Skip to main content

Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk PC dan Laptop

Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk PC dan Laptop

Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk PC dan Laptop

Beda dengan saat Anda membeli Laptop atau PC dengan kondisi masih baru, ketika Anda memiliki Laptop yang sudah lumayan lama dan performanya semakin lamban dan menurun. Tentu tak heran yang menjadi salah satu faktor penyebabnya adalah banyaknya timbunan sampah di file Laptop atau PC Anda yang membuat windows Anda harus bekerja lebih keras.

Lalu mungkin Anda akan berpikir bagaimana caranya menghapus file-file sampah tersebut agar tidak memenuhi ruang memori Laptop atau PC Anda bukan. Namun tahukah Anda mengenai File Sampah? File-file sampah ini merupakan file-file yang sudah tidak berguna lagi tapi masih tersisa atau tersimpan di dalam sistem, yang terdiri dari temporary file, thumbnail, registry entry, cache, serta file-file yang tidak terpakai lainnya.

File-file sampah yang menumpuk pada hard disk inilah yang membuat kinerja sistem menjadi lambat. Dan Anda akan membutuhkan aplikasi pembersih sampah terbaik untuk PC dan Laptop agar performa Laptop dan PC Anda menjadi stabil kembali.

TOC / Daftar Isi

3 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk PC dan Laptop

Dengan aplikasi ini, Anda bisa membersihkan file-file yang tidak berguna yang terdapat di Laptop dan PC Anda. Namun tentu tak mudah untuk memilih aplikasi cleaner untuk PC yang bagus. Dan mungkin Anda perlu referensi apa saja aplikasi pembersih sampah terbaik untuk PC dan Laptop yang bisa Anda unduh. Karena sebenarnya banyak sekali aplikasi cleaner, dan beberapa kebanyakan dari mereka tidak bisa berfungsi dengan baik.

Maka dalam artikel ini, Anda dapat membaca beberapa aplikasi pembersih file sampah yang bisa menjadi referensi untuk Anda, yaitu:

Back to Content ↑

1. CCleaner

Aplikasi CCleaner terbaik di windows ini sangat populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna mulai dari windows XP hingga windows 10 saat ini. Perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan Piriform Ltd. ini didesain untuk dapat beroperasi dalam sistem Microsoft Windows dan MAC OS X 10.5.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membersihkan cache browser, file temporary, thumbnail, registry entry, hingga browser tracker. Selain itu, CCleaner juga mempunyai beberapa fitur untuk melakukan optimasi pada windows yang Anda gunakan. Dengan CCleaner Anda bisa membersihkan hardisk secara optimal, membersihkan cache junk bahkan tracker pada browser, scan registry, serta Anda dapat melakukan uninstall aplikasi sampai bersih.

CCleaner juga dapat Anda unduh secara gratis namun untuk hasil yang lebih optimal dan fitur yang lebih lengkap lagi, Anda bisa mengunduh versi pro nya. Namun Anda sebaiknya lebih berhati-hati untuk penggunaan fitur Advanced cleaner, CCleaner ini juga bisa membuat Windows atau aplikasi lainnya menjadi error karena apabila sembarang menghapus file sembarang atau yang tidak benar-benar paham apa isi file tersebut.

Setelah Anda mendownload aplikasi ini , untuk cara pembersihan file sampah pada Windows Explorer yaitu dengan masuk ke menu Custom Clean > lalu klik pada tab Windows > centang file sampah yang ingin dihapus > klik Analyze.

Sedangkan untuk membersihkan file sampah dari aplikasi bawaan Windows, mail client hingga aplikasi browser, Anda bisa memilih menu Custom Clean > lalu klik Applications > centang aplikasi serta file sampang yang ingin dibersihkan > kemudian klik Analyze.

a) Kelebihan fitur CCleaner:
  • Utility tools pendamping sistem operasi ini mempunyai size yang sangat kecil sehingga tidak membebani resource Laptop atau PC saat beroperasi
  • CCleaner tersedia dalam 47 bahasa dari berbagai negara di dunia, sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya
  • CCleaner bahkan di klaim bisa untuk melakukan repair pada software atau aplikasi PC yang telah rusak
  • Tampilan yang sangat mudah untuk dipahami
  • Dengan versi gratisnya saja, Anda sudah memiliki fitur yang cukup lengkap
  • Terdapat fitur duplicate finder yang mampu mendeteksi file duplikat di PC dan Laptop
  • Dapat menscan secara menyeluruh pada Laptop dan PC untuk membersihkan file sampah sisa dari aktivitas Windows Explorer
b) Kekurangan fitur CCleaner:
  • Tidak dapat menscan direktori tertentu pada hard disk
  • Windows akan error apabila sembarangan melakukan penghapusan file sampah

