Skip to main content

Review ASUS ZenBook Flip 13 UX363E: Desain Ringkas Namun Tetap Kokoh

ASUS ZenBook Flip 13 UX363E

Review ASUS ZenBook Flip 13 UX363E: Desain Ringkas Namun Tetap Kokoh

Saat ini, perkembangan teknologi menuntut sebagian besar orang untuk bergerak secara dinamis ketika bekerja. Terutama dalam masa pandemi seperti ini dan beberapa perusahaan memperbolehkan para karyawan bekerja dari rumah agar lebih efektif dan efisien. ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E dapat mendukung mobilitas tinggi Anda.

Tidak hanya bekerja di rumah, Anda juga bisa membawa laptop tipis ini kemanapun Anda pergi. Mempunyai desain yang ringan dan tipis, fitur lengkap, performa kencang, dan juga baterai yang tahan lama.

Berikut ini adalah review singkat tentang laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya:

TOC / Daftar Isi

Review Lengkap ASUS ZenBook Flip 13 UX363E

1. Isi Kotak

Di dalam kotak laptop terdapat beberapa aksesoris yang cukup lengkap. Mulai dari AC Adaptor yang memiliki colokan USB type-C untuk mengisi daya baterai laptop. Satu buah kabel adapter berukuran 3,55 mm dengan jack ke USB type-C.

Selanjutnya ada kabel adapter port RJ45 menuju USB type-C, cocok untuk Anda yang ingin menggunakan wired internet. Agar dapat mengunduh data dengan kecepatan maksimal. ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E ini juga menyediakan ASUS Pen.

ASUS Pen juga sudah dilengkapi dengan baterai AAAA, sehingga Anda bisa langsung menggunakannya. ASUS Pen dapat Anda gunakan sebagai stylus yang berfungsi untuk menulis, navigasi laptop, dan juga menggambar.

Back to Content ↑

2. Desain Mewah

Laptop convertible ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E ini sangat nyaman untuk Anda gunakan dalam beragam format. Mulai dari format Laptop Mode, Tint Mode, dilipat 360 derajat sebagai tablet, Stand Mode, dan posisi lurus sejajar 180 derajat.

Bobot body laptop hanya 1,3 kg dan ketebalannya hanya 11,9 mm, sehingga mudah untuk Anda bawa bepergian. Desain laptop ini cenderung minimalis dan juga mewah khas lini Zenbook. Desain pada bagian back cover laptop tampil spun metal finish yang sesuai dengan filosofi Zen.

body laptop terbuat dari logam khusus yang kuat dan ringan. Kekuatan body laptop terbukti dari sertifikasi “Military Grade Durability” yang sesuai dengan ketahanan standar. Laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E ini juga mempunyai engsel yang dapat Anda buka dengan mudah, cukup menggunakan satu tangan saja.

Saat layar terbuka, Engsel Ergolift akan berfungsi meningkatkan kenyamanan ketika Anda sedang mengetik dalam waktu lama. Sistem pendinginan dan sirkulasi udaranya juga dapat bekerja lebih baik.

Back to Content ↑

3. Keyboard

Aktivitas mengetik dengan keyboard bisa bervariasi, terutama untuk urusan kenyamanan. Anda bisa menggunakan keyboard laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E dalam waktu yang lama. Tersedia fitur Edge-to-Edge Keyboard merupakan desain keyboard terbaru yang mempunyai ukuran tombol lebih luas dan keyboard yang lebih lebar.

Melalui fitur tersebut, Anda dapat meningkatkan nilai produktivitas yang jauh lebih efektif. Mulai dari tombol F1 hingga tombol F12 juga dapat berfungsi ganda tanpa harus menekan tombol FN. Misalnya untuk mengaktifkan backlighting, volume, kecerahan, dan masih banyak lagi.

Area touchpad memiliki ukuran yang cukup luas tanpa dedicated button dan permukaan yang cukup licin. Anda pasti akan merasakan kenyamanan ketika menggunakan keyboard laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E meskipun tanpa menggunakan mouse.

Precision Touchpad pada laptop ini juga mendukung gerakan touchpad untuk Windows 10, contohnya swipe tiga jari ke arah atas. Gerakan tersebut bertujuan untuk membuka tampilan Task View yang dapat mempermudah Anda untuk bekerja secara multitasking.

