terkadang memilih nama domain memakan lebih banyak waktu daripada memilih layanan hosting yang ingin dipakai. Jika layanan hosting hanya mempertimbangkan harga dan fitur, memilih nama domain jauh lebih rumit daripada itu. Memilih domain sama seperti memilih nama bisnis, organisasi, dan lain-lain. Domain mencerminkan identitas yang hendak kamu buat, tujuan kamu, dan apa yang ingin Anda bagi, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dipikirkan untuk menentukan nama domain Anda.

Berikut adalah tutorial memilih nama domain yang tepat untuk website Anda yang dapat dicoba apabila Anda ingin memilih domain yang tepat untuk membangun reputasi Anda di internet.

Back to Content ↑

1. Gunakan Nama yang Bernilai Kreatif

Karena nama domain akan sangat menentukan reputasi Anda di internet. Maka ada baiknya Anda membuat domain yang bernilai kreatif sehingga mudah untuk diingat. Dengan domain yang kreatif, domainmu akan menjadi nama yang sering dicari, diingat, dan di share oleh pelanggan dan pengunjung website Anda.

Lalu bagaimanakah cara untuk membuat website yang memiliki nilai kreatifitas? Salah satu ciri domain yang kreatif adalah memiliki nama unik. Dan bagaimanakah tutorial memilih nama domain yang tepat untuk website Anda? Berikut caranya.

Back to Content ↑

2. Buat Kata Baru

Anda dapat membuat kata baru yang terdengar catchy yang menarik perhatian dan mudah diingat. Contohnya seperti “Yahoo” dan "WhatsApp". Anda dapat menggabung kata-kata yang sudah ada menjadi kata baru.

Back to Content ↑

3. Gunakan Kata yang Sudah Ada

Kata-kata yang cukup familiar di telinga audiens Anda pun dapat Anda jadikan nama domain Anda, bisa jadi komposisi utama dari bahan baku produk Anda, bisa juga image yang ingin Anda bangun di website Anda. Anda juga bisa memodifikasi kata - kata yang telah umum ini menjadi sesuatu yang baru. Contohnya “Goola” bisnis minuman milik anak dari presiden Jokowi yaitu Gibran Rakabuming. Goola berasal dari kata gula yang merupakan bahan baku utama produknya.

Back to Content ↑

4. Generator Nama Domain Dari Generator Nama Domain Online

Saat ini telah sangat banyak service aplikasi online yang dapat diakses via website, termasuk generator yang dapat Anda gunakan untuk mencari nama domain. Caranya adalah memasukkan kata–kata tertentu yang menurutmu akan cocok untuk domain website Anda. Setelah itu generator akan menunjukkan beberapa saran yang mungkin akan pas sebagai domain website Anda dan Anda tinggal memilihnya. Namun, hanya gunakan name generator ini untuk sumber inspirasi ya!

Back to Content ↑

5. Domain Anda Harus Mudah Diketik

Tutorial memilih nama domain yang tepat untuk website Anda yang selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa nama domainmu harus mudah untuk diketik. Namun, domainmu juga harus tetap kreatif. Anda bisa mengkreasikan nama kreatif dan Anda harus pastikan untuk mudah diketik agar para pengguna lebih tertarik untuk mengakses website Anda dan membagikannya.

Salah satu yang harus diperhatikan jika Anda ingin domain Anda mudah untuk diketik adalah perhatikan pengulangan huruf. Terkadang pengulangan huruf akan menyulitkan para pengguna, misalnya Anda perhatikan pengulangan huruf “l” pada kata “syllable”. Kata “sylable” akan lebih mudah untuk diketik dan diingat daripada kata yang diberikan double “huruf l”.

Back to Content ↑

6. Nama Domain yang Singkat

Sebelum menentukan nama domain, Anda harus mempertimbangkan panjang tidaknya domain yang akan Anda buat. Jika domainmu terlalu panjang, sulit dan tidak mudah diketik, mungkin hanya sedikit pengunjung yang akan mengingat nama domain Anda. Atau mungkin mereka malah akan sulit mengeja dan mengetik domainmu secara manual, yang pastinya ini akan berakibat ke sedikitnya jumlah pengunjung website. Maka dari itu, tutorial memilih nama domain yang tepat untuk website Anda adalah menggunakan domain yang singkat.

Apabila kamu menggunakan nama domain yang pendek dan catchy, tentu resiko-resiko seperti ini akan sangat kecil terjadi. Sebaiknya, apabila memilih nama domain jumlah karakter yang Anda gunakan tidak lebih dari 17 karakter.

Back to Content ↑

7. Sisipkan Keyword

Domainmu dapat berupa apa saja, Jika Anda menggunakan website untuk bisnis Anda gunakan keyword mengenai pelayanan Anda, bidang usaha Anda, atau produk yang Anda tawarkan. Misalnya Anda membuka bisnis minuman yang menjual aneka macam kopi, Anda bisa memilih domain yang sesuai, Anda bisa memilih nama “kopidalgona” atau “kopikenangan”. Dengan menggunakan keyword pada domain, dapat menaikkan SEO Website agar muncul di halaman pertama mesin pencarian google, sehingga traffic websitemu akan meningkat.

Back to Content ↑

8. Potensi Jangka Panjang

Meski bagaimanapun keren dan kreatifnya nama domainmu, salah satu yang harus diperhatikan dalam tutorial memilih nama domain yang tepat untuk website Anda adalah memikirkan potensi jangka panjangnya. Anda memang sebaiknya menggunakan keyword pada nama domain, nama domain yang singkat dan menggunakan nama yang kreatif namun apakah domain yang Anda buat akan bertahan lama diingatan para pengguna Anda?

Kamu juga harus memikirkan alasan utama Anda membuat website, dan jangan menggunakan istilah-istilah gaul yang hanya bertahan untuk sementara, yang mana setelah beberapa waktu para pengguna akan melupakannya. Oleh karena itu carilah nama domain yang dapat bertahan lama diingatan para pengguna Anda.

Back to Content ↑

Nah, Itulah tutorial memilih nama domain yang tepat untuk website Anda dari kami. Semoga salah satu tips tersebut bisa membantu Anda untuk menentukan domain yang akan kamu gunakan. Lalu kamu bisa memilih jenis hosting terbaik yang kamu akan gunakan. Dalam memilih hosting, kamu harus dapat memastikan kualitas hosting seperti kecepatan, keamanan, dan kehandalan penyimpanan data tersebut. Terima Kasih dan Selamat Mencoba!