Skip to main content

Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone

Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone

Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone

Garansi adalah hal yang penting dalam pembelian smartphone, khususnya untuk iPhone. Tanggal garansi sangat dipengaruhi oleh tanggal pembelian atau aktivasi perangkat. Oleh karena itu, pengguna wajib mengetahui cara cek tanggal pembelian iPhone.

Mengecek tanggal pembelian iPhone juga wajib dilakukan ketika membeli iPhone second. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa gadget tersebut bukan barang rekondisi, apalagi barang palsu. Simak artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

TOC / Daftar Isi

1. Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Sebelum melakukan pengecekan tanggal pembelian iPhone, pengguna perlu mempersiapkan dua hal terlebih dahulu, yaitu IMEI dan Serial Number atau Nomor Seri iPhone. Apa yang dimaksud dengan IMEI dan Nomor Seri?

Back to Content ↑

1.1. IMEI

IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Artinya, IMEI merupakan nomor identitas khusus yang dimiliki oleh setiap telepon untuk mengidentifikasi perangkat tersebut. Secara umum, IMEI terdiri dari 14 digit angka yang unik.

Nomor IMEI diberikan untuk setiap slot kartu SIM di ponsel. Untuk iPhone, biasanya dilengkapi dengan satu slot SIM saja. Artinya, iPhone juga hanya memiliki satu IMEI.

Back to Content ↑

1.2. Serial Number

Hampir sama seperti IMEI, serial number atau nomor serial merupakan serangkaian nomor yang diberikan oleh Apple untuk setiap produknya. Serial number juga memiliki sifat unik. Artinya, satu nomor serial hanya dimiliki oleh satu unit iPhone dan tidak ada yang menyamai.

Jika IMEI hanya terdiri atas angka-angka saja, serial number iPhone tersusun atas kombinasi huruf dan angka. Jumlah digitnya pun hanya ada 12.

Back to Content ↑

2. Cara Mengetahui IMEI dan Serial Number

Setelah mengetahui apa itu IMEI dan Serial Number, sekarang waktunya untuk mengetahui cara mengecek IMEI dan Serial Number tersebut. Ada dua cara paling mudah yaitu melalui menu Settings dan melihatnya pada kemasan iPhone. Ini dia penjelasan lebih lengkapnya.

Back to Content ↑

2.1. Menu Settings

Cara paling mudah untuk mengetahui IMEI dan Serial Number di iPhone adalah melalui menu Settings, Khususnya pada menu About Phone. Di sana terdapat informasi lengkap mengenai detail iPhone termasuk IMEI dan Nomor Seri. Perhatikan caranya berikut ini.

  1. Pertama, pastikan bahwa iPhone dalam posisi stand by dan tidak terkunci.
  2. Temukan ikon menu Settings di home page. Klik pada ikon menu tersebut setelah menemukannya.
  3. Klik pada sub menu General.
  4. Selanjutnya pilih menu lagi bernama About.
  5. Di halaman tersebut akan muncul beberapa informasi termasuk IMEI dan Serial Number.

Back to Content ↑

2.2. Kemasan iPhone

Alternatif lainnya untuk mengetahui IMEI dan Nomor Seri di iPhone adalah melihat pada kemasan atau dus box yang disertakan dalam pembelian. Nomor IMEI dan serial biasanya tertera di belakang kemasan. Perhatikan dengan jeli karena ukuran tulisannya memang kecil.

Back to Content ↑

2.3. Slot SIM

Terdapat satu spot lagi yang menyediakan informasi mengenai IMEI dan Serial Number pada iPhone. Dimanakah itu? Jawabannya adalah pada slot kartu SIM. Cara menemukannya juga mudah namun Anda perlu melepaskan SIM tray terlebih dahulu menggunakan ejector yang diberikan oleh Apple.

Keluarkan SIM tray dengan cara menusuk lubang menggunakan ejector. Kemudian tarik perlahan SIM tray. Di sisi atas dan bahwa slot SIM terdapat informasi mengenai IMEI atau MEID serta nomor seri. Mudah, bukan untuk menemukannya?

Back to Content ↑

3. Cara Cek Tanggal Pembelian iPhone

Sekarang Anda sudah memiliki dua hal utama yang dibutuhkan yaitu IMEI dan Serial Number. Sekarang waktunya untuk mengecek tanggal pembelian iPhone.

Back to Content ↑

3.1. Siapkan Browser dan Internet

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan browser dan internet terlebih dahulu. Di sini, Anda bisa menggunakan browser dari iPhone itu sendiri atau dari PC. Yang terpenting, perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Back to Content ↑

3.2. Buka Situs Dukungan Apple

Selanjutnya, ketik alamat berikut ini pada browser https://checkcoverage.apple.com/id/in/. Situs tersebut dibuat oleh Apple untuk mengakomodasi pengguna dalam memeriksa dukungan atau support yang berkaitan dengan ranah teknis.

Back to Content ↑

3.3. Masukkan Serial Number dan IMEI

Di halaman Dukungan Apple akan muncul form yang dapat langsung diisi oleh pengguna. Masukkan saja informasi yang dibutuhkan seperti Serial Number dan nomor IMEI. Jika sudah, masukkan juga Captcha. Klik Next.

Sesaat kemudian, situs tersebut akan melakukan pemeriksaan dan validasi terhadap informasi yang telah dimasukkan pengguna. Jika berhasil divalidasi akan ada informasi lengkap muncul.

Back to Content ↑

3.4. Memahami Informasi yang Ditampilkan

Beberapa informasi yang ditampilkan pada halaman selanjutnya antara lain:

  • Valid purchase date: keterangan apakah iPhone sudah diaktivasi atau belum.
  • Telephone technical support: dukungan teknis via telepon, tersedia pada 90 hari pertama sejak pembelian.
  • Repair and service coverage: keterangan masa garansi iPhone dan statusnya. Pengguna dapat melihat akhir masa garansi pada keterangan Estimation expired date.
    Karena masa garansi yang diberikan biasanya satu tahun, pengguna dapat mengetahui tanggal pembelian dengan cara menghitung mundur 1 tahun dari tanggal expired garansi.

Back to Content ↑

Sebagai pengguna smartphone Apple, ada banyak hal yang memang perlu dipahami. Simak juga artikel lain yang tidak kalah menariknya mengenai Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap dan iPhone buatan mana yang bagus hanya di situs ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!