Skip to main content

Ini Dia, Cara Ukur Detak Jantung Dengan Aplikasi Di Smartphone

Cara Ukur Detak Jantung Dengan Aplikasi Di Smartphone

Ini Dia, Cara Ukur Detak Jantung Dengan Aplikasi Di Smartphone

Seiring berkembangnya zaman, segala sesuatu bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Baik itu yang bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Contohnya untuk mengukur detak jantung ini, yang bisa Anda lakukan dengan mengandalkan aplikasi di smartphone Anda. Bagaimana cara ukur detak jantung dengan aplikasi di smartphone ini? Anda bisa mengetahuinya pada akhir artikel ini.

Jika biasanya, Anda harus pergi ke klinik kesehatan untuk mengukur detak jantung ini. Maka kini, Anda tak perlu melakukannya lagi. Karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Tentunya dengan bantuan sebuah aplikasi.

Apakah cara tersebut bisa dibilang efektif? hal ini tergantung dengan aplikasi yang digunakan. Oleh karena itu, sangat penting kiranya untuk memilih aplikasi yang banyak direkomendasikan oleh banyak orang. Selain itu, faktor penting lainnya yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu, cara ukur detak jantung dengan aplikasi di smartphone ini.

TOC / Daftar Isi

1. Aplikasi Yang Banyak Direkomendasikan Sebagai Cara Ukur Detak Jantung

Meskipun terkadang dianggap sepele, namun pengukuran detak jantung ternyata sangat penting. Tentunya sebagai deteksi dini terhadap keluhan-keluhan yang berkenaan dengan masalah jantung. Jika sebelumnya, untuk melakukan ukur detak jantung ini hanya mengandalkan stetoskop, yang ada pada klinik kesehatan saja. Kini, Anda bisa melakukannya hanya dengan menggunakan aplikasi di smartphone Anda.

Dari beberapa aplikasi yang menawarkan cara ukur detak jantung dengan aplikasi di smartphone ini. Ada beberapa diantaranya yang paling banyak direkomendasikan oleh banyak orang. Karena tingkat akurasinya yang bisa dibilang lebih efektif, dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya.

Apa saja aplikasi yang dimaksud? Anda bisa mengetahuinya dari ulasan lengkap berikut dibawah ini. Diantaranya:

Back to Content ↑

1.1. Heart Rate Monitor

Aplikasi yang pertama yang paling banyak direkomendasikan yaitu Heart Rate Monitor. Cara ukur detak jantung dengan aplikasi di smartphone yaitu dengan menggunakan jari telunjuk yang ditempelkan pada kamera depan. Adapun pendeteksiannya dilakukan dengan mengandalkan laju darah yang berasal dari jari telunjuk yang ditempelkan sebelumnya.

Back to Content ↑

1.2. ICare Health Monitor

Icare Health Monitor merupakan sebuah aplikasi kesehatan. Baik itu yang digunakan untuk mengukur detak jantung, tekanan darah, maupun untuk pengukuran tingkat pernapasan. Selain sebagai alat deteksi, aplikasi ICare Health Monitor ini juga, dilengkapi dengan berbagai tips kesehatan, hingga menu diet yang bisa Anda coba, untuk menjaga berat badan agar selalu stabil.

Back to Content ↑

1.3. Runtastic Heart Rate Monitor And Pulse Checker

Aplikasi lainnya yang bisa dipilih sebagai cara ukur detak jantung dengan aplikasi di smartphone yaitu Runtastic Heart Rate Monitor And Pulse Checker. Bedanya aplikasi ini dengan aplikasi sejenis lainnya yaitu, jika dengan aplikasi ini Anda bukan hanya bisa mengukur detak jantung pada saat normal saja. Namun juga di saat merasa sakit, maupun saat mengalami stress.

Back to Content ↑

1.4. Cardiograph

Selain yang telah disebutkan diatas, Cardiograph merupakan aplikasi lainnya yang bisa Anda coba untuk ukur detak jantung. Aplikasi ini bisa digunakan oleh banyak pengguna. Sehingga sangat cocok sebagai alat untuk mendeteksi detak jantung bagi seluruh anggota keluarga.

