Skip to main content

Perbedaan Layar AMOLED vs IPS LCD, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Layar AMOLED vs IPS LCD, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan Layar AMOLED vs IPS LCD, Mana yang Lebih Baik?

Ketika membeli ponsel pintar, mungkin Anda akan sering menjumpai istilah layar IPS LCD dan juga AMOLED. Layar merupakan bagian yang sangat penting bagi suatu gawai karena bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan penggunaan gawai tersebut. Lalu apakah Anda sudah benar-benar mengetahui perbedaan layar AMOLED vs IPS LCD?

Jika Anda ingin membeli ponsel pintar, sebaiknya jangan hanya terpaku pada spesifikasi processor dan juga ataupun fitur kamera yang dimilikinya. Anda juga perlu mempertimbangkan spesifikasi panel layar yang dimiliki oleh gawai tersebut untuk memastikan bahwa gawai yang Anda miliki tersebut memiliki kenyamanan yang optimal ketika digunakan.

Sebenarnya ada cukup banyak jenis material yang biasa digunakan untuk membuat panel layar gawai. Namun untuk ponsel-ponsel terbaru, umumnya menggunakan panel layar yang terbuat dari IPS LCD, AMOLED, dan ataupun bahkan Super AMOLED untuk komposisi tampilan display layar yang dimiliki.

TOC / Daftar Isi

1. Mengenal Sekilas Apa Itu Layar IPS LCD

Perlu Anda ketahui bahwa ada cukup banyak jenis ponsel pintar yang menggunakan layar LCD berjeni IPS. Liquid Crystal Display (LCD) merupakan salah satu jenis layar yang menggunakan efek polarisasi cahaya pada medium kristal cair.

Selain digunakan dalam pembuatan panel layar ponsel pintar, LCD ini juga umum ditemukan pada sejumlah perlengkapan elektronik lainnya semisal pada televisi (TV), layar monitor, layar laptop, dan bahkan juga umum digunakan pada layar kalkulator.

Sementara itu, IPS atau yang merupakan singkatan dari In-Plane Switching adalah salah satu dari sekian banyak jenis layar LCD. Jenis layar IPS LCD ini mampu menghasilkan gambar yang lebih baik bila dibandingkan dengan jenis TFT (Thin Film Transistor) LCD.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh layar IPS LCD bila dibandingkan dengan jenis LCD generasi sebelumnya adalah ia tetap akan bisa menampilkan gambar yang cukup jelas meski di bawah paparan sinar matahari.

Back to Content ↑

2. Pengertian Layar AMOLED

Sebelum membahas secara lebih jauh tentang perbedaan layar AMOLED vs IPS LCD, terlebih dahulu Anda juga perlu mengetahui apa itu layar display AMOLED yang kini semakin populer dan banyak digunakan dalam sejumlah gadget modern.

AMOLED atau yang dikenal juga dengan sebutan Active Matrix Organic Light-Emitting Diode merupakan teknologi yang layar yang menggunakan sumber pencahayaan berupa LED (Light-Emitting Diode).

AMOLED sendiri merupakan panel display yang lebih terbaru daripada IPS LCD dan memiliki sensitivitas sentuh yang lebih baik serta mampu menghasilkan gambar dengan kualitas resolusi yang lebih tajam bila dibandingkan dengan tampilan gambar pada panel display LCD pada umumnya.

Back to Content ↑

3. Perbedaan Layar AMOLED vs IPS LCD Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya mengenai perbedaaan antara layar IPS LCD dengan layar AMOLED dan manakah yang lebih baik diantara keduanya, berikut adalah ulasan perbandingan yang perlu Anda simak.

Back to Content ↑

3.1. Perbedaan Tingkat Warna Pada Layar IPS LCD Dengan AMOLED

Perbedaan pertama yang perlu Anda ketahui terkait dengan layar IPS dan AMOLED adalah terkait dengan tingkat kecerahan warna yang dimilikinya. Meskipun kedua jenis layar tersebut sudah mampu menghasilkan warna asli yang terlihat sangat bagus, namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang relatif cukup signifikan.

Layar AMOLED akan mampu menghasilkan menghasilkan warna yang lebih jernih dan juga tajam apabila dibandingkan dengan layar IPS LCD. Tampilan warna yang lebih jernih ini menjadikan layar AMOLED menjadi pilihan yang semakin banyak diminati karena bisa memberikan tingkat kenyamanan yang semakin optimal.

