Skip to main content

5 Cara Menonaktifkan Whatsapp Untuk Sementara Waktu

5 Cara Menonaktifkan Whatsapp Untuk Sementara Waktu

5 Cara Menonaktifkan Whatsapp Untuk Sementara Waktu

Notifikasi atau pemberitahuan pesan masuk dari aplikasi Whatsapp terkadang membuat sebagian orang jenuh. Apalagi Anda ingin menghabiskan waktu untuk berlibur atau beristirahat dari berbagai aktivitas. Hal ini cukup mengganggu. Oleh karena itu, simak informasi berikut mengenai cara menonaktifkan Whatsapp sementara waktu agar waktu istirahat Anda menjadi berharga.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara Waktu

1.1. Mematikan Notifikasi pada Bagian Atas

Mematikan Notifikasi pada Bagian Atas

Cara menonaktifkan Whatsapp sementara waktu yang pertama adalah mematikan notifikasi atau pemberitahuan yang menandakan adanya pesan masuk. Biasanya, secara default, Whatsapp akan menampilkan pesan masuk pada bagian atas ponsel. Pemberitahuan ini berisi isi pesan meskipun tidak semua isi ditampilkan.

Apabila semua pemberitahuan ini masuk apalagi pesan yang masuk begitu banyak, ada baiknya Anda mematikan fitur pemberitahuan atau notifikasi ini. Adapun langkah-langkah untuk mematikan fitur ini adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Klik titik tiga yang ada di sebelah kanan pojok atas.
  3. Pilih setelan atau pengaturan.
  4. Pilih notifikasi.
  5. Menonaktifkan tombol yang ada pada gambar berikut untuk mematikan pemberitahuan pada layar atas. Lakukan hal ini bila ada tombol yang masih menyala. Fungsinya agar semua pemberitahuan atau notifikasi chat pribadi maupun chat grup tidak akan mengganggu saat paket data atau ponsel Anda terhubung dengan jaringan internet.
Mematikan Notifikasi pada Bagian Atas

Back to Content ↑

1.2. Mematikan Notifikasi pada Bagian Layar atau Pop Up

Cara menonaktifkan Whatsapp sementara waktu yang kedua adalah mematikan notifikasi atau pemberitahuan pesan masuk yang biasanya langsung muncul pada layar ponsel. Hal ini biasanya disebut sebagai fitur Pop Up. Secara default, ponsel tidak akan mengaktifkan fitur ini secara otomatis. Namun, sebagian orang mengaktifkan fitur ini agar pesan cepat terbaca tanpa harus membuka aplikasi Whatsapp.

Mematikan Notifikasi pada Bagian Layar atau Pop Up

Memang ada untungnya mengaktifkan fitur ini, terlebih saat Anda sedang tidak ingin membuka aplikasi Whatsapp namun pesan tetap bisa terbaca. Tetapi, fitur ini cukup membuat Anda jenuh bahkan stres bila pesan yang masuk banyak dan Anda dalam kondisi yang super sibuk. Oleh karena itu, cara menonaktifkan Whatsapp sementara waktu dengan menonaktifkan fitur ini terbilang ampuh. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Klik titik tiga yang ada di sebelah kanan pojok atas.
  3. Pilih setelan atau pengaturan.
  4. Pilih notifikasi.
  5. Pilih notifikasi pop up lalu matikan.
Mematikan Notifikasi pada Bagian Layar atau Pop Up

Fungsi dari notifikasi Pop Up ini dapat menampilkan pesan baik dari pesan pribadi maupun pesan grup. Ada beberapa pengaturan. Yaitu fitur ini dinyalakan hanya ketika layar hidup, hanya ketika layar mati, selalu menampilkan Pop Up, dan tidak ada Pop Up. Anda tinggal memilih tidak ada Popup untuk mematikan fitur ini. Aturlah baik pada pengaturan pesan pribadi maupun grup.

Back to Content ↑

1.3. Mematikan Lampu Notifikasi LED

Cara menonaktifkan Whatsapp sementara waktu yang ketiga adalah mematikan lampu notifikasi LED. Ada beberapa ponsel yang sudah disematkan dengan fitur lampu notifikasi. Namun, ada juga ponsel yang tidak disematkan dengan fitur lampu notifikasi. Biasanya, bagi ponsel seperti ini memasang tambahan aplikasi dari pihak ketiga.

