Skip to main content

Tips Memilih Jasa Desain dan Pembuatan Logo Terbaik

Tips Memilih Jasa Desain dan Pembuatan Logo Terbaik

Tips Memilih Jasa Desain dan Pembuatan Logo Terbaik

Jasa desain pembuatan logo telah banyak beredar di internet. Logo adalah suatu elemen penting yang dapat merepresentasikan jasa atau produk yang Anda tawarkan. Biasanya identitas suatu perusahaan berhubungan dengan logo yang mereka gunakan. Oleh sebab itu, penting untuk menentukan jasa desain yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Mari simak info selengkapnya di bawah ini!

TOC / Daftar Isi

Empatbelas Tips Memilih Jasa Desain dan Pembuatan Logo Terbaik

Berikut ini ada beberapa cara dalam proses pemilihan jasa desain pembuatan logo:

Back to Content ↑

1.1. Skill Desain Yang Baik

Orang yang berprofesi sebagai desainer grafis saat ini sangat banyak. Mulai dari yang hanya mengikuti jalur akademis sampai yang belajar secara otodidak. Namun, yang memiliki skill desain yang baik pastinya cukup jarang.

Oleh sebab itu, pilihlah jasa desain dengan tenaga profesional. Maksud dari profesional adalah desainer yang tidak idealis, tidak memaksakan keinginan pribadi terhadap klien, dan paham kondisi pasar sekarang ini.

Selain itu, desainer yang profesional umumnya memahami permasalahan teknis desain. Misalnya, mengkombinasikan beragam jenis warna, detailnya sudut-sudut, proporsional bentuk, dan lain-lain. Jangan pernah menyamakan antara seni dengan desain, karena desain cenderung lebih terikat pada kaidah dan peraturan desain.

Back to Content ↑

1.2. Mampu Brand Management

Brand management merupakan orang yang mempunyai kemampuan pada bidang branding. Harus Anda ketahui, tidak semua jasa pembuatan logo menyediakan tenaga pada bidang brand management, brand activation, atau brand development. Memilih jasa desain logo yang menyediakan brand management sangatlah penting.

Menjadi seorang brand manager bukanlah hal yang mudah, mereka wajib mempunyai wawasan luas dan kemampuan pada dunia usaha. Memahami yang terbaik untuk bisnis kliennya serta jenis metode yang diperlukan dalam membangun image brand sesuai target pasar dan kuat.

Sehingga, pengalaman juga mereka perlukan untuk menjadi seorang ahli supaya mampu memutuskan secara tepat. Orang yang mengerjakan pembuatan logo juga sebaiknya tidak hanya satu orang, namun sebuah tim yang saling terintegrasi.

Orang yang ahli pada bidang brand management dan ahli pada bidang desain harus Anda persiapkan supaya tim menjadi lebih baik. Sehingga, jasa branding serta jasa desain tidak hanya memakai satu bidang ilmu saja.

Back to Content ↑

1.3. Bisa Membuat Image Jangka Panjang

Perusahaan perlu menjaga image brand pada setiap produknya. Oleh sebab itu, pembuatan logo wajib beradaptasi dan juga timeless. Maksudnya, logo tidak statis, sebab semakin berkembangnya zaman, maka logo juga tidak lekang oleh waktu dan dapat mengikuti perkembangan. Berkonsultasilah dengan sebaik mungkin agar logo membawa keberuntungan bagi bisnis Anda.

Back to Content ↑

1.4. Originalitas

Pembuatan logo pada bisnis wajib original atau asli, tidak hanya comot sana-sini dari internet. Anda pastinya tidak mau logo perusahaan Anda ditiru oleh orang lain, sama halnya dengan orang lain. Oleh karena itu, gunakanlah logo yang berbeda dan sangat Anda andalkan.

Sehingga, logo bisnis Anda mampu mewakilkan gambaran sederhana pada bisnis milik Anda. Setiap pelanggan Anda pun akan semakin mudah untuk mengingatnya.

Back to Content ↑

1.5. Menguasai Semua Ilmu Marketing

Desainer grafis juga membutuhkan ilmu pemasaran, terutama branding. Karena seorang desainer perlu menguasai segmentasi pasar. Mereka wajib memahami dan mengerti perkembangan pasar. Mengetahui cara supaya logo menjadi booming dan menciptakan desain logo yang sedang booming. Desainer logo harus memastikan logo cocok dengan target pasar yang Anda tuju.

