Skip to main content

8+ Tips Memilih Jasa SEO Terbaik, Terpercaya dan Bisa Diandalkan

8+ Tips Memilih Jasa SEO Terbaik, Terpercaya dan Bisa Diandalkan

8+ Tips Memilih Jasa SEO Terbaik, Terpercaya dan Bisa Diandalkan

Sudah menjadi hal yang umum, jika SEO memang sangat dibutuhkan untuk kemajuan suatu website. Terutama untuk menaikkan trafik website, hingga menempatkannya menjadi website yang menempati peringkat satu dalam mesin pencarian Google (Landing Page). Meskipun demikian, Anda tetap harus jeli dalam memilih jasa SEO terbaik.

Karena hal ini akan berdampak pada website Anda nantinya. Belum lagi dengan harga mahal yang harus Anda bayarkan nantinya, yang tidak sebanding dengan layanan yang diberikan. Tentunya, hal ini akan membuat Anda merasa kecewa, bukan? Maka dari itu, simak yuk, tips-tips untuk memilih jasa layanan SEO berikut ini!

TOC / Daftar Isi

1. Pengertian dari Jasa SEO

Mungkin Anda sudah paham mengenai istilah dari SEO ini. Dimana SEO ini merupakan sebuah teknik digital marketing yang mengedepankan teknik crawlings, indexing, dan juga ranking, dalam menempatkan sebuah website pada landing page Google.

Namun apa sih yang dinamakan jasa layanan SEO ini? Tak jauh berbeda dengan SEO itu sendiri, jasa ini merupakan sebuah perusahaan/jasa yang akan membantu Anda dalam menempatkan website yang Anda miliki, untuk bisa berada di urutan nomor satu Google.

Tentunya hal ini disesuaikan dengan kata kunci yang relevan dari website Anda. Jika website tersebut merupakan website bisnis/komersial, maka kata kunci yang digunakan biasanya berkaitan dengan produk/jasa yang Anda tawarkan, pada website tersebut.

Dengan adanya jasa ini, maka secara otomatis, akan meringankan beban Anda. Terutama bagi Anda yang belum paham mengenai kaidah SEO, namun merasa perlu untuk menambah trafik pada website Anda, bahkan menempatkannya pada posisi nomor satu mesin telusur Google.

Tertarik untuk menggunakan jasa ini? Tapi tunggu dulu, Anda harus melakukan beberapa tips di bawah ini, agar nantinya Anda tidak keliru dalam memilih jasa layanan SEO terbaik, terpercaya, sekaligus yang bisa Anda andalkan. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai tips-tips ini, bisa Anda simak dalam pembahasan artikel dibawah ini.

Back to Content ↑

2. Delapan Tips Memilih Jasa Layanan SEO Terbaik

Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO, merupakan salah satu teknik digital marketing, yang mana dengan teknik dan pendekatan SEO tersebut, website Anda bisa menempati landing page (posisi nomor satu) pada mesin pencarian Google.

Dimana proses penempatan website tersebut disesuaikan dengan keyword (kunci) yang relevan dengan isi website Anda. Misalnya yang berkaitan dengan produk dan jasa, bilamana website Anda merupakan website bisnis/komersial.

Meskipun kini, banyak jasa yang menawarkan layanan SEO, namun Anda tetap harus pintar-pintar dalam memilih jasa ini. Karena jika sembarangan, bukannya Anda mendapatkan layanan SEO terbaik, Anda malah harus mengeluarkan banyak uang untuk layanan ini. Namun hasilnya tidak bisa Anda rasakan sama sekali. Sangat merugikan, bukan? Maka dari itu, sebelum memilih jasa untuk layanan SEO terbaik, yuk simak tips-tipsnya berikut ini! Diantaranya:

Back to Content ↑

2.1. Cari Tahu Reputasi Perusahaan/Jasa Tersebut

Tips pertama yang harus Anda lakukan, yaitu mencari tahu reputasi hingga latar belakang perusahaan/jasa tersebut. Dalam arti, apakah benar jasa/perusahaan tersebut melayani layanan SEO ataukah tidak.

Anda bisa mencari tahu hal itu melalui media sosial milik jasa tersebut, maupun melalui website yang dimilikinya. Biasanya perusahaan/jasa yang terpercaya akan mencantumkan alamat lengkap, meskipun aktif di dunia maya. Anda bisa melakukan pengecekan mengenai alamat tersebut, untuk memastikan bahwa jasa tersebut riil, dan bukan jasa gadungan.