Back to Content ↑

1.5. Instant Heart Rate

Instant Heart Rate bisa Anda gunakan untuk ukur detak jantung, segera setelah melakukan aktivitas. Misalnya setelah berjalan kaki, berlari ataupun setelah mengangkat beban berat. Sementara hasil akhir dari pengukuran ini, akan ditampilkan dalam bentuk grafik, yang mudah dimengerti.

Back to Content ↑

2. Cara Ukur Detak Jantung Dengan Aplikasi Di Smartphone

Dari ke-5 aplikasi yang telah dijelaskan di atas. Dalam artikel ini, hanya akan dibahas mengenai cara ukur detak jantung dengan aplikasi di smartphone dengan bantuan aplikasi Heart Rate Monitor. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi ini mengandalkan pengukuran dengan bantuan denyut nadi.

Sekedar informasi, denyut nadi normal orang dewasa yaitu sekitar 60 hingga 100 kali per menit. Jika kurang ataupun melebihi angka tersebut, maka diperkirakan telah terjadi masalah pada jantung orang yang dideteksi.

Jika biasanya, mengukur denyut nadi ini bisa dilakukan dengan mencari denyutan di pergelangan tangan, leher bagian samping, maupun pada bagian dada sebelah kiri. Namun dengan Heart Rate Monitor ini, cara untuk mengukur denyut nadi pada aplikasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk saja. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut. Diantaranya:

Back to Content ↑

2.1. Download Aplikasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mendownload aplikasi Heart Rate Monitor terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan membuka aplikasi Google Play Store yang ada pada smartphone Anda.

Back to Content ↑

2.2. Buka Aplikasi

Setelah Anda mendownload aplikasi tersebut, Anda bisa segera membukanya. Di halaman utama, Anda akan langsung disuguhi layanan deteksi detak jantung, dengan mengandalkan denyut nadi. Prinsip kerja dari aplikasi ini, sebenarnya hampir mirip dengan Oksimeter, yang terdapat di beberapa klinik kesehatan.

Back to Content ↑

2.3. Perhatikan Instruksi

Langkah selanjutnya yaitu, Anda tinggal memperhatikan instruksi yang ada pada halaman utama dari aplikasi ini. Pada instruksi tersebut terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan, sebagai cara ukur detak jantung dengan aplikasi di smartphone ini.

Back to Content ↑

2.4. Tempelkan Ujung Jari Telunjuk Pada Kamera

Dalam instruksi yang ada pada halaman utama tersebut, ada salah satu instruksi yang mengharuskan Anda untuk menempelkan jari telunjuk pada kamera. Anda bisa menempelkan jari telunjuk Anda tersebut, minimal sekitar 1 menit.

Jika pada aplikasi lainnya, kamera yang digunakan adalah kamera belakang. Maka lain halnya yang ada pada aplikasi ini. Karena selain bisa menggunakan kamera belakang, Anda juga bisa memanfaatkan kamera depan untuk mendeteksi denyut nadi pada jari telunjuk Anda tersebut.

Back to Content ↑

2.5. Tunggu Beberapa Saat

Setelah Anda selesai menempelkan jari telunjuk pada kamera. Maka selanjutnya, Anda tinggal menunggu beberapa saat. Dimana, dalam proses menunggu tersebut, monitor akan memindai denyut nadi pada jari telunjuk. Sehingga akan diperoleh hasil yang akurat. Terutama mengenai detak jantung, yang disesuaikan dengan denyut nadi.

Back to Content ↑

2.6. Hasil Akhir Akan Terdeteksi

Baru setelah beberapa menit menunggu tersebut. Anda akan mendapatkan hasil akhir. Dimana hasil denyut nadi pada jari telunjuk Anda, merupakan angka yang sama dengan detak jantung. Angka tersebut diambil dari pengukuran denyut nadi selama minimal 1 menit.

Back to Content ↑

Demikian cara ukur detak jantung dengan aplikasi di smartphone yang paling mudah. Meskipun dalam artikel ini, hanya dibahas mengenai cara ukur detak jantung melalui aplikasi Heart Rate Monitor saja. Namun caranya tak jauh berbeda dengan aplikasi ukur detak jantung yang lainnya. Tentunya, bisa Anda gunakan kapan saja, dan dimana saja. Tanpa harus pergi ke klinik kesehatan terlebih dahulu. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!