Back to Content ↑

6. Messages

Seperti yang Anda ketahui bahwa konsultasi bersama pemilik layanan desain logo sangatlah penting. Karena logo merupakan visual gambar yang sederhana, tetapi logo yang baik wajib menyimpan sebuah pesan dengan maksa keseluruhan bisnis Anda.

Back to Content ↑

1.7. Desain yang Aplikatif

Maksud dari desain yang aplikatif adalah logo bisnis tersebut bisa Anda gunakan untuk semua media. Karena logo yang baik dapat menarik konsumen secara sederhana dan penuh makna. Namun, jika tidak Anda aplikasikan di semua media, maka proses branding tidak dapat berjalan baik. Selain itu, logo tersebut juga tidak menarik minat konsumen.

Back to Content ↑

8. Berpengalaman

Pengalaman bisa membuat seseorang semakin matang pada keterampilan dan pengetahuannya. Anda harus melihat pengalaman desain pada pihak penyedia jasa tersebut. Lihatlah latar belakang pendidikan serta tingkat keterampilannya.

Back to Content ↑

1.9. Waktu Penyelesaian Desain

Membuat sebuah logo tidaklah mudah dan bukan hal yang instan pastinya. Sehingga membutuhkan waktu sekitar berminggu-minggu. Jika pihak penyedia jasa menawarkan desain dengan waktu cepat, sebaiknya jangan buru-buru memutuskan. Karena bisa jadi kualitas desain logonya kurang maksimal.

Back to Content ↑

10. Harga

Logo mungkin hanya sebuah sebuah simbol berukuran kecil, tetapi proses pembuatannya membutuhkan waktu dan juga kreatifitas tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan logo terbaik, maka sediakanlah dana yang lebih banyak untuk mendapatkannya.

Jangan cepat tergoda dengan penawaran jasa desain yang murah! Karena bisa jadi hasil desain yang mereka berikan kurang maksimal. Maka sebaiknya Anda memilih penyedia jasa desain dengan penawaran harga sesuai pasaran.

Back to Content ↑

11. Profesionalisme Bisnis

Pilihlah pihak penyedia jasa desain yang profesional. Tidak hanya dalam bidang desain, namun juga dalam bidang bisnis. Sebab, mereka umumnya mempunyai hasil kerja yang baik. Mereka mempunyai keterampilan komunikasi, perhatian terhadap detail, serta terpercaya.

Back to Content ↑

12. Testimonial Positif

Perhatikan semua testimoni dari para klien sebelumnya. Jangan cepat percaya dengan testimonial yang ada pada website, Anda dapat menghubungi orang yang yang telah memberikan testimoni tersebut. Tujuannya untuk memvalidasi testimonial pada website penyedia jasa desain tersebut.

Sehingga, Anda terhindar dari pihak penyedia jasa desain yang tidak terpercaya. Karena saat ini testimoni bisa dibuat oleh pihak penyedia jasa atau orang lain yang mendapatkan bayaran untuk memberikan testimoni baik.

Back to Content ↑

13. Portfolio Meyakinkan

Seorang yang bekerja pada bidang desain pastinya mempunyai portfolio. Pastikan Anda memilih penyedia jasa desain dengan portfolio yang nyata. Maksudnya logo yang mereka buat untuk suatu bisnis atau perusahaan.

Jika Anda ragu dengan portofolio tersebut, Anda bisa meminta alamat website perusahaan yang telah mereka buat logonya. Sehingga, Anda dapat menilai kebenaran dari portfolio pihak penyedia jasa desain tersebut.

Back to Content ↑

14. Pelayanan yang Baik

Penyedia jasa desain yang baik pasti memberikan pelayanan terbaik. Pastikan juga penyedia jasa desain logo tersebut merupakan orang yang mampu merespon komunikasi Anda dengan cepat. Karena hal tersebut menandakan pihak penyedia jasa serius dalam menjual jasanya.

Sebaiknya hindari penyedia jasa yang lama saat merespon pertanyaan Anda, jarang aktif, atau memberikan layanan dengan ketus. Tandanya mereka kurang profesional atau tidak serius untuk menawarkan jasa desain kepada Anda.

Back to Content ↑

Jadi, seperti itulah beberapa tips memilih jasa desain logo terbaik yang bisa membantu Anda untuk menemukan penyedia jasa pembuatan logo terpercaya. Karena logo sangat berkaitan erat dengan bisnis Anda, maka sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam menentukan pihak penyedia jasa desain. Supaya tidak mengalami kerugian setelah mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk desain logo. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!