Back to Content ↑

2.2. Cari Tahu Mengenai Review Pelanggan dari Jasa Tersebut

Selain mencari tahu mengenai reputasi dan latar belakang dari jasa SEO ini, Anda juga bisa mencari tahu mengenai review yang diberikan pelanggan. Hal ini penting untuk Anda lakukan, untuk membuktikan bahwa perusahaan/jasa tersebut memang bisa dipercaya.

Anda bisa mencari tahu hal itu, dari website/situs yang dimiliki oleh perusahaan/jasa tersebut. Disana, biasanya akan ada kolom review yang akan mengulas kepuasan hingga ketidakpuasan dari layanan tersebut, yang dilihat dari persepsi pelanggan.

Back to Content ↑

2.3. Pilih Jasa Layanan SEO yang Menggunakan Metode White Hat

Sebagaimana diketahui, dalam penerapan SEO terdapat 2 metode yang digunakan, yaitu metode white hat, dan juga black hat. Dimana untuk metode white hat, sebuah jasa layanan SEO akan menerapkan pendekatan SEO yang sesuai dengan unsur-unsur SEO, dan tidak melanggar ketentuan Google, dan bersifat legal.

Seperti penggunaan keyword, judul yang menarik, isi konten yang relevan, adanya meta deskripsi, dan yang lainnya. Sedangkan metode SEO black hat adalah penempatan suatu website pada peringkat pencarian Google dengan cara-cara ilegal. Maka dari itu, agar Anda tak salah pilih, sebaiknya Anda memilih jasa yang menawarkan layanan SEO dengan metode white hat.

Back to Content ↑

2.4. Pilih Jasa yang Bisa Melakukan SEO Off Page Maupun SEO On Page

SEO of Page adalah layanan jasa yang menangani SEO, dengan menempatkan website di urutan pertama mesin pencari Google. Sementara layanan SEO on Page adalah layanan SEO yang mengandalkan konten dari website itu sendiri. Dimana konten itu haruslah berkualitas, unik dan menarik. Hingga akhirnya konten tersebut bisa ada di peringkat pertama mesin telusur Google, bilamana pengunjung/pencari, mengetikkan kata kunci yang relevan dengan konten tersebut.

Back to Content ↑

2.5. Pilihlah Jasa yang Memberikan Garansi

Selain yang telah disebutkan diatas, Anda juga bisa melakukan tips selanjutnya,yaitu dengan memilih jasa yang memberikan garansi. Hal ini penting untuk Anda lakukan, agar Anda merasa yakin, bahwa jasa tersebut benar-benar bisa diandalkan. Terutama bilamana layanan yang diberikan oleh jasa tersebut, tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Back to Content ↑

2.6. Cari Tahu Mengenai Lama Pengerjaan

Untuk memastikan bahwa jasa SEO yang Anda pilih telah sesuai dengan keinginan Anda, ada baiknya Anda mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh jasa tersebut, dalam menangani layanan SEO ini. Karena waktu pengerjaan yang cepat, tentunya lebih baik, dengan waktu pengerjaan yang lama, bukan?

Back to Content ↑

2.7. Pilih Jasa/Perusahaan Layanan SEO yang Kooperatif dan Transparan

Kooperatif disini, yaitu jasa/perusahaan layanan SEO tidak segan untuk berkoordinasi hingga menanyakan layanan SEO apa yang Anda butuhkan. Sementara transparan diartikan, bahwa jasa tersebut selalu memberikan laporan terhadap kinerja yang dilakukan jasa/perusahaan tersebut. Sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi maupun yang disembunyikan.

Back to Content ↑

2.8. Cari Tahu Mengenai Harga yang Ditawarkan

Meskipun memang biaya untuk layanan SEO ini cenderung tidak murah, namun jika ada jasa yang memberikan harga yang miring, mengapa tidak Anda coba? Hanya saja, Anda juga harus membandingkannya dengan jasa lainnya yang serupa.

Jika harga murah tersebut masih terbilang wajar, maka tak ada salahnya untuk memilih jasa tersebut. Namun jika jasa tersebut memberikan harga yang terlampau murah, bahkan jauh di bawah harga yang ditawarkan jasa layanan SEO lainnya. Sementara reputasi dari perusahaan/jasa tersebut masih disangsikan, maka sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk menggunakan jasa tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Back to Content ↑

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih jasa SEO terbaik, dan terpercaya. Dengan melakukan sejumlah tips-tips tersebut, setidaknya kini Anda bisa paham, mana saja jasa layanan SEO yang bisa Anda andalkan, dan mana jasa yang hanya menawarkan janji-janji semata, tanpa bukti yang nyata. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!