Skip to main content

Review Aplikasi Signal Terbaru

Review Aplikasi Signal

Review Aplikasi Signal Terbaru

Dari pengalaman para pengguna aplikasi chatting, Signal yang hampir mirip dengan aplikasi perpesanan lainnya seperti Whatsapp dan Facebook Messenger dll. Aplikasi Signal juga dilengkapi dengan beragam fitur seperti, pesan personal antar individu maupun grup, dengan tambahan stiker, foto, transfer file, panggilan suara dan video.

Anda bisa juga melakukan panggilan grup dengan delapan orang serta obrolan pribadi hingga seribu orang. Sama dengan aplikasi pesan lainnya cara mendaftarkan akun hanya dengan nomor telepon seluler yang aktif. Berikut review aplikasi signal lebih lengkapnya.

TOC / Daftar Isi

1. Beberapa Hal Review Dari Aplikasi Signal

Aplikasi Signal merupakan layanan perpesanan yang terenkripsi terpusat dengan lintas platform yang dikembangkan oleh yayasan nirlaba dan didanai oleh donasi Signal Foundation dan Signal Messenger, sehingga Signal tidak memiliki perusahaan teknologi besar layaknya Facebook. Dalam kinerjanya yang menggunakan internet untuk mengirim pesan pribadi atau ke grup, yang dapat mencakup file, dokumen, pesan suara, gambar, dan video. Selain itu juga bisa menggunakan fitur panggilan suara dan video secara pribadi maupun dengan grup.

Aplikasi Signal dalam mengamankan semua komunikasi antara pengguna Signal yang lainnya dengan enkripsi end–to–end dan sebagai standar pengenal pribadi aplikasi tersebut menggunakan nomor telepon seluler. Dengan adanya enkripsi tersebut yang mencakup mekanisme dimana pengguna dapat secara independen memverifikasi identitas kontak mereka dengan integritas saluran data. Software dari aplikasi Signal gratis dan bersumber terbuka atau open resource yang diterbitkan dibawah lisensi GPLv3, sedangkan kode server diterbitkan dibawah lisensi dari AGPLv3.

Pada Februari 2018 Signal Foundation Nirlaba meluncurkan pendanaan awal $50 juta dari Brian Action, hingga pada Juni tahun 2020 kemarin aplikasi Signal telah memiliki lebih dari 32,4 juta total yang mengunduh dan juga memiliki sekitar 20 juta pengguna aktif bulanan per Desember 2020. Aplikasi Signal juga memiliki aplikasi klien resmi untuk IOS dan aplikasi web pada desktop, tetapi umumnya bisa juga digunakan pada Android dengan layanan pada Google Play.

Back to Content ↑

2. Beragam Fitur Aplikasi Signal

Lalu apa saja fitur–fitur yang terdapat pada aplikasi signal yang secara tiba-tiba bisa populer dan pernah digunakan oleh CEO Tesla, Elon Musk. Berikut adalah Review Aplikasi Signal Terbaru dengan berbagai fitur yang terdapat didalamnya. Simak informasinya berikut ini.

Back to Content ↑

2.1. Mengamankan Data Pribadi

Dalam memulai pembuatan atau pendaftaran baru, signal memang memakai nomor ponsel sebagai alat registrasinya sama seperti Whatsapp, namun hal tersebut tidak mengaitkan identitas data pribadi lainnya. Jadi, jika Anda menggunakan Signal tidak akan terdapat data diri pribadi Anda yang tersimpan dalam aplikasi Signal. Dan jikalau ada peretas yang ingin masuk dalam sistem signal, apa yang ingin dicuri karena tidak terdapat data pribadi pengguna.

Back to Content ↑

2.2. Menjaga Kerahasiaan Pengguna

Pada aplikasi Signal, percakapan akan terjaga dengan aman dengan menggunakan end–to–end encryption. Tidak jauh berbeda dengan Whatsapp, tetapi Signal membuat protokol sendiri yang bisa didapatkan secara terbuka. Sebuah pola pengamanan aplikasi atau yang biasa disebut end-to-end encryption, yang dimana hanya pengirim pesan dan penerima pesan sajalah yang dapat mengetahui isi dari percakapan tersebut. Jadi penyadap tidak akan bisa masuk ke dalam data tersebut karena sudah terenkripsi.