Back to Content ↑

3.2. Tingkat Sensitivitas Antara IPS LCD Dan AMOLED

Perbedaan layar AMOLED vs IPS LCD yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah terkait dengan tingkat sensitivitas yang dimiliki keduanya. Sebagai teknologi yang lebih baru bila dibandingkan dengan model layar IPS LCD, panel display AMOLED ini memiliki tingkat sensitivitas yang lebih unggul bila dibandingkan dengan IPS LCD.

Tingkat sensitivitas yang lebih baik ini membuat panel layar AMOLED menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh sejumlah produsen smartphone untuk menghasilkan ponsel-ponsel dengan layar sentuh yang lebih optimal.

Back to Content ↑

3.3. Tingkat Konsumsi Daya Panel IPS Dan AMOLED

Perbedaan selanjutnya yang perlu diketahui antara layar IPS LCD dengan AMOLED adalah terkait dengan tingkat konsumsi daya yang dimiliki oleh keduanya. Secara umum, tingkat konsumsi energi panel layar AMOLED lebih rendah antara 20%-30% bila dibandingkan dengan panel layar IPS LCD.

Tingkat konsumsi daya yang lebih rendah ini membuat ponsel pintar yang dibuat dengan menggunakan layar AMOLED bisa beroperasi lebih lama bila dibandingkan dengan layar ponsel dengan tipe panel display IPS LCD.

Back to Content ↑

3.4. Perbedaan Layar AMOLED vs IPS LCD Dari Segi Tingkat Daya Tahan

Perbedaan selanjutnya yang perlu diketahui terkait dengan layar IPS LCD dengan AMOLED adalah terkait dengan tingkat daya tahan yang dimilikinya. Jika diperhatikan, panel layar IPS LCD lebih fleksibel bila dibandingkan dengan panel layar AMOLED.

Selain itu, pada layar IPS LCD tidak terdapat burn-in, maka layar IPS LCD bisa bertahan lebih lama. Meski demikian bukan berarti bahwa layar AMOLED tidak bisa bertahan lama. Hanya saja, diperlukan perawatan yang lebih hati-hati agar layar AMOLED ini dapat bertahan lebih lama selama penggunaannya.

Back to Content ↑

3.5. Perbandingan Harga Antara AMOLED Dengan IPS LCD

Layar AMOLED dan IPS LCD juga memiliki perbedaan dari sisi harga yang dimiliki oleh keduanya. Secara umum, biaya produksi layar IPS LCD lebih murah apabila dibandingkan dengan layar AMOLED.

Maka dari itu, tidak mengherankan apabila smartphone dengan layar AMOLED memiliki harga lebih mahal bila dibandingkan dengan ponsel pintar yang menggunakan layar IPS LCD. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat wajar mengingat AMOLED merupakan teknologi yang lebih baru dan juga unggul bila dibandingkan dengan teknologi berbasis LCD.

Back to Content ↑

4. AMOLED vs IPS LCD, Manakah Yang Lebih Baik?

Setelah melihat perbedaan layar AMOLED vs IPS LCD yang telah diulas di atas, kini Anda bisa mempunyai gambaran secara lebih terperinci terkait mana yang lebih baik diantara keduanya. Sebenarnya masing-masing jenis panel display ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga Anda bisa memilih jenis layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun jika dilihat secara umum, layar ponsel dengan jenis AMOLED dinilai lebih baik bila dibandingkan dengan IPS LCD karena memiliki sejumlah keunggulan yang diantaranya adalah memiliki kontras yang lebih baik, konsumsi daya yang lebih hemat, memiliki tingkat daya tahan yang mumpuni, dan juga memiliki sensitivitas sentuh yang lebih baik.

Melihat sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh teknologi AMOLED tersebut, tidak mengherankan apabila ponsel-ponsel dengan teknologi layar AMOLED semakin banyak diminati oleh sejumlah kalangan.

Back to Content ↑

Itulah beberapa perbedaan layar AMOLED vs IPS LCD yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan beberapa ulasan perbedaan yang telah disampaikan tersebut, Anda bisa lebih mengenal perbedaan antara layar jenis AMOLED dengan layar IPS LCD dan memilih mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!