Skip to main content

iPhone Tidak Bisa Connect Wifi

iPhone Tidak Bisa Connect Wifi

iPhone Tidak Bisa Connect Wifi

Pernahkah Anda ada di situasi ingin streaming video atau bermain game tapi iPhone tidak bisa connect wifi? Hal ini sangat menjengkelkan. Terlebih saat tidak punya kuota internet di saat bersamaan.

Masalah Wifi ini memang kerap dialami oleh sebagian pengguna iPhone. Namun hal ini bukan masalah yang berat dan dapat diatasi dengan mudah. Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap kali ini akan membahas mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika iPhone gagal terhubung ke Wifi.

TOC / Daftar Isi

1. Mengatasi iPhone Tidak Bisa Connect Wifi

Terdapat 7 (tujuh) langkah berurutan yang dapat membantu Anda mengatasi masalah iPhone tidak bisa terhubung ke Wifi. Sebaiknya Anda pahami seluruh penjelasannya terlebih dahulu, setelah itu baru praktikkan.

Back to Content ↑

1.1. Pastikan Anda Berada di Dekat Router

Tahukah Anda dari mana sinyal Wifi berasal? Sinyal ini dipancarkan oleh sebuah perangkat bernama router. Nah, agar iPhone dapat connect ke Wifi, Anda harus memastikan bahwa perangkat tersebut ada di dalam jangkauan router.

Jika posisinya terlalu jauh dari router atau terhalang dinding tembok, biasanya akan susah untuk terhubung. Jadi, Anda harus pindah posisi terlebih dahulu.

Back to Content ↑

1.2. Pastikan Wifi Aktif

Setelah mendekat ke router, sekarang pastikan bahwa Wifi dalam kondisi aktif. Status aktif atau tidaknya Wifi dapat Anda lihat di halaman pengaturan. Berikut ini cara mengeceknya.

  1. Buka Settings dengan klik icon di Home.
  2. Selanjutnya, pilih Wifi.
  3. Klik pada salah satu nama Wifi yang akan dihubungkan dengan iPhone.
  4. Pastikan ada tanda centang biru di samping nama Wifi tersebut untuk menandai bahwa Anda sudah terhubung,
  5. Aktifkan juga opsi Auto Join di dalam pengaturan Wifi.

Back to Content ↑

1.3. Masukkan Password Jika Diperlukan

Beberapa Wifi dilindungi dengan sistem keamanan WPA2. Jadi, pengguna harus memasukkan password terlebih dahulu untuk masuk ke jaringan tersebut. Apabila Anda menjumpai pesan unable to join to network, kemungkinan Wifi sudah penuh.

Sementara pesan “incorrect password” menandakan bahwa Anda telah memasukkan password yang salah. Ulangi sampai Anda memasukkan password yang benar.

Back to Content ↑

1.4. Periksa Masalah Jaringan Wifi

Masalah lain yang cukup sering terjadi adalah sudah berhasil terhubung dengan Wifi namun tidak bisa connect internet. Biasanya, iOS akan memberikan peringatan seperti “No internet connection”.

Jika Anda mendapati pesan seperti ini pada jaringan Wifi, artinya ada masalah dengan modem Wifi atau provider Wifi. Untuk mengatasinya, cobalah restart router. Jika masih terjadi hal yang sama, cobalah periksa apakah Anda sudah membayar tagihan Wifi bulan ini?

Tidak ada masalah dengan hal-hal yang telah disebutkan di atas? Sebaiknya segera hubungi service center dari provider Wifi yang Anda gunakan jasanya. Mintalah bantuan kepada mereka untuk segera memperbaiki koneksi internetnya.

Back to Content ↑

1.5. Periksa Kabel Modem dan Router

Gagalnya iPhone terhubung ke Wifi bisa disebabkan karena router yang mati atau tidak aktif. Cobalah periksa router Anda. Pastikan tidak ada masalah pada kabel dan sambungan, misalnya kabel putus atau terlepas dari port yang seharusnya.

Jangan lupa untuk mengaktifkan router dan memastikan bahwa lampu indikatornya menyala. Pastikan juga tidak ada tanda LOSS.

Back to Content ↑

1.6. Restart Perangkat

Apakah Anda masih gagal terus untuk tersambung ke Wifi setelah menjalankan seluruh langkah di atas? Mungkin ada crash di iOS atau iPhone yang menyebabkan hal ini terjadi. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan restart. Anda tentu sudah tahu cara restart iPhone, bukan?

Jika belum tahu cara restart iPhone, perhatikan tutorial di bawah ini.

  1. Pertama, tekan dan tahan tombol power yang ada di samping kanan atau sisi atas iPhone.
  2. Kemudian di layar akan muncul slider untuk mematikan iPhone. Geser slider tersebut ke arah kanan.
  3. Tunggu sampai iPhone benar-benar mati.
  4. Setelah itu, tekan dan tahan kembali tombol power sampai iPhone nyala.
  5. Sekarang coba hubungkan kembali iPhone ke jaringan Wifi. Apakah berhasil?

Back to Content ↑

1.7. Reset Pengaturan Jaringan

Sudah coba melakukan restart iPhone dengan cara di atas namun masih belum membuahkan hasil? Mungkin Anda gagal connect ke Wifi karena kesalahan konfigurasi. Jika hal ini terjadi, Anda dapat melakukan reset jaringan. Berikut ini caranya.

  1. Buka Settings dengan mengklik icon di home screen atau control center.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu General.
  3. Scroll ke bawah, kemudian klik Reset.
  4. Pilih Reset Network Settings.
  5. Akan ada pop up konfirmasi yang muncul dibawah, klik Reset Network Settings.
  6. Selanjutnya, restart iPhone mengikuti tutorial yang telah dijelaskan di atas.
  7. Saat iPhone sudah aktif kembali, coba hubungkan dengan jaringan Wifi yang Anda inginkan.

Back to Content ↑

Apakah cara mengatasi iPhone tidak bisa connect Wifi di atas membantu Anda mengatasi masalah? Apabila Wifi iPhone tidak berfungsi setelah menjalankan semua cara di atas, coba datang ke lokasi service iPhone. Mungkin saja receiver atau antena iPhone Anda yang bermasalah. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!