Skip to main content

Cara Setting Email di iPhone (Manual & Otomatis)

Setting Email di iPhone

Cara Setting Email di iPhone (Manual & Otomatis)

Melakukan sinkronisasi email di smartphone akan memudahkan Anda dalam mengelola pesan yang masuk maupun mengirim pesan. Apakah Anda sudah mengetahui cara setting email di iPhone? Jika belum, kedatangan Anda di sini adalah sebuah langkah yang tepat.

Fitur di iPhone memungkinkan pengguna membuat sebuah alamat email baru, sinkronisasi email yang sudah ada, serta melakukan konfigurasi secara otomatis dan manual. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini dari awal hingga akhir.

TOC / Daftar Isi

1. Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum masuk ke pembahasan tentang tutorial, ada beberapa hal yang perlu ada tahu dan persiapkan. Pengaturan email manual di iOS atau iPhone ini dikhususkan bagi pengguna webmail. Webmail sendiri biasanya terintegrasi dengan sebuah website dan informasinya dapat Anda lihat pada cPanel.

Ketika Anda menyewa hosting, penyedia akan memberikan akses ke cPanel. Di sana juga terdapat konfigurasi email yang dapat Anda sinkronisasi dengan berbagai perangkat, termasuk iPhone.

Kalau Anda menggunakan email seperti Gmail atau penyimpanan iCloud, silahkan simak tutorial setting email otomatis.

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan setting email di iOS atau iPhone. Berikut detailnya.

  1. Username
  2. Password
  3. Incoming server
  4. Outgoing server

Untuk mendapatkan informasi yang telah disebutkan diatas, ikuti tutorial selengkapnya di bawah ini.

  1. Pastikan Anda memiliki akses ke cPanel.
  2. Akses cPanel dengan alamat yang diberikan oleh penyedia hosting.
  3. Masuk ke cPanel menggunakan informasi credential yang diberikan oleh pihak penyedia hosting.
  4. Saat sudah berhasil masuk ke Dashboard cPanel, klik pada menu Email.
  5. Lanjutkan dengan memilih menu Email Account.
  6. Selanjutnya, Anda akan melihat daftar nama email yang terdapat di akun tersebut.
  7. Klik pada salah satu nama email yang ingin Anda sinkronisasi di iPhone.
  8. Sekarang klik pada opsi Connect Device.
  9. Klik pada menu Set Up Mail Client.
  10. Scroll ke bagian bawah untuk menampilkan lebih banyak menu. Kemudian klik pada menu Manual Settings.

Di halaman berikutnya, Anda akan mendapatkan seluruh informasi seperti yang telah disebutkan di atas. Selanjutnya, Anda dapat langsung melanjutkan dengan tutorial setting email di perangkat iPhone.

Back to Content ↑

2. Langkah-langkah Setting Email di iPhone Manual

Apabila Anda telah mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk sinkronisasi email, lanjutkan dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

Back to Content ↑

2.1. Mengakses Halaman Settings

Pertama, Anda perlu mempersiapkan iPhone yang akan dipakai untuk sinkronisasi email. Pastikan memiliki akses internet untuk kelancaran proses sinkronisasi ini.

Untuk masuk ke halaman Settings, Anda dapat mengklik icon gerigi yang ada di halaman Home iPhone. Selain itu, ada alternatif lain yaitu mengakses Settings dari Control Center. Satu lagi cara yang bisa Anda pakai yaitu melalui tombol Assistive Touch.

Saat sudah sampai di halaman Settings, Anda dapat masuk ke pengaturan email melalui menu Mail. Di halaman inilah Anda dapat langsung menambahkan email. Tutorialnya dapat Anda lihat pada langkah kedua di bawah ini.

Back to Content ↑

2.2. Menambahkan Akun Email yang Sudah Ada

Di tahap kedua ini, Anda harus menambahkan akun email yang sudah tersedia. Alamat emailnya ini berasal dari informasi di cPanel yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya. Untuk menambahkan akun email ini tidak begitu sulit karena menu di iPhone sudah sangat jelas.

Supaya Anda lebih paham dengan langkah-langkahnya, simak tutorial yang ada di bawah ini.

