Skip to main content

Wifi iPhone Tidak Berfungsi

Wifi iPhone Tidak Berfungsi

Wifi iPhone Tidak Berfungsi

Selama ini iPhone dikenal sebagai smartphone mahal yang minim masalah. Meski begitu, bukan berarti iPhone selalu berfungsi dengan baik. Smartphone satu ini juga bisa bermasalah, contohnya Wifi iPhone tidak berfungsi.

Kalau smartphone Anda mengalami hal serupa, ketahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mencari solusinya berdasarkan permasalahan yang ada. Untuk mendapatkan penjelasan mengenai iPhone tidak bisa connect Wifi, baca artikel ini sampai habis.

TOC / Daftar Isi

1. Mengenal Penyebab Wifi iPhone Tidak Berfungsi

Terdapat dua faktor utama yang menyebabkan Wifi di iPhone berhenti berfungsi. Permasalahannya terletak di software dan hardware.

Back to Content ↑

1.1. Kesalahan Software atau iOS

Penyebab paling umum dari tidak berfungsinya Wifi pada iPhone adalah kesalahan software. Jaringan Wifi umumnya terbaca di iPhone, password yang dimasukkan sudah benar, namun iPhone tidak dapat dihubungkan dengan jaringan tersebut sama sekali dan muncul pesan error.

Hal seperti ini dapat terjadi karena ada perubahan pada settings atau pengaturan jaringan Wi-Fi. Mungkin Anda tidak sengaja melakukan perubahan pengaturan di bagian ini sehingga membuat iPhone tidak dapat terhubung dengan Wifi.

Beberapa aplikasi yang diinstall di iPhone juga punya kemampuan untuk mengubah pengaturan jaringan. Hal ini mungkin saja menjadi penyebab mengapa iPhone Anda gagal terhubung dengan Wifi meski passwordnya sudah benar.

Cobalah periksa kembali. Apakah sebelum gagal terhubung dengan Wifi, Anda baru saja melakukan perubahan konfigurasi Wifi atau melakukan instalasi aplikasi baru?

Back to Content ↑

1.2. Permasalahan Hardware

Di setiap smartphone terdapat komponen bernama receiver yang berfungsi untuk menangkap sinyal elektrik, baik sinyal seluler maupun jaringan Wifi. Ketika komponen ini rusak, maka iPhone tidak dapat menangkap sinyal Wifi.

Kerusakan pada hardware biasanya ditandai dengan Wifi yang tidak dapat diaktifkan di iPhone. Misalnya ketika Anda mengklik icon Wifi di control center, icon tidak berubah warna menjadi lebih terang yang menandai bahwa fitur tersebut berfungsi.

Begitu juga saat Anda mencoba mengaktifkan Wifi dari halaman Settings. Saat slider atau toggle Wifi coba diaktifkan, slider tidak dapat bergeser dan berubah warna. Jika sudah seperti ini, artinya hardware iPhone Anda yang mengalami masalah.

Kemungkinan masalahnya pun ada dua. Pertama, mungkin saja komponen tersebut terlepas dari tempat yang seharusnya sehingga tidak berfungsi. Kemungkinan lainnya adalah terjadi kerusakan pada receiver. Untuk memastikannya, Anda perlu mengunjungi service center Apple terdekat.

Back to Content ↑

2. Cara Mengatasi Wifi iPhone Tidak Berfungsi

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah sudah mengetahui penyebab Wifi iPhone tidak berfungsi pada perangkat Anda? Jika sudah tahu penyebabnya, sekarang waktunya mencari solusi. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi Wifi iPhone yang tidak bisa connect.

Back to Content ↑

2.1. Reset Jaringan

Solusi pertama ini berlaku untuk iPhone yang mengalami masalah software seperti kesalahan konfigurasi atau pengaturan jaringan. Cara yang dimaksud adalah melakukan reset. Proses ini dilakukan untuk menghapus seluruh pengaturan dan data jaringan yang tersimpan.

Anda tak perlu khawatir karena proses reset jaringan ini tidak akan mempengaruhi data maupun aplikasi Anda di iPhone. Apple memang menyediakan menu reset khusus jaringan untuk mengatasi masalah-masalah seperti ini.

Ini dia tutorial lengkap melakukan reset jaringan pada iPhone.

