Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Daily Info DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

10 Tips agar HP Tidak Lag (Jamin Bisa Ngebut Lagi!)

10 Tips agar HP Tidak Lag (Jamin Bisa Ngebut Lagi!)
10 Tips agar HP Tidak Lag (Jamin Bisa Ngebut Lagi!)

10 Tips agar HP Tidak Lag (Jamin Bisa Ngebut Lagi!)

Penggunaan smartphone selalu lekat dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk berkomunikasi, smartphone juga digunakan untuk bersosial media, berbelanja online dan masih banyak lagi. Anda bisa menemui banyak jenis smartphone dengan spesifikasi yang berbeda serta harga yang juga beragam. Biasanya, ketika seseorang membeli smartphone, pastinya disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Berbicara mengenai smartphone, pasti Anda tidak asing dengan istilah lag atau macet, kan? kendala yang satu ini memang sering terjadi pada smartphone, apalagi terlalu banyak menggunakan aplikasi dan memori penyimpanan sudah penuh. Tapi bagi Anda yang mengalaminya tidak perlu galau, karena ada beberapa tips yang membuat smartphone Anda anti ngelag alias ngebut seperti baru.

Langsung saja, cek tipsnya dibawah ini, yuk check it out!

TOC / Daftar Isi

Mengapa Smartphone bisa Lag/Macet?

Pasti ketika mengalami lag/macet, Anda bertanya-tanya, apa yang salah dengan smartphone kesayangan Anda? Ada banyak faktor yang menyebabkan smartphone bisa lag. Namun ada tujuh penyebab yang sering menjadi penyebab smartphone macet:

  1. Anda terlalu banyak memasang aplikasi di smartphone, sehingga lama kelamaan smartphone memorinya menjadi penuh.
  2. Kapasitas RAM smartphone yang hampir batas maksimal, sehingga ketika membuka aplikasi berat bersamaan membuat hp langsung macet.
  3. Terlalu banyak aplikasi berjalan. Hal ini sering terjadi karena Anda lupa untuk keluar dari aplikasi tersebut. Akibatnya kapasitas RAM menjadi penuh dan smartphone mudah macet.
  4. Terlalu banyak cache (file sampah) yang menumpuk di memori internal. Cache diproduksi ketika Anda membuka aplikasi.
  5. Menggunakan wallpaper animasi dan tema yang berasal dari launcher berat. Hal ini tentu memakan kapasitas memori.
  6. Proses root yang tidak sempurna membuat sistem smartphone menjadi error. Bukan hanya lag, keadaan seperti ini bisa juga membuat smartphone mati total.
  7. Serangan Virus pada Sistem dan Aplikasi.

Itulah penyebab yang sering mengakibatkan smartphone Anda menjadi macet. Pastinya menyusahkan ya? Apalagi digunakan untuk hal penting dan urgent. Tenang saja, Anda bisa terapkan 10 tips ampuh untuk mengucapkan selamat tinggal kepada smartphone yang sering lag.

Back to Content ↑

Mau Smartphone Ngebut Lagi? Ini 10 Tipsnya!

Banyak tips yang bisa Anda terapkan jika ingin smartphone kembali sehat tanpa adanya macet. Mungkin beberapa tips ini sudah sering Anda lakukan, namun kemungkinan hanya sekali saja, nah, untuk menjadi performa smartphone tetap baik, sebaiknya Anda melakukannya secara berkala.

Back to Content ↑

1. Membersihkan Cache Smartphone

Cara pertama ini terbilang mudah, Anda bisa membersihkan cache yang sudah menumpuk pada sistem penyimpanan smartphone. Biasanya menghapus cache bisa dengan aplikasi seperti CC Cleaner atau Clean Master. Cara lainnya, Anda bisa menghapus cache setiap aplikasi dengan cara manual, dalam menu setting mencari informasi aplikasi yang terpasang, kemudian hapus cache.

Jangan lupa juga untuk menghapus cache browser, karena lama kelamaan jika menumpuk bisa mengakibatkan lag.

Back to Content ↑

2. Menyortir Aplikasi

Terkadang tidak semua aplikasi yang terinstall di smartphone digunakan semuanya. Mungkin saja ada beberapa aplikasi yang hanya iseng saat menginstal atau digunakan beberapa saat saja. Cobalah Anda mulai menyortir aplikasi yang tersimpan, biasakan menginstal aplikasi yang Anda butuhkan dan selalu digunakan.

Segera hapus aplikasi yang tidak penting dan tidak pernah digunakan. Dengan ini, memori smartphone Anda akan bertambah dan smartphone lebih lancar saat digunakan.

