Skip to main content

Inilah Cara Melekatkan Tempered Glass Yang Tidak Menempel

Inilah Cara Melekatkan Tempered Glass Yang Tidak Menempel

Inilah Cara Melekatkan Tempered Glass Yang Tidak Menempel

Yang dimaksud dengan "tempered glass" adalah lapisan yang lebih kuat daripada kaca biasa yang menjadi pelindung layar terbaik dan tidak mudah pecah saat tergores ketika terkena benturan keras dan goresan benda tajam, dan saat ini menjadi item yang sangat penting untuk ponsel Anda. Tetapi terkadang pemasangan tempered glass pada layar ponsel tidak bisa merekat dengan kuat sehingga mudah terkelupas dan terdapat udara yang menggelembung di dalamnya. Maka dari itu simak penjelasan berikut inilah cara melekatkan tempered glass yang tidak menempel.

TOC / Daftar Isi

3 Cara Melekatkan Tempered Glass Yang Tidak Menempel

Berikut ini adalah cara yang mudah untuk merekatkan kembali tempered glass yang tidak mudah menempel pada layar ponsel, ini penjelasannya.

Back to Content ↑

1. Melekatkan Tempered Glass Yang Bergelembung

Pada pemasangan tempered glass yang bergelembung tidak menempel pasti terdapat udara didalamnya, hal tersebut pasti membuat Anda terganggu dan akan risih dengan gelembung tersebut. Inilah beberapa bahan seperti, baby oil, minyak goreng, dan cotton bud beserta cara merekatkan tempered glass tersebut dengan mudah dan praktis.

Siapkan beberapa jenis minyak, gunakanlah seperti minyak goreng yang baru, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun dan baby oil atau sejenis cairan yang sedikit lengket tapi tidak terlalu pekat. Jangan menggunakan cairan yang terlalu encer untuk mencegah cairan yang bisa merembes masuk ke celah celah lubang ponsel, dan jika masuk akan merusak perangkat bagian dalam ponsel.

Matikan ponsel Anda, sebelum Anda melakukan proses pembersihan dan perekatan pada ponsel, Anda harus menonaktifkan ponsel tersebut terlebih dahulu, hal tersebut ditujukan untuk mencegah kerusakan pada sensitivitas layar sentuh perangkat ponsel saat memperbaiki tempered glass yang tidak melekat tersebut. Jika tidak mematikan ponsel terlebih dahulu maka akan berakibat saat ponsel dalam keadaan menyala nanti sensor layar sentuh akan bisa berkurang.

Celupkan kapas atau cotton bud pada minyak. Siapkan minyak pada wadah kecil yang berisi baby oil atau minyak zaitun. Kemudian celupkan cotton bud pada minyak yang Anda gunakan tersebut, lalu oleskan sedikit demi sedikit pada ponsel tempered glass yang menggelembung tadi dan Anda bisa mengangkat kembali tempered glass perlahan-lahan agak lebar dan oleskan perlahan sampai tidak ada yang menggelembung lagi.

Jika seluruh bagian layar sudah terisi dengan minyak, maka langkah terakhir gunakan kain halus untuk membersihkan bagian sisa yang terkena cairan minyak tersebut. Pakailah kain halus atau kain microfiber dan bisa juga gunakan kertas tisu yang lembut kemudian lap seluruh bagian sampai pada celahnya lalu pastikan lapisan lemnya kembali merekat.

Back to Content ↑

2. Cara Melekatkan Tempered Glass Yang Tidak Menempel Dengan Lem

Terkadang lem pada tempered glass yang siap pakai tidak bisa merekat sampai tahan lama, sehingga sewaktu-waktu bisa terkelupas kapan saja. Maka dari itu Anda harus merekatkan kembali dengan lem tempered glass lagi agar lapisan pelindung tersebut rata dan bisa melekat erat pada layar ponsel. Inilah cara melekatkan tempered glass yang tidak menempel dengan perekat lem.