  1. Pertama, buka Settings terlebih dahulu. Menu ini dapat diakses melalui icon yang ada di halaman Home.
  2. Setelah masuk ke halaman Settings, klik pada sub menu General.
  3. Scroll halaman General ke bawah sampai Anda menjumpai kelompok menu Reset.
  4. Klik pada opsi Reset Network Settings. Hati-hati, jangan sampai Anda salah memilih opsi karena dapat berakibat fatal.
  5. Tunggu sesaat sampai iPhone selesai melakukan proses reset. Waktu untuk menunggu proses ini selesai tidak begitu lama.
  6. Selanjutnya, Anda perlu melakukan restart. Caranya adalah tekan dan tahan pada tombol Power sampai muncul slider di layar iPhone.
  7. Geser slider tersebut ke arah kanan untuk mematikan iPhone.
  8. Setelah iPhone mati, tekan dan tahan kembali tombol power sampai iPhone mulai booting.
  9. Tunggu proses booting selesai dan iPhone menampilkan lock screen.
  10. Masukkan passcode untuk masuk ke Home Screen.
  11. Sekarang aktifkan Wifi. Anda dapat melakukannya melalui control center maupun halaman Settings.
  12. Pastikan posisi Anda dekat dengan router agar mendapatkan sinyal dengan baik. Klik pada salah satu Wifi yang terlihat.
  13. Masukkan password dari Wifi tersebut, kemudian klik Join.

Seharusnya Anda sudah bisa terhubung dengan Wifi tersebut apabila memasukkan password dengan benar.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, mengapa harus memasukkan kembali password padahal sudah pernah terhubung? Hal ini disebabkan oleh proses reset yang telah dilakukan sebelumnya. Proses reset akan menghapus seluruh password Wifi yang tersimpan di iPhone.

Back to Content ↑

2.2. Membawa iPhone ke Service Center

Apabila iPhone Anda tidak dapat berfungsi karena masalah hardware, cara pertama di atas tidak akan tidak akan memperbaiki kerusakannya. Yang harus Anda lakukan adalah membawa iPhone ke tempat service.

Anda juga tidak bisa datang ke lokasi service sembarangan. Sebaiknya selalu kunjungi Apple Authorized Service Provider (AASP) jika mengalami kerusakan pada iPhone. AASP sendiri merupakan lokasi service resmi yang diakui oleh Apple Inc.

Di Indonesia terdapat AASP yang sangat terkenal, yaitu iBox. Mungkin Anda juga sudah familiar dengan iBox.

Bagaimana jika di daerah Anda tidak ada AASP? Solusinya, Anda dapat mengunjungi lokasi service iPhone non resmi yang terpercaya.

Biarkan teknisi melakukan pemeriksaan terhadap iPhone Anda. Berdasarkan kondisi iPhone tersebut akan diputuskan apakah bisa diperbaiki atau harus diganti partnya.

Biaya yang dibutuhkan untuk service ini mungkin berbeda-beda, tergantung dari tindakan yang diambil. Beruntunglah Anda yang masih memiliki garansi resmi karena biaya perbaikannya bisa menjadi gratis.

Back to Content ↑

3. Bagaimana Jika iPhone Bisa Connect Wifi Tapi Sinyal Lemah?

Masih berhubungan dengan Wifi, beberapa pengguna mengeluhkan sinyal Wifinya lemah. Jadi, iPhone masih dapat terhubung dengan Wifi seperti biasa, namun sinyal yang diterima tidak sekuat iPhone lainnya.

Kondisi sinyal lemah ditandai dengan koneksi Wifi tiba-tiba terputus padahal posisinya tidak terlalu jauh dari router. Beberapa pengguna juga mengeluhkan sinyal yang diterima iPhone tidak penuh padahal posisinya sangat dekat dengan router Wifi.

Masalah seperti ini terjadi karena kerusakan pada receiver atau antena Wifi itu tadi. Kerusakannya mungkin masih belum fatal sehingga iPhone masih dapat mengaktifkan Wifi dan menerima sinyal meskipun lemah.

Jika dibiarkan, lama-lama antena Wifi akan semakin rusak. Akibatnya, Wifi di iPhone tidak berfungsi sama sekali.

Segera kunjungi tempat service iPhone ketika smartphone Anda menangkap sinyal Wifi dengan lemah. Teknisi akan membantu melakukan perbaikan pada perangkat Anda atau mengganti part antena Wifi jika diperlukan. Jangan biarkan sampai Wifi iPhone tidak berfungsi sama sekali.

Back to Content ↑

Sebagai pengguna smartphone Apple, Anda perlu mengetahui berbagai Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi dari iPhone itu sendiri. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui berbagai kerusakan iPhone seperti penjelasan di atas. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!