Back to Content ↑

3. Mengupdate Software

Smartphone dilengkapi dengan fitur update software. Namun, tidak semua merk smartphone memberikan update yang berkepanjangan. Ada masanya sendiri. Jika smartphone Anda masih mendapatkan update software, maka Anda harus segera mengupdatenya.

Dengan mengupdate software, maka smartphone akan lebih baik lagi performanya karena ditingkatkan dengan cara ini. Biasanya pemberitahuan update software akan muncul atau bisa Anda cek pada fitur update system.

Back to Content ↑

4. Menggunakan Wallpaper Biasa

Berhubungan dengan RAM smartphone, lag bisa juga terjadi ketika Anda memasang wallpaper animasi yang berat. Jika smartphone Anda memiliki kapasitas RAM yang mumpuni tidak masalah, namun jika RAM dibawah 2GB maka ini bisa menyebabkan lag. Memasang wallpaper biasa juga bisa menghemat daya, lho!

Back to Content ↑

5. Menggunakan Launcher Ringan

Tampilan smartphone yang enak dipandang mata memang menyenangkan, namun ketika Anda menggunakan launcher dari pihak ketiga yang ukurannya besar, maka hal ini bisa menjadi penyebab smartphone lag. Sama halnya dengan wallpaper, Anda harus melihat kapasitas RAM smartphone, jika masih memadai tidak masalah, namun jika tidak, jangan memaksakan memasangnya.

Back to Content ↑

6. Menggunakan Satu Antivirus

Jangan terlalu banyak memasang antivirus pada smartphone. Pilihlah satu antivirus terbaik yang dapat secara maksimal membersihkan virus di smartphone. Sama dengan sistem bawaan, antivirus juga berjalan pada background, sehingga memakan penyimpanan.

Lakukan scanning secara berkala atau ketika ada pemberitahuan bahwa Anda harus segera membersihkannya. Rekomendasi antivirus terbaik yang bisa Anda pasang di smartphone seperti CM Security, AVAST Mobile Security, AVG Antivirus Security dan Kaspersky Internet Security.

Back to Content ↑

7. Mengupdate ROM

Menggunakan CusROM biasanya smartphone terasa lebih nyaman dan ringan. Anda bisa memasang CusROM pada smartphone. Lalu, apa itu cusROM? CusROM merupakan ROM yang sudah diperbaiki yang berasal dari pihak ketiga.

Back to Content ↑

8. Melakukan Tweak

Cara yang satu ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan smartphone bootloop. Nah, untuk menghindari hal menakutkan ini, maka ketika melakukan tweak harus dengan benar. Tweak artinya mengedit sistem smartphone android, mulai dari CPU, RAM, baterai, jaringan dan lain–lain. Namun tetap harus diingat cara ini sangat berbahaya.

Anda bisa melakukan tweak secara manual atau dengan bantuan aplikasi. Agar lebih aman sebaiknya menggunakan aplikasi. Aplikasi yang banyak direkomendasikan adalah L–Speed, aplikasi ini terbilang paling bagus dan banyak digunakan untuk men tweak smartphone Android.

Back to Content ↑

9. Melakukan Reboot

Sering sekali mendengar kalimat “Apakah sudah mencoba mematikannya dulu?” ketika Anda mengalami error pada smartphone atau perangkat lainnya. Alasannya cukup sederhana, karena cara ini sangat ampuh untuk mengembalikan performa smartphone yang lag.

Jadi jika smartphone mengalami lag dan Anda ingat bahwa belum pernah mematikan smartphone selama berbulan-bulan, maka cara ini bisa dicoba. Cobalah matikan smartphone selama beberapa menit, kemudian hidupkan kembali. Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan otomatis mati, sehingga RAM lebih lega.

Back to Content ↑

10. Melakukan Reset Factory

Cara yang satu ini adalah pilihan terakhir untuk membuat smartphone terhindar dari lagi. Melakukan reset pabrik berarti Anda harus menghapus semua yang telah Anda simpan dan pasang pada perangkat smartphone. Dengan cara ini, maka smartphone kembali seperti baru membelinya.

Smartphone terasa lebih lega, ringan dan siap ngebut kembali. Tapi jangan lupa untuk memindahkan file penting ke flashdisk atau micro sd agar Anda tidak kehilangan file penting dalam smartphone.

Back to Content ↑

Demikian beberapa tips agar smartphone tidak lag atau macet. Anda bisa mencoba 10 tips diatas agar smartphone kembali nyaman untuk digunakan kembali. Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang sekarang sedang galau karena smartphone sering ngelag. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!