  1. Di dalam halaman Main Setting, klik pada menu Accounts.
  2. Selanjutnya, pilih menu Add Account untuk memasukkan email.
  3. Anda akan melihat beberapa pilihan jenis akun. Karena Anda akan menggunakan webmail, maka opsi yang harus dipilih adalah Other.

Back to Content ↑

2.3. Menambahkan Informasi Webmail

Setelah Anda memilih beberapa menu yang sudah dijelaskan pada langkah sebelumnya, sekarang Anda dihadapkan dengan formulir yang harus diisi. Adapun data yang perlu Anda isikan antara lain:

  1. Name: bagian ini diisi dengan nama pengguna atau nama Anda
  2. Address: diisi dengan informasi alamat email lengkap yang mencakup nama pengguna, tanda @, dan domain. Contohnya example@maju.com.
  3. Password: isi dengan kata sandi atau password untuk membuka alamat email tadi.
  4. Description: Anda dapat mengisi bagian ini dengan apa saja. Jika tak ingin mengisi, bagian description juga dapat dikosongkan.

Apabila Anda sudah mengisi seluruh informasi atau data yang telah disebutkan di atas, lanjutkan dengan menekan tombol Next. Biasanya, tombol ini ada di sudut kanan atas layar iPhone.

Back to Content ↑

2.4. Memilih IMAP

Meski Anda sudah selesai mengisi informasi yang telah disebutkan pada langkah sebelumnya, masih ada informasi pelengkap yang perlu diinput. Di bagian ini, Anda harus memilih IMAP serta memasukkan informasi incoming dan outgoing server. Berikut ini tutorial selengkapnya.

  1. Klik pada tombol IMAP di halaman lanjutan.
  2. Kemudian Anda diminta untuk melengkapi incoming mail server. Informasi yang harus diinput antara lain Host Name (nama server), User Name (alamat email lengkap Anda), dan password (kata sandi untuk membuka email).
  3. Isikan data-data yang sama pada outgoing mail server.
  4. Kalau sudah selesai mengisi seluruh data tadi dengan benar, klik pada Next yang terdapat pada sudut atas kanan layar iPhone.
  5. Tunggu beberapa saat agar iPhone dapat memverifikasi webmail yang sudah Anda masukkan tadi. Dalam proses ini, Anda sangat membutuhkan koneksi internet.
  6. Saat proses verifikasi email sudah selesai dilakukan, klik pada tombol Save.

Back to Content ↑

2.5. Setting Email di iPhone Sukses

Proses setting email manual di iPhone ini berhasil apabila Anda sudah menemukan tulisan nama email di halaman Accounts. Jika sudah begitu, Anda dapat menerima email di webmail menggunakan perangkat iPhone.

Tak hanya itu, Anda pun dapat menulis pesan baru, mengirimkan email tersebut kepada penerima, dan aktivitas mengelola email lainnya.

Back to Content ↑

3. Cara Setting Email di iPhone Otomatis

Pengguna email-email yang didukung oleh iOS dapat melakukan setting email secara otomatis. Contoh layanan email yang dimaksud antara lain iCloud, Microsoft Exchange, Outlook, Google/Gmail, dan Yahoo. Apabila Anda menggunakan layanan email tersebut, cara sinkronisasi emailnya jauh lebih praktis.

Perhatikan tutorial di bawah ini untuk melakukan setting email otomatis di iPhone.

  1. Klik pada icon Settings yang ada di home untuk masuk ke halaman pengaturan iPhone.
  2. Jika sampai ke Settings, klik pada menu Mail.
  3. Klik Add Account.
  4. Selanjutnya pilih jenis layanan email yang Anda gunakan.
  5. Masukkan username atau alamat email dan password.
  6. Klik Next dan tunggu sampai proses verifikasi selesai.
  7. Terakhir, klik Save.

Back to Content ↑

Dengan membaca tutorial lengkap di atas, tentunya Anda sudah bisa melakukan setting email di iPhone sendiri. Pilih cara manual atau otomatis? Itu semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Simak artikel mengenai Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap lainnya hanya di situs ini. Dijamin Up to date. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!