Skip to main content

iPhone Buatan Mana yang Bagus?

iPhone Buatan Mana yang Bagus?

iPhone Buatan Mana yang Bagus?

iPhone merupakan smartphone yang berasal dari Amerika Serikat, lebih tepatnya California. Namun untuk produksi, Apple memiliki pabrik yang tersebar di banyak negara. Kira-kira, iPhone buatan mana yang bagus?

Dapatkan informasi selengkapnya mengenai produk iPhone buatan negara mana yang paling bagus serta cara untuk mengetahui asal negaranya.

TOC / Daftar Isi

1. Pabrik iPhone Ada Dimana Saja?

Dalam kemasan dan unit iPhone yang beredar resmi di Indonesia umumnya tertulis “Designed by Apple in California. Assembled in China”. Artinya, desain produk tersebut dibuat di markas Apple, California, Amerika Serikat.

Sementara itu, untuk perakitan seluruh komponennya dilakukan di Cina. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apple tidak memproduksi seluruh komponen dan melakukan perakitan sendiri melainkan bekerja sama dengan beberapa perusahaan lain.

Untuk proses perakitan dari berbagai komponen menjadi satu kesatuan produk, Apple sudah sejak lama bekerja sama dengan Foxconn. Diketahui bahwa Foxconn merupakan perusahaan manufaktur elektronik multinasional yang memiliki kantor pusat di Tucheng, New Taipei, Taiwan.

Apple telah bekerja sama dengan Foxconn sejak tahun 2000 untuk merakit sebagian besar produknya, termasuk iPhone. Pabrik Foxconn memiliki beberapa pabrik perakitan yang terletak di beberapa negara. Berikut ini detailnya.

  • Pabrik Shenzhen, Cina merupakan pabrik utama Foxconn yang memproduksi sebagian besar iPhone dan gadget Apple lain untuk dipasarkan di seluruh dunia.
  • Pabrik Thailand
  • Pabrik Malaysia
  • Pabrik Korea Selatan
  • Pabrik Singapura
  • Pabrik Filipina
  • Pabrik India
  • Pabrik Republik Ceko
  • Pabrik Brazil

Sebagian besar pabrik milik Foxconn berada di kawasan Asia karena biaya produksi yang diperlukan jauh lebih kecil. Hal ini dapat merupakan siasat Apple agar ongkos produksinya tidak terlampau besar.

Back to Content ↑

2. Cara Mengetahui Asal Negara iPhone

Untuk mengetahui negara asal pembuatan iPhone, caranya sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda dapat melihat di bagian belakang body iPhone atau bagian backdoor. Di bagian ini biasanya akan tertulis “Designed by Apple in California. Assembled in (Nama Negara)”.

Untuk mengetahui secara lebih detail sebuah iPhone berasal dari pasar negara mana, pengguna dapat mengeceknya melalui IMEI. Apakah Anda sudah mengetahui beberapa cara untuk mengecek IMEI di iPhone?

Cara ini sempat dibahas pada artikel cara membedakan iPhone rekondisi serta artikel cara membedakan iPhone asli dan palsu. Supaya Anda tidak bingung, di bawah ini akan dijelaskan dengan jelas bagaimana cara untuk mengetahui IMEI iPhone.

  • Cek melalui menu Settings di iPhone, kemudian pilih sub menu General, dan klik pada menu About. Di sana akan tertera informasi detail iPhone, termasuk Nomor IMEI-nya.
  • Periksa kemasan iPhone. Umumnya nomor IMEI juga tertera di kemasan, khususnya di bagian belakang.
  • Gunakan kode USSD *#60# dari menu Phone atau Call.

Setelah mengetahui IMEI perangkat iPhone, selanjutnya perhatikan pada digit ke-7 dan ke-8. Cocokkan kedua digit tersebut dengan tabel di bawah ini untuk mengetahui negara asalnya.

No Kode Digit Ke-7 dan Ke-8 Negara Asal
1. 80, 81, atau 00 Cina atau China
2. 71 Malaysia
3. 67 Amerika atau USA
4. 30 Korea Selatan atau South Korea
5. 18 Singapura
6. 19, 40, 41, atau 44 Inggris atau United Kingdom
7. 10, 70, atau 91 Finlandia
8. 07, 08, atau 20 Jerman
9. 06 Perancis

Back to Content ↑

3. Apa yang Membedakan iPhone dari Setiap Negara?

Seperti yang telah disebutkan, Apple tidak memproduksi semua komponen iPhone sendiri. Ada pabrik yang bertanggung jawab untuk produksi seluruh komponen dan merakitnya. Sebagian besar iPhone saat ini dirakit oleh Foxconn yang pabriknya tersebar di beberapa negara.

Artinya, ada suatu standar yang membuat seluruh produk iPhone memiliki kualitas setara. Yang membedakan iPhone dari setiap negara adalah keketatan seleksi atau Quality Control (QC) ketika iPhone akan memasuki sebuah negara.

Setiap negara tentu memiliki tingkat keketatan dan standar yang berbeda untuk produk elektronik, terutama smartphone yang masuk ke wilayahnya. Hal inilah yang membuat kualitas iPhone di setiap negara seperti berbeda padahal sama-sama dari Foxconn.

Back to Content ↑

4. Jadi, iPhone Buatan Mana yang Bagus?

Sejauh ini, Amerika Serikat menjadi negara yang paling ketat dalam menjalankan Quality Control terhadap iPhone sebelum masuk ke pasarnya. Selain itu, negara-negara Eropa juga memiliki standar yang cukup tinggi dalam melakukan Quality Control.

Meski begitu, tidak berarti iPhone di negara lain memiliki kualitas yang buruk. Foxconn sebagai perusahaan perakit iPhone tentu saja sudah melakukan Quality Control sebelum mendistribusikan produknya ke seluruh dunia.

Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Agar terhindar dari kerugian apabila mendapatkan produk yang cacat produksi, sebaiknya belilah iPhone secara resmi melalui Apple Authorized Reseller seperti iBox.

Back to Content ↑

Pertanyaan Anda tentang “iPhone buatan mana yang bagus?” kini telah terjawab. Agar penggunaan iPhone Anda lebih maksimal, sebaiknya pelajari Tutorial iOS / iPhone OS Lengkap di situs ini. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!