Memang adanya fitur lampu notifikasi LED ini dapat memberikan pemberitahuan dengan cepat kepada pengguna ponsel mengenai pesan yang masuk. Apalagi pengaturan lampu notifikasi bisa disesuaikan dan diatur berbeda-beda. Misalnya Anda mengatur grup satu dengan lampu notifikasi warna putih. Pada grup dua Anda mengatur dengan warna biru. Sedangkan untuk warna merah digunakan bila ada pesan pribadi.

Apabila ada pesan masuk dan lampu notifikasi menyala biru, Anda bisa mengetahui bahwasanya pesan tersebut berasal dari grup dua. Jika tidak ada pokok bahasan yang penting dalam grup, maka Anda bisa menghiraukannya. Dengan begitu, Anda bisa fokus lagi dengan pekerjaan yang Anda jalani. Adapun cara untuk mengatur lampu notifikasi ini bila Anda tidak ingin terganggu adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Klik titik tiga yang ada di sebelah kanan pojok atas.
  3. Pilih setelan atau pengaturan.
  4. Pilih notifikasi.
  5. Pilih terang lalu atur warna menjadi tidak ada. Dengan begitu, lampu notifikasi tidak akan menyala saat ada pesan Whatsapp masuk.

Back to Content ↑

1.4. Mematikan Nada Dering

Hal berikutnya terkait dengan cara menonaktifkan Whatsapp sementara waktu adalah mematikan nada dering. Nada dering seringkali membuat pesan Whatsapp yang masuk menjadi lebih ramai. Belum lagi bila Anda memiliki grup yang banyak dan memiliki topik bahasan yang tidak ada habis-habisnya. Tentu hal ini dapat membuat pikiran menjadi jenuh bahkan stres.

Oleh karena itu, Anda bisa mematikan nada dering pada pesan Whatsapp yang masuk. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Yakni mematikan nada dering dari grup, mematikan nada dering pesan pribadi, maupun langsung mematikan secara pusat di pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya.

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan nada dering pada saat pesan Whatsapp masuk, Anda bisa langsung masuk aplikasi Whatsapp.

  1. Klik titik tiga yang ada di sebelah kanan pojok atas.
  2. Pilih setelan atau pengaturan.
  3. Pilih notifikasi.
  4. Pilih nada notifikasi menjadi tidak ada. Dengan begitu, tiap kali ada pesan masuk baik itu pesan pribadi maupun pesan dalam grup, tidak akan ada bunyinya.

Selain melalui pengaturan, Anda juga bisa mematikan suara atau nada dering melalui chat langsung. Caranya tinggal cari grup yang ingin dibisukan. Kemudian tahan sedikit lama. Saat grup ditahan, Anda akan melihat bagian atas pilihan untuk membisukan. Tekan icon untuk membisukan atau menghilang nada dering. Hal ini juga berlaku pada pesan pribadi yang dikirim dari orang lain ke Anda.

Back to Content ↑

1.5. Mematikan Data Seluler

Cara menonaktifkan Whatsapp sementara waktu yang paling ampuh adalah dengan mematikan data seluler ponsel. Selain Anda terbebas dari pesan yang membuat Anda penat, jenuh bahkan stres, mematikan data seluler ponsel juga bisa menghemat kuota paket data Anda. Dengan begitu, Anda bisa fokus dengan pekerjaan saat ini tanpa harus terdistorsi dari berbagai macam pesan yang tidak terlalu penting. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka pengaturan ponsel.
  2. Buka aplikasi atau system apps.
  3. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Ketuk Force Stop atau matikan semua notifikasi atau blokir semua.
  5. Matikan paket data seluler pada bagian atas layar.

Cara ini dapat menyebabkan pengirim pesan Whatsapp tidak bisa mendapatkan notifikasi ceklis dobel yang menunjukkan bahwa pesan telah terkirim dan diterima oleh Anda. Dengan begitu, semua pesan tidak akan bisa Anda terima tanpa harus Anda melepas atau uninstall Whatsapp.

Back to Content ↑

Itulah beberapa informasi mengenai cara menonaktifkan Whatsapp sementara waktu agar Anda bisa mengistirahatkan pikiran dari distorsi yang tidak penting. Setelah Anda menonaktifkan Whatsapp setelah beberapa waktu dan ingin menggunakannya kembali, upayakan untuk mengubah tampilan dengan cara mengganti background agar Anda bisa menikmati mengirim pesan dengan nuansa baru. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!