Pertama siapkan lem tempered glass, kemudian oleskan lem pada bagian pinggir tempered glass tersebut. Anda bisa membeli lem tersebut di toko yang menjual berbagai aksesoris ponsel. Pada ponsel yang memiliki layar 2,5D dimana bagian pinggirnya melengkung sehingga tempered glass tersebut tidak bisa melekat erat.

Kedua siapkan tusuk gigi untuk mempermudah mengaplikator ujung pada lem tersebut. Lalu untuk mengangkat kembali layar ponsel yang belum melekat gunakan tusuk gigi dan angkat dengan perlahan dan oleskan dengan lem di bagian pinggir tempered glass.

Sebelum tempered glass ditempelkan pada layar bersihkan permukaan layar dengan lap. Kemudian barulah Anda pasang tempered glass yang sudah diberi lem pada pinggirannya ditempelkan dengan perlahan-lahan sampai erat dan pastikan tidak ada bagian yang bergelembung. Setelah itu agar bisa bersih maksimal gunakan minyak kayu putih.

Back to Content ↑

3. Merekatkan Kembali Dengan Lem UV Full Cover

Lem UV full cover ini ampuh mengatasi tempered glass yang tidak merekat. Lem tersebut dipercaya memiliki daya rekat yang kuat dan bisa tahan lama. Lem tersebut juga mampu melindungi dari bekas sidik jari , retak, benturan, minyak, debu, dan kotoran yang menempel. Sebelum merekatkan kembali Anda harus membersihkan layar ponsel terlebih dahulu dan ikuti langkah berikut ini.

Bersihkan Dan Tutup Lubang Terkecil Pada Speaker, lalu Anda harus membersihkan layar dari debu dan minyak dengan alkohol atau minyak kayu putih. Setelah itu tutup lubang speaker dengan menggunakan stiker atau lakban atau bisa juga menggunakan dust remover, agar cairan yang akan ditempel nanti tidak merembes masuk kedalam lubang speaker dan bisa merusak perangkat ponsel.

Lalu tuangkan lem ke bagian tengah layar ponsel dan jangan sampai terbentuk gelembung kecil saat menuangkannya. Setelah itu letakkan tempered glass lurus dengan posisi semula dan biarkan lem menyebar ke seluruh layar ponsel dengan merata. Tidak perlu ditekan dengan tempered glass lem akan menyebar dengan sendirinya dan jika lem meluber sampai ke pinggir ponsel Anda bisa mengelap dengan tisu.

Selanjutnya keringkan dengan Sinar UV dan tes lampu UV tersebut sebelum digunakan, pastikan lampu tersebut menyala dengan baik. Saat lem meluber ke bagian pinggir hindari penyinaran UV secara langsung. Saat sudah meluber dengan merata mulai keringkan lem tersebut dibawah sinar UV dalam kisaran waktu 4 menit dan bolak balikkan agar tersinari dengan sempurna. Anda tidak perlu menekan dan menyentuh selama proses tersebut berlangsung. Dan kemudian Anda bisa menggunakan kembali ponsel Anda dengan aman.

Setelah semua langkah perbaikan tempered glass terselesaikan, selanjutnya Anda bisa menguji sensitifitas layarnya. Jika proses pemasangan tempered glass dilakukan dengan baik dan benar maka tidak akan mengurangi daya sentuh layar ponsel tersebut. Dan ponsel layar Anda akan semakin aman dengan adanya lapisan tempered glass yang sudah merekat dengan erat.

Back to Content ↑

Itulah beberapa informasi tentang cara melekatkan tempered glass yang tidak menempel pada layar ponsel Anda. Jadi setelah Anda mengikuti langkah-langkah diatas tersebut Anda tidak perlu khawatir dengan adanya goresan benda tajam ataupun debu yang menempel pada layar ponsel. Dengan adanya pelindung layar berupa tempered glass ponsel layar Anda akan semakin kuat dan aman.

Dan jangan lupa untuk membersihkan layar ponsel setiap harinya agar perangkat ponsel Anda bisa berjalan dengan maksimal. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!