Skip to main content

Cara Logout Email di iPhone

Cara Logout Email di iPhone

Cara Logout Email di iPhone

Hampir semua pengguna iPhone pasti melakukan sinkronisasi email di iPhone agar lebih mudah dalam mengakses surat elektronik. Jika ingin menghapus akun email, Anda perlu melakukan proses logout terlebih dahulu. Artikel ini akan membahas cara logout email di iPhone secara lengkap.

iPhone sendiri mendukung berbagai jenis provider email, contohnya iCloud, Gmail, Outlook, Yahoo, bahkan webmail dengan pengaturan manual. Pada artikel sebelumnya, Anda sudah mempelajari setting email di iPhone. Sekarang Anda mempelajari tentang cara logout atau menghapus akun dari iPhone.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Logout Email di iPhone Melalui Settings

Halaman Settings di iPhone menyediakan pengaturan terkait semua hal yang ada di iPhone. Mulai dari pengaturan jaringan, nada, tampilan, termasuk pengaturan akun. Di halaman Settings ini pula Anda dapat melakukan pengaturan akun email.

iPhone menyediakan fitur untuk menambahkan banyak akun email sekaligus dalam satu perangkat. Jika sudah tidak menggunakannya lagi, Anda dapat mengikuti tutorial di bawah ini.

Back to Content ↑

1.1. Buka Menu Settings

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka halaman pengaturan di iPhone. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengklik icon Settings yang ada di halaman home. Jika menggunakan setelan default, Setting memiliki icon roda gigi dengan warna hitam atau abu-abu.

Setelah mengklik icon tersebut, Anda akan langsung diarahkan ke halaman Settings yang berisi banyak menu.

Selain melalui menu di home, Anda juga dapat menggunakan bantuan Siri untuk membuka halaman tersebut. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengatakan “Hey, Siri!”. Jika Siri sudah siap mendengarkan perintah, katakan “Open Settings”.

Tak perlu menunggu waktu lama, halaman Settings pun terbuka. Anda pun dapat melanjutkan ke langkah kedua yang akan dijelaskan di bawah ini.

Back to Content ↑

1.2. Masuk ke Pengaturan Mail

Saat sudah masuk ke halaman pengaturan, di sana terdapat banyak sekali menu yang dapat dipilih. Karen Anda akan melakukan pengaturan pada akun email, maka pilihan menu yang harus diklik adalah Mail.

Di halaman Mail pun kurang lebih sama karena Anda akan menemukan banyak menu yang dapat dipilih. Kali ini, klik pada opsi Account. Halaman selanjutnya akan menampilkan list atau daftar akun yang disinkronisasi di iPhone Anda.

Anda mungkin sudah bisa menebak langkah yang harus dilakukan selanjutnya. Ya, tepat sekali, Anda harus memilih salah satu akun yang akan dihapus atau logout dari iPhone.

Back to Content ↑

1.3. Logout

Saat Anda sudah memilih salah satu akun, Anda akan melihat jenis-jenis data yang disinkronisasi secara otomatis. Antara lain Mail, Contact, Calendar, dan Notes. Namun bukan hal ini yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Fokus ke opsi yang ada di bagian bawah halaman. Di sana, Anda akan menemukan menu Delete Account. Klik saja pada menu tersebut.

Karena menghapus akun email dari perangkat iPhone merupakan salah satu langkah yang krusial, iPhone akan menampilkan pesan pop up untuk konfirmasi. Di sini, klik pada opsi untuk menyetujui penghapusan akun.

Back to Content ↑

1.4. Selesai

Langkah paling akhir dari proses ini adalah mengklik tombol Back yang ada di bagian sudut kiri atas layar iPhone. Pastikan bahwa di halaman tersebut sudah tidak ada akun yang tadi dihapus.

Proses penghapusan akun atau logout akun email ini akan menghapus seluruh data terkait dengan email tersebut dari iPhone. Namun Anda tak perlu khawatir karena data Anda masih tersimpan di server penyedia email.

Anda masih dapat mengakses akun atau alamat email tersebut menggunakan device lain. Jika dibutuhkan, pengguna juga dapat melakukan re-login dengan akun yang sama.

Back to Content ↑

2. Logout Gmail di iPhone

Gmail merupakan salah satu provider atau penyedia layanan email yang banyak dipakai. Tak sedikit pula pengguna iPhone yang menggunakan aplikasi Gmail di smartphone miliknya. Jika ingin logout dari aplikasi Gmail di iPhone, lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Gmail terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik pada icon foto profil yang ada di bagian kanan atas layar.
  3. Selanjutnya, klik pada Manage account on this device.
  4. Di halaman selanjutnya, Anda akan melihat daftar akun Gmail yang login di iPhone.
  5. Klik pada salah satu akun yang ingin dihapus, kemudian pilih Delete from this device.

Jika akun Gmail sudah logout dari iPhone, Anda tidak akan menerima notifikasi ketika ada email masuk ke akun tersebut. Meski begitu, Anda masih tetap dapat mengakses akun Gmail tersebut dari perangkat lain. Seluruh data yang ada di dalamnya juga dapat dipastikan aman. Jadi, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Back to Content ↑

Tutorial dan penjelasan di atas sudah sangat jelas dan lengkap. Jadi, Anda dapat langsung mempraktekkan cara logout email di iPhone. Kalau Anda ingin mengetahui informasi lainnya terkait smartphone dari Apple, silahkan baca artikel Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap di situs ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!