Skip to main content

Wajib Tahu, Solusi Ampuh Mempercepat Waktu Loading Blog dengan CDN!

Wajib Tahu, Solusi Ampuh Mempercepat Waktu Loading Blog dengan CDN!

Wajib Tahu, Solusi Ampuh Mempercepat Waktu Loading Blog dengan CDN!

Bagi Anda yang memiliki blog tentunya memiliki traffic yang tinggi merupakan sebuah hal yang selalu diharapkan. Seperti yang kita ketahui, blog dengan traffic tinggi tentunya memiliki banyak keuntungan. Keuntungan ini mulai dari kesempatan mendapat tawaran iklan, monetisasi blog yang lebih gampang, mendapat banyak backlink, hingga menaikkan peringkat blog. Sangat menarik bukan?

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan traffic blog adalah dengan mempercepat waktu loading blog. Terdapat layanan khusus untuk mempercepat waktu loading blog yang dinamakan Content Delivery Network (CDN). Mempercepat waktu loading blog dengan CDN dapat dilakukan dengan mudah. Layanan ini telah terbukti ampuh dapat mempercepat waktu loading blog.

Bahkan, hingga saat ini, layanan CDN telah digunakan oleh banyak blogger untuk mengoptimalkan blognya. Tak hanya itu, layanan ini juga dibekali banyak fitur lainnya yang akan menguntungkan para blogger. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan menyeluruh tentang layanan satu ini.

TOC / Daftar Isi

1. Apa itu CDN?

Content Delivery Network (CDN) adalah layanan yang memperlancar proses pengiriman konten blog yang berupa teks, gambar, ataupun video dengan cara meningkatkan kecepatan loading blog itu sendiri. Selain itu, CDN dapat meningkatkan kecepatan waktu respons blog saat sedang diakses.

Layanan ini terdiri dari kumpulan server yang terhubung secara global yang tersebar di beberapa data center di banyak negara. Jaringan global ini memiliki tugas untuk mengirimkan konten dari suatu server ke suatu blog dengan cara kerja yang khusus sehingga dapat mempercepat waktu loading blog. Singkatnya, CDN menggunakan servernya yang tersebar di seluruh dunia untuk mengirimkan konten suatu blog sehingga dapat diterima pengakses dengan lebih cepat.

CDN biasa digunakan untuk blog yang sudah besar dan luas jangkauannya. Dengan banyaknya pengakses blog yang banyak tentu akan mempengaruhi kecepatan waktu loading blog tersebut. Oleh karenanya, mempercepat waktu loading blog dengan CDN merupakan solusi yang tepat bagi Anda pengelola blog dengan konten yang banyak serta pengakses yang tinggi.

Back to Content ↑

2. Cara Kerja CDN

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa CDN merupakan kumpulan server global yang saling terkait. Dengan memiliki banyak server di banyak negara, menjadikan layanan ini dapat mempercepat waktu loading suatu blog. Tak hanya cepat, layanan ini juga bisa didapatkan secara murah, aman dan andal dengan menggunakan teknologi cache.

Cara kerja CDN sendiri didasarkan meminimalkan jarak antara pengakses blog dengan server situs blog yang sedang diakses. Apabila pengakses yang berasal dari Indonesia akan mengakses blog yang memiliki server di Amerika Serikat, tentu saja proses pengiriman konten menjadi lama karena jarak server yang sangat jauh.

Namun begitu, mempercepat waktu loading blog dengan CDN dilakukan dengan memanfaatkan server yang terletak di dekat pengakses. Blog yang menggunakan CDN dapat memanfaatkan server CDN yang tersebar secara global ini. Pengakses dapat mengakses konten yang sama tanpa harus mengakses server blog yang ada di Amerika Serikat tersebut, melainkan dapat melalui server yang ada di dekat pengakses.

Singkatnya, CDN menempatkan konten suatu blog di banyak tempat atau server sekaligus. Oleh karenanya, pengiriman konten blog dapat dilakukan lebih cepat berkat sebaran konten di berbagai server tersebut.

Back to Content ↑

3. Cara Menggunakan CDN

Mempercepat waktu loading blog dengan CDN sangat mudah dilakukan. Berikut ini adalah cara menggunakan CDN dengan mudah.