Back to Content ↑

2. Disk CleanUp

Aplikasi ini merupakan fitur bawaan windows yang seringkali keberadaannya tidak disadari karena tidak ditampilkan di desktop maupun folder. Sama seperti aplikasi cleaner yang lain, disk cleanup berfungsi untuk membersihkan cache junk atau file sampah yang tidak berguna. Selain itu, PC Anda juga dapat terhindar dari virus karena tumpukan file sampah.

Sebenarnya aplikasi ini juga tak kalah dengan aplikasi cleaner yang lain termasuk yang berbayar sekalipun. Bahkan cara menggunakannya juga sangat mudah, sebagai berikut:

Membersihkan drive C > ketik Disk Cleanup pada Search Bar > pilih aplikasi Disk Cleanup > pilih Drive yang mau dibersihkan > lalu centang file sampah yang ingin dibersihkan > klik Clean Up System Files > OK

a) Kelebihan fitur Disk CleanUp:
  • Dapat diinstal gratis dan tanpa iklan
  • Tidak perlu penginstalan aplikasi tambahan
  • Terdapat fitur yang mampu menambahkan penyimpanan memori PC Anda dengan menghapus file-file yang tidak berguna
  • Membersihkan file sampah seperti thumbnail, Cache, temp file, dan file tidak berguna lainnya
  • Dapat membersihkan data dari instalan windows yang lama, bahkan setelah update untuk mengadakan ruang penyimpanan baru
b) Kekurangan fitur Disk CleanUp:
  • Tampilan masih tampilan lama
  • Tidak memiliki fitur seperti fitur dalam aplikasi yang biasa di unduh sebagai tambahan

Back to Content ↑

3. AVG PC Tune Up

Aplikasi ini mempunyai sistem yang optimal dan sangat powerful karena mampu membersihkan file sampah dan membuat sistem tetap baik. AVG PC Tune up merupakan salah satu aplikasi pembersih sampah terbaik untuk PC dan Laptop yang bahkan tidak hanya memberikan fitur untuk membersihkan drive saja, tapi juga pengoptimalan performa Windows, menghemat daya baterai pada Laptop dan PC, hingga dapat menutup celah keamanan.

Fitur sleep mode menjadi fitur Andalan dalam aplikasi ini, fungsinya yaitu dapat menonaktifkan sementara beberapa program yang tidak diperlukan, namun akan aktif kembali ketika kita membutuhkannya. Hal ini membawa keuntungan pada penggunanya karena performa Windows Anda menjadi lebih hemat energi dan ringan.

a) Kelebihan fitur AVG PC Tune Up:
  • Dapat melakukan scan dan pembersihan file tak terpakai secara otomatis
  • Terdapat fitur scheduled dan otomatis routine maintenance yang berguna untuk melakukan perawatan pada Laptop dan PC secara otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  • Mampu mengidentifikasi program yang memperlambat startup dan mematikannya
  • Mampu menyeimbangkan performa dan penggunaan energi untuk hemat daya baterai
  • Dapat membersihkan file duplikat
  • Dapat membersihkan file-file sampah yang memberatkan windows
  • Mampu mematikan program-program yang menguras baterai
  • Mampu memiliki fitur maintain otomatis
  • Tampilan sangat mudah untuk dipahami dan digunakan
  • Mensupport berbagai perangkat seperti Windows, MacOs, Android
b) Kekurangan fitur AVG PC Tune Up:
  • Notifikasi dan iklan sering muncul
  • Adanya penyisipan aplikasi yang tidak diinginkan

Back to Content ↑

Itulah beberapa daftar aplikasi aplikasi pembersih sampah terbaik untuk PC dan Laptop yang mudah Anda dapatkan untuk membersihkan semua file-file sampah tidak berguna di PC dan Laptop Anda. Maka kini Anda bisa mengembalikan performa Laptop atau PC Anda menjadi stabil kembali seperti sedia kala. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!