Touchpad laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E ini juga memiliki fitur NumberPad 2.0 yang dapat diubah menjadi numeric pad. Cara untuk mengubahnya yaitu dengan menekan sebanyak satu kali pada icon numeric pad pada bagian kanan.

Back to Content ↑

4. Konektivitas

Laptop ini memiliki konektivitas dengan beragam port. Mulai dari dua port USB Type-C koneksi Thunderbolt 4, USB Type-A 3.2, adapter RJ 45, HDMI, dan USB Type C. Dalam hal konektivitas nirkabel, Asus menyediakan Intel WiFi 6 yang membuat laptop dapat terkoneksi dengan Bluetooth dan internet.

Fitur WiFi Smart Connect pada laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E akan sangat mempermudah dan membuat nyaman saat menggunakannya. Fitur tersebut dapat mendeteksi sinyal WiFi yang paling optimal yang dapat ditangkap oleh laptop ini.

Back to Content ↑

5. Gaming Lancar

Kinerja atau performa laptop ini juga sangat maksimal ketika Anda memainkan salah satu game PUBG, hasilnya sangat playable dan memuaskan. Sekitar lebih dari 1 jam bermain game dengan laptop ini menggunakan settingan grafis “high”, Anda tidak akan mengalami hambatan.

Adanya fitur Fan Profile sangat membantu suhu laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E menjadi cukup aman. Fitur tersebut dapat mengatur kecepatan kipas melalui tiga pilihan, mulai dari standard mode, performance mode, dan whisper mode.

Back to Content ↑

6. Fitur Premium

Salah satu fitur unggulan laptop ini adalah stylus yang menggunakan 4096 pressure level. Melalui fitur tersebut, Anda dapat melakukan desain atau melukis secara digital.

Laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E juga memiliki fitur Array Microphone dengan teknologi AI Noise Cancelling. Fitur tersebut akan sangat memudahkan Anda ketika sedang melakukan webinar atau video conference. Teknologi tersebut dapat memperjelas suara pengguna dan meredam suara berisik di latar belakang.

Kualitas sound pada laptop ini juga tidak perlu Anda ragukan, speaker menggunakan teknologi smart AMP dengan sertifikasi Kardon atau Harman. Teknologi ini mampu menghasilkan suara yang solid dan tingkat bass maksimal.

Back to Content ↑

7. Layar

Layar laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E memiliki spesifikasi tinggi untuk memenuhi kebutuhan professional kreatif, meskipun bentuknya minimalis. Mengusung layar touchscreen berukuran 13.3” (16:9) OLED FHD (1920x1080) menggunakan teknologi Nano Edge Display.

Jenis OLED mempunyai akurasi warna dan kualitas yang lebih baik terutama untuk reproduksi warna hitam yang terlihat lebih real. Sehingga Anda akan merasa betah dan nyaman saat menonton film dalam waktu cukup lama. Fitur HDR dan bersertifikasi VESA mampu menghasilkan kontras warna yang lebih baik.

Back to Content ↑

8. Performa Kencang

Processor Intel 11th versi Gen Tiger Lake dengan arsitektur Superfin 10nm menjadi nilai jual utama. Selain menawarkan kinerja yang handal, laptop ini juga sangat efektif dalam hal kinerja grafis. Ada dua varian processor yang tersedia untuk laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E, yaitu Intel Core i5 dan Intel Core i7.

Processor Intel Core i7 mempunyai 5 inti dan 8 thread memiliki kecepatan clock mulai dari 2,81 GHz hingga 4,79 GHz. RAM DDR4 berukuran 16GB serta media penyimpanan SSD NVMe 3.0 dengan kapasitas 1TB sangat mendukung kinerja processor. Perpaduan tersebut membuat proses membuka aplikasi dan booting menjadi lebih cepat.

Back to Content ↑

Seperti itulah review lengkap singkat tentang laptop ASUS versi ZenBook Flip 13 UX363E yang harus Anda ketahui sebelum membelinya. Semoga dapat membuat Anda semakin yakin untuk menggunakan laptop ini sebagai penunjang aktivitas pekerjaan Anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!