Back to Content ↑

2.3. Merupakan Aplikasi Yang Gratis Dan Bebas Iklan

Latar belakang dari aplikasi Signal sendiri adalah TextSecure dan RedPhone yang merupakan aplikasi open resource yang merupakan dua aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis, jadi saat sang pembuat Signal yaitu Moxie dengan pola bertahap tanpa memungut bayaran dari para penggunanya sudah ia pahami. Aplikasi Signal juga tanpa menggunakan iklan untuk mendapatkan keuntungan dari pengguna. Jadi saat Anda memakai ini bebas dari popads, sticky-ads, maupun link-ads yang mengganggu.

Jadi Aplikasi Signal mendulang keuntungan dari pola donasi untuk mempertahankan aplikasi mereka, sampai dengan hari ini Aplikasi tersebut masih bisa bertahan dan masih ada, berarti selalu ada yang berdonasi untuk mereka. Hal tersebut mirip dengan sistem yang dipakai Wikipedia.

Back to Content ↑

2.4. Tidak Terdapat Pelacakan Pengguna Oleh Peretas

Karena hal inilah mengapa Signal dengan keunggulannya yang sangat aman dan tidak akan ada orang yang akan dapat melacak keberadaan Anda dengan GPS, mungkin karena hal tersebut CEO Tesla, Elon Musk dan dan Jack Dorsey dari Twitter memakai aplikasi tersebut. Maka dari itu Signal lebih unggul daripada Telegram yang di awal tahun 2021 terdapat berita kebocoran keamanan dari salah satu fitur yang dimiliki oleh Telegram yaitu, People’S Nearby, jadi peretas bisa masuk menerobos masuk dalam fitur tersebut dan mengetahui lokasi dari pengguna.

Back to Content ↑

2.5. Terdapat Beberapa Fitur Tambahan

Pada Review Aplikasi Signal selanjutnya Anda akan dijamin tidak akan bosan saat menggunakan aplikasi Signal, karena pada aplikasi tersebut dibuat dengan kreativitas yang sama seperti aplikasi chatting yang lain nya. Anda akan dibuat menyenangkan dengan ini aplikasi karena dengan adanya fitur membuat grup percakapan, terdapat stiker dalam percakapan, bisa telepon dengan grup, terdapat mode gelap, serta terdapat fitur optimasi jaringan internet sehingga pesan tetap bisa terkirim.

Back to Content ↑

2.6. Bisa Mengunci Obrolan Anda

Tidak berbeda dengan Whatsapp, pengguna Signal juga terdapat dukungan keamanan pengguna untuk menjaga rahasia keamanan percakapan yang dilakukan oleh pengguna dengan fitur kunci keamanan, meliputi pin, kata sandi, sidik jari, dan Touch ID atau Face ID.

Back to Content ↑

2.7. Dapat Menyematkan Dan Mengarsipkan Obrolan

Jika Anda menggunakan aplikasi Signal, Anda dapat menyimpan atau menyembunyikan obrolan yang telah berlalu atau sekiranya sudah tidak penting,dengan mengarsipkan percakapan tersebut. Namun jika terdapat obrolan atau percakapan yang penting untuk diingat maka Anda bisa menyematkan pin pada percakapan Anda agar percakapan tersebut selalu berada di urutan paling atas. Jadi jika terdapat pesan baru, maka pesan tersebut akan berada dibawah pesan yang sudah terpasang pin tersebut.

Back to Content ↑

2.8. Terdapat Media Broadcast Pesan Dan Teruskan Pesan

Bagi para pengguna Signal dapat memungkinkan mengirim pesan ke banyak kontak secara bersamaan dalam waktu yang sama dengan obrolan yang terpisah tentunya. Mirip seperti Whatsapp. Serta pada aplikasi Signal dapat meneruskan pesan atau media dalam obrolan ke kontak yang akan dituju. Jika pesan terkirim ditandai dengan centang ganda, dan saat centang ganda berwarna abu- abu berarti pesan tersebut sudah dibaca oleh penerima.

Back to Content ↑

Demikian ulasan Review Aplikasi Signal terbaru yang hampir sama dengan Whatsapp, jika Anda tertarik dan sudah bosan dengan aplikasi chatting yang lama Anda boleh bergeser pada aplikasi ini, yang wajib dicoba. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kebutuhan media perpesanan Anda. Selamat membaca dan mencobanya, Terima Kasih!