Back to Content ↑

3.1. Memilih CDN

Layanan CDN banyak ditawarkan oleh berbagai provider. Berbagai provider yang menyediakan jasa layanan CDN tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih provider CDN adalah detail server, biaya, dan keamanannya. Carilah provider yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Back to Content ↑

3.2. Mendaftarkan Blog

Setelah Anda memutuskan provider CDN mana yang akan Anda gunakan, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog Anda ke provider tersebut. Cara pendaftaran masing-masing provider tentunya memiliki sistem dan teknis yang berbeda. Maka dari itu, sebelum mendaftarkan blog pada provider tertentu, carilah informasi mengenai pendaftarannya, mulai dari persyaratan hingga sistem pendaftarannya.

Back to Content ↑

3.3. Membuat URL untuk CDN

Untuk mempercepat waktu loading blog dengan CDN, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat URL blog untuk CDN. URL yang dibuat untuk CDN ini merupakan tempat yang menjadi aset sehingga akan mengarahkan traffic blog Anda. URL tersebut akan langsung mengarahkan pengakses ke blog Anda tentunya dengan waktu loading yang cepat.

Dalam membuat URL untuk CDN, terdapat tips yang harus Anda perhatikan. Tips tersebut adalah Anda harus menggunakan nama URL yang mudah diingat, dicari, dan diganti. Mengapa harus demikian? Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pengubahan jika ke depannya nanti diperlukan.

Back to Content ↑

3.4. Mengarahkan Aset ke CDN

Setelah berhasil membuat URL, yang harus dilakukan adalah mengarahkan aset di blog Anda ke CDN. Hal ini dapat diartikan dengan mentransfer konten melalui teknologi cache ke server CDN yang tersebar di berbagai tempat. Dengan melakukan hal ini, Anda akan memperkecil kemungkinan membuat kesalahan di markup serta dapat mempermudah pemeliharaan URL apabila terjadi perubahan di masa yang akan datang.

Back to Content ↑

4. Provider CDN Terpopuler

Mempercepat waktu loading blog dengan CDN merupakan solusi yang tepat agar memperbanyak traffic di blog Anda. Oleh karenanya, penggunaan layanan ini di blog Anda tentu merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Untuk menggunakan layanan ini, tentunya Anda harus memilih provider yang tepat. Berikut ini adalah provider CDN terpopuler dan gratis yang dapat Anda pertimbangkan.

Back to Content ↑

4.1. Cloudflare

Salah satu provider CDN yang terkenal dan gratis adalah Cloudflare. CloudFlare menawarkan berbagai layanan yang menarik melalui berbagai fiturnya. Fitur yang ada di provider ini, antara lain DDos Protection, Web Application Firewall, SSL Certificate, hingga cache konten statis dari lokasi terdekat.

Fitur gratis yang dapat digunakan ini juga telah memiliki cakupan penggunaan yang luas. Tak hanya itu, konfigurasi yang ada pada CloudFlare ini juga dapat dilakukan dengan mudah karena memiliki desain yang sederhana. Versi gratis dari CDN ini cocok digunakan untuk blog yang memiliki traffic kecil hingga sedang.

Back to Content ↑

4.2. Incapsula

Incapsula merupakan provider CDN populer yang juga menawarkan reverse proxy. Cara kerja provider ini adalah menggunakan proses cache dengan machine learning serta opsi panel kontrol. Cara kerja CDN Incapsula juga diimbangi dengan penyimpanan cepat dan alat optimasi sehingga dapat meningkatkan performa blog Anda dengan cara menurunkan pengeluaran jumlah bandwidth.

Back to Content ↑

4.3. Jetpack Photon

CDN Jetpack Photon merupakan bagian dari layanan WordPress yang menerapkan teknologi CDN khusus untuk gambar. Layanan ini cocok untuk blog dengan konten gambar yang banyak tetapi tidak cocok digunakan untuk blog yang memiliki konten gambar yang sedikit. Untuk menggunakan Jetpack Photon, Anda dapat menggunakan plugin Jetpack yang sudah menjadi plugin bawaan WordPress.

Back to Content ↑

Apabila Anda tertarik untuk mempercepat waktu loading blog dengan CDN, tentunya informasi diatas dapat memberikan banyak pencerahan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan CDN, carilah berbagai informasi menyeluruh tentang layanan ini agar mendapatkan hasil yang optimal seperti yang